Skip to content

Malin kundang nyang gak kondang

27/05/2010

Sapa bilang si Malin Kundang cuman ada di Padang, jangan salah, di Kampong Jengkol ada juga legenda Malin Kundang, cuman kagak kondang…ho..ho..ho😀 .

Ni kisah si Encep, adik Oyen nyang rambutnya paling jabrik diantara keenam anak Nyak Babe Oyen. Dikisahkan Encep udah kerja di Kota Asem Kecut nyang terkenal panas, bising dan bau kringet (mangkanye Oyen sematkan Asem Kecut). Encep ini punya kisah cinta nyang sok romantis kayak pemaen bola, ibarat kate dimana ada bola disitu ada Encep. Naaah, karena kebiasaan nggombalin ceweknya entu Encep kalo pulkam sering dilarang Nyak ma Oyen buat ngapelin ceweknya, kagak ilok, pamali, dosa !!!  Tapi Encep emang dasar cuek en sok berjuang demi cinta (wuekkkz….!!!). Mangkanya entu Encep paling malez kalo pulkam kagak boleh ngapelin si Encin nyang nurut die bagaikan Cinta Laula…cadel soalnya. …suatu ketika….. Encep punya rencana tape busuk nyang kagak diketahui ma Nyak, Ncang, dan Oyen.

Dikisahkan pada suatu masa Encep bikin rencana pulkam tanpa ngasih inpo ke urang rumah, trus nginep di rumah si Tong Seng (temen Encep nyang sok sipit kayak Cina kurang item), biar bisa bebas ketemu ma si Encin, soalnya kalo pulkam ke rumah bakalan di larang ma Nyak dan Oyen. Naaah, udah janjian de tu Encep ma Tong Seng, Encep rencana turun dari bis di pertigaan Jembatan Jengkol nyang deket rumah Tong Seng, berharap langsung ke TeKaPe sesuai rencana. Eh, tanpa dinyana tanpa diduga dan tanpa diperkirakan ternyata Encep ketiduran pas nyampe di entu pertigaan en baru nyadar setelah 5 km, akhirnya dengan terpaksa dan tanpa bisa menyalahkan kondektur nyang lebih sangar dari Encep (pan Oyen dah bilang dari jaman kapan, maklum bis ekonomi :P), Encep turun di Gang Genggong, gang deket rumah Encep.

Karena Gang Genggong kejauhan dari rumah Tong Seng, akhirnya Encep berencana balik lagi naik bis menuju pertigaan Jembatan Jengkol. Eh belum sempat naik bis, tanpa dinyana tanpa diduga dan tanpa diperkirakan lewatlah Ojek Mang Jurik (tetangga baek Nyak Encep), trus nawarin nganterin Encep pulang. Yah, lagi-lagi dengan sangat terpaksa Encep gak berani menolak, karena lagi-lagi Mang Jurik tampangnya 50 kali lipat lebih sangar dari Encep, lagipula apa kata dunia kalo Mang Jurik tahu Encep kagak mau pulang ke rumah Nyak, bisa-bisa satu RT ngutuk Encep jadi bener.

Dikisahkan sampailah Encep subuh-subuh di depan rumah Nyak. Dalam ati Encep mikir…ahh…pasti nyak belon bangun, mangkanya Encep berencana kabur lagi ke rumah Tong Seng. Belum sempet jempolnya ngelangkah, pelan-pelan tapi pasti jendela istana Encep terbuka, dan nongollah wajah Nyaknya nyang bau asep dapur. Barusan Encep mau kabur…terdengarlah sambutan Enyak….

Eeeh…Encep, anakku tersayang, akhirnya kau pulang nak”….dengan senyum menyeringai akhirnya Encep masuk rumah, meluk Nyak, dan tidurrrr….

Besoknya giliran urang rumah nyang terkaget-kaget. Ncing Entin, Ncang Ucup, Oyen ma Entong kaget Encep pulang kagak ngasih kabar. Ternyata Ncang Oyon nyang juga di negeri Asem Kecut kagak tahu kalo Encep mo pulang. Akhirnya disidang tuh Encep di rumah, Ncang Ucup jadi hakimnya dan Oyen jadi jaksa penuntut, trus Nyak ma Mang Jurik jadi saksinya. Karena takut di hukum dunia akhirat akhirnya Encep ngaku deh kalo mo pulang ke rumah Tong Seng, kagak ke rumah Nyak. Wah, ampir durhaka tuh anak, untung Nyak kagak sadar kalo ampir dikibulin ma Encep, kalo sadar…hmmm…kayaknya bakal dikutuk jadi tali jemuran tuh, soalnya jemuran rumah kurang tapi cucian segunung galunggung.

Inilah legenda Malin Kundang ala Kampong Jengkol, bedanya nyang ini kagak dikutuk, cuman ditimpuk pake sendal bauk, jadi kagak bisa buat wisata liatin batunya kek cerita aslinya, cuman kalo pada mo liat bekasnye, kesini aje, entar Oyen liatin jidatnye si Encep😀

**Oyen selalu ketawa kalo ingat kisah Encep nyang atu ini. Peace yah buat Encep…jangan diulangin lagi yah n moga gak menginspirasi buat Encep-Encep nyang laen.😀

18 Comments leave one →
  1. 27/05/2010 14:20

    fertamaaxx..:mrgreen:
    __________________________________________
    di kampong Jengkol siapapun bisa fertamaaxx:mrgreen:

    • 27/05/2010 14:22

      hahaha ada2 ajah nie cerita malin kundang versi oyen… ^^
      __________________________________________________
      selamet komeng ke 100😀

      lah, beneran entu….kalo tahu kejadian benernye, bakalan ngakak gak abis-abis:mrgreen:

    • 05/06/2010 15:35

      masih usum juga ya pertamax
      ____________________________________________
      di Kampong Jengkol pertamax masih gampang di dapat Pak Dhe, gratis lage😀

  2. Laki-laki Biasa permalink
    27/05/2010 17:21

    Jadi pengen makan tongseng..😀
    _______________________________________
    hi..hi…kanibal😀

  3. 27/05/2010 18:27

    Setelah diposting disini, Malin Kundang yg ini pasti jadi Kondang
    __________________________________________________
    opomaneh nek mlebu ning koran Tjap Kopoe😀

  4. ghalib permalink
    27/05/2010 19:03

    “Ncang Encep nyang sabar ye
    kayak nyak babe ame aye tuh kagak pake pacaran
    langsung tembak di tempat, wo…
    babe aye hebat kan?
    tapi omong2 oleh2nya mane ncang?”
    ________________________________________________
    entu potonya Ghalib kagak ada imut-imutnye😀

  5. 27/05/2010 23:58

    kok oyen pinter bahasa betawi ya? darimane itu ya bisanya??:mrgreen:
    _______________________________________________________
    Oyen pan menguasai 6 bahasa, indo, jawa, betawi, gahul, kalbu ma isyarat:mrgreen:

    • 28/05/2010 10:51

      buset,bahasa tarzan gak masuk yen?? alias bahasa tubuh😀
      ___________________________________________________
      males belajar ma Tarzan, udah porno, musti ke hutan lage😀

      jangan2 oyen ikut body language lagi,itu lho senam yg ngetrend di kalangan ibu2:mrgreen:
      _________________________________________________________________
      lah, pan Oyen instrukturnya, mo daptar?:mrgreen:

  6. 28/05/2010 10:29

    Onde Mandeee..! ternyata si Malin anak Bundo maen jauh ya sampe ke kampung jengkol..

    makasi ya Oyen sayang udah mau ngakuin si Malin jadi adeknya Oyen.
    ______________________________________________________
    kesasar bun:mrgreen:

    makasi bundo udah ngakuin Oyen jadi ahli warisnya bundo (bo’ong bangeeet…)😀

  7. 28/05/2010 12:34

    hoe,,, ini kok oyen jadi wordpress…
    perasaan kemaren dot com deh…
    _______________________________________
    iya yah, kok bisa ya😀

    cari tahu dengan jarimu *ye–o-p-ges.mode.on😀

  8. 28/05/2010 14:59

    Miss u
    ________________________
    :mrgreen:

  9. 28/05/2010 18:59

    malin kundang versi Mbak Oyen, masuk cerita legenda juga gak ya…….?????🙂
    salam
    ______________________________________________
    belon di daptarin bun😀

    salam😀

  10. yanrmhd permalink
    28/05/2010 19:47

    Xixixixi…kampong jengkol selalu memliki
    cerita unik,🙂

    sukses buat kampong jengkol, bisa2 jadi tempat wisata
    tuh nandingin teluk bayur di tempat tetangge:mrgreen:
    _____________________________________________
    Xixixixixi…kek ketawanya si manis jembatan jengkol tiap jumat kliwon:mrgreen:

  11. 29/05/2010 10:24

    Yyaaaa, baru hampir durhaka ya🙂 hehhhe

    Salam bentoelisan
    Mas Ben
    _____________________________________________
    keknye nyesel neh cuman “hampir”:mrgreen:

  12. 05/06/2010 15:36

    perlu ada cerita sempalan tentang Malin Kundang Kondangan biar agak ada enaknya dikit
    __________________________________________________________
    ketauan demen makan di kondangan….same ma ponakan…TOSS PLAK!!!😀

  13. 05/06/2010 15:37

    MalinKundang itu ibunya masih muda banget, namanya neng Desy Ratnasari van Sukabumi
    lihatnya di SCTV
    ________________________________________________________
    eleuhh….kalo nyang bening-bening aje…ingat dah😀
    **Piss Pak Dhe😀

  14. 12/06/2010 16:41

    Wah nduk kebablasan tuh, ada dua serdadu teman saya yg namanya Encep lho.
    untung dah pensiun, kalau masih aktip bakal ditimpuk bakiak lho.
    _____________________________________________________________
    ampon Pak Dhe..salam buat Pak Encep yee😀

Trackbacks

  1. Tentang Lalaki « Oyen punya cerita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: