Skip to content

Byar Pet

26/05/2010
tags: , ,
by

Waaa…..nyaaaak…babeeee….Oyin kagak bisa liat, Oyin buta nyaaaak…!!!”

Tereak Oyin malem-malem pas tiba-tiba melek dari tidurnya. Nyak nya jelas aja kaget denger tereakan gak mutu anak kurang mutu kayak Oyin.

Huss…Yin, ni mati lampu…lo kagak buta, sono keluar…buktiin aja sendiri !!!”, abis ntu nyaknya molor lage.

He…iye, ternyata Oyin kagak buta, cuman mati lampu..kikikik…jadi malu, udah akting sok dramatis”…walah !! Wah, tapi mati lampu kok gak nyala-nyala yah, kayak jaman perang aja….fiewh…ada apa gerangan kampong Jengkol?, mengapa kampong halaman Oyin tercinta yang tenang dan harum ini sering mati lampu yak ?!!!

Kalo mati lampu gini nyang seneng jelas Munaroh sama Jaenab, cos jeleknya kagak keliatan. Tapi yang sedih setengah mampus jelas Oyen, karena cakep dan imutnya kagak keliataaaaaan….fiewh…!!!. Bukan itu doang, kasian juga usaha bakso babenye Jenab, tiap mati lampu omzetnya turun drastis, bukan cuman karena pelanggannya berkurang, tapi kesempatan Jenab untuk ngembat baksonya jadi lebih gede, nyang bikin baksonye berkurang sedikit demi sedikit tanpa ketauan babenye, nyang disangkain digondol makhluk halus jembatan jengkol nyang kelaperan….kagak sadar apa, makhluk halusnya anak semata wayangnya sendiri…tobaaattt !!!

Oyen mencoba menelusuri ada apa gerangan dengan mati lampu di negeri Jengkol tercinta ini. Apa karena sering telat bayar? Kagak. Gimana bisa telat, orang telat sedetik aja dimatiin sama yang punya. Atau kelebihan makenya, makanya byar pet terus? Kagak juga…Emang kampong Jengkol segede Kutub Utara apa, orang cuman ada ribuan RT dan ratusan RW, lagian warganya juga rata-rata gaptek, tipinya cuman ada channel  Jengkol TV doang, itupun cuman Pak RT, Pak RW, sama para juragan jengkol nyang punya, jadi mana mungkin kebanyakan makenya !!!. Atau jangan-jangan kena sabotase makhluk halus Jembatan Jengkol nie, biar bisa leluasa nakutin orang kampong…soalnya kalo lampunya pada nyala, tuh makhluk malah takut liatin warga, cos jeleknya ngalahin mereka…apalagi liat Munaroh pas lagi bokek atau Jenab pas lagi kelaperan…wuiiih lebih nakutin dari mereka. Tapi kagak juga, karena kata Si Manis Jembatan Jengkol,

Buat apa sabotase…kerjaan kite udah berat buat nakutin orang, ditambahin sabotase segala…cepe deehhh ?!!” Kata Si Manis sok gahul, mentang-mentang pernah masuk tipi. Tapi nyang jelas bukan karena gambar di bawah ini yak….

Usut punya usut katanya kekurangan pembangkitnya…hmmm, kenapa kagak dari dulu diperluas pembangkitnya, jadi pan kagak kewalahan kek gini. Trus ternyata nyang punya listrik gak punya duit buat beli gas sama batu bara buat energinya, soalnya semua lebih banyak di esksport, jadi pan harganya tambah muahalll !!! dan jadi susah ngedapetinnya…Gila, padahal kampong Jengkol pan punya cadangan gas sama batu bara nyang melimpah rrrruaaahhh, tapi kok bisa-bisanya kesusahan getu…malah katanya mao di jual lagi ntu perusahan listriknya sama orang-orang swasta, katanya buat efisiensi..Hwadohhh, alamat tambah makin mahal neh bayarnya, swasta mana mau untung dikit, kagaaaak mungkiiiin, nyang ada tuh harga bakalan naek lima kali lipat…kagak percaya?!! Tungguin aja buktinya !!!

Makanya Oyen ngajak warga kampong Jengkol musti kritis no sama pemerinte kampong Jengkol. Musti dibenahi no manajemen listrik sama energinya, sama kagak boleh di jual sama swasta, bikin warga bakalan tambah sengsaraaaa !!! Percaya deh…kata Oyen berapi-api sampe berasep, walaopun nyang dengerin masih adem ayem bin mingkem dan diem, banyak kagak ngartinya daripada mudengnya. Tapi Oyen yakin, nanti lama-lama warga kampong Jengkol bakalan tambah pinter, kagak mao di bodohin lage, kagak mao dikibulin lage dan gak bakal berdiem diri ngadepin masalah kampong Jengkol nyang bejibun, karena kalo bukan warga kampong Jengkol sendiri, sapa lage nyang bisa ngubah keadaaaan. Betul…betul…betul…he…(UpinIpin MODE : ON).

12 Comments leave one →
  1. 26/05/2010 12:35

    ikut dukung seruan oyen buat warga kampung supaye kritis sama pemerinte kampung jengkol..!

    **Si Manis Jembatan Jengkol itu Prof Naomi Ngoyen bukan?
    ___________________________________________________
    harus didukung bundo😀

    **kembarannya bundo😀

  2. abu ghalib permalink
    26/05/2010 12:40

    “Hidup Ncing Oyen!!!” tereak Ghalib nyang bikin Nyaknye terkaget-kaget😀
    __________________________________________________
    lib..lib, jangan error kek Abunya yah, jadi anak baik kek Ncing😀

  3. Laki-laki Biasa permalink
    26/05/2010 12:56

    Kalo begitu masalahnya di manajemen alias pengelolaan SDA (Sumber Daya Alam) nya donk?
    Btw, beberapa hari yang lalu, pas lagi makan malem lampu tiba2 mati.. peeet.. terpaksa penerangan diganti deh pake lilin jadinya candle light dinner.. hehehe.. tapi boro-boro romantis, gerah sih iye..😛
    _____________________________________________________
    iye, gak episiennya di ditu muridku, planningnya kagak bagus😦

    jangan2 nyang dimakan bakulnya, bukan nasinya, pan kagak keliatan😀

  4. 26/05/2010 18:08

    yah demikianlah sekelumit kisah di negeri ini,btw itu gambar lucu bener😛
    ___________________________________________________
    😀

  5. 26/05/2010 18:19

    Nek Byar Pet Naomi Ngoyen gak ketok ayune…
    ______________________________________
    PLN sentimen karo wong ayu😀

  6. 26/05/2010 19:06

    pemerintah lebih milih menjual gas nya kepada perusahaan swasta daripada perusahaan lilin negara untuk menghidupkan listrik rakyat…
    _____________________________________________________
    pan kalo gelap gak bisa masak😀

  7. 26/05/2010 23:03

    yang terjadi di kampong jengkol sama dengan di kampung bojong soang sini, bayar listrik sih tetep tapi gara-gara gak kritis ama pemerintah mati mulu dah
    _________________________________________________________
    eleuhh…senasib ma kampong Jengkol…TOSS PLAK!😀

  8. 28/05/2010 18:56

    si manis jembatan jengkol, ternyata seleb juga ya Mbak Oyen?
    khan pernah masuk tipi😀😀
    byar pet nya gak dikampung jengkol aja , kayaknya tetangga2nya kampung jengkol juga kebagian byar pet juga tuh.
    kapan ya waktunya terang benderang terus, tanpa gelap2an ?
    salam
    ___________________________________________________
    seleb gagal, belon terkenal udah ngilang dari peredaran😀
    pake ph_li_ bun, biar terang terus😀

    salam😀

  9. yanrmhd permalink
    28/05/2010 19:40

    ayo ‘yen kita seru tuh pemerinte buat galakin energi murah
    buat rakyatnye, kite kan negare kaye mase ngurus negare sendiri aje
    susahnye minta ampun ye…, hehehe… *ternyate suseh ye ngobrol ala
    bang pitung*:mrgreen:

    klo dipikir dah gak jaman tuh mati lampu, sekarang jaman dah modern
    pake energi alternatif knapa ya??? pake atom gtu? 1 gardu aja, bisa dipake
    satu negara,,,mantafff kan???
    __________________________________________________
    iye, banyak energi nyang bisa digarap, punya air terjun nyang melimpah ruah, energi matahari, angin, nuklir, ke depan harus dipikirin sebagai alternatifnye, entu juga udah disampein ke kampong jengkol, tinggal kemauan pemerintenye aje😀

  10. 05/06/2010 15:40

    lha mosok warga kok bodoh saja
    soalnya kalau sekolah sms an mulu
    kalau malam nonton tv mulu
    kalau sore ngeblog ama FB an mulu
    gimana mau pinter nduk
    ____________________________________________________
    kalo ponakan Pak Dhe ini enggak loh, paling malam jumat kliwon doang enggaknye😀

  11. 12/06/2010 16:44

    Kalau kurang mbok pake saja Bangkit Sanjaya atau Lingga Binangkit nduk
    ______________________________________________________________
    sinten niku Pak Dhe😀

Trackbacks

  1. Dicekik Listrik « Oyen punya cerita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: