Skip to content

Ayo tangkis krisis

29/05/2010

Krisis lagi, krisis lagi, kapan seh enggaknya. Kalo udah krisis, Kampong Jengkol nyang udah berpuluh taon merdeka dari kumpeni Jepun ma Belanda serasa balik ke masa silam nyang sedikit kelam dan agak buram. Eyang buyut Oyen ma seangkatannya serasa lagi benostalgia inget jaman dulu kala. Berpanas-panas ria dan bersesak-sesak antri minyak, nasi sebakul diganti tiwul (singkong.red), makan sepiring berdua di bawah pu’un semangka lebat nyang buahnya nyusut jadi segede tomat (ikutan prihatin tuh pu’un), ditambah mewabahnya sakit perut, demen kentut, kepala nyut-nyut, hingga berat badan berjamaah nyusut.

Si Poltak, perantau Batak sampe berontak,

Hidup semakin SIMANUNGKALIT, PANDAPOTAN MANURUNG, banyak SIHOTANG tak ada lagi HARAHAP, keadaan semakin GINTING, kepala pusing SIBUTAR-BUTAR, rambut rontok nyaris POLTAK, jumlah rakyat miskin makin PANGARIBUAN, anak menangis MARPAUNG-PAUNG, otak sudah SITOMPUL, tapi masih saja diminta sabar SITORUS, jangan putus HARAHAP katanya, mintalah PARLINDUNGAN Tuhan, supaya BONAR BONAR selamat dan Bandanpun jadi SIREGAR Eleeuhhh…..BUTET dah… !!!

Mbah Sudimaryanto bin Sumardiyanto, ahli primbon dari Jowo juga ngoyoworo,

Sanajan sing untung yo ora wurung, sing bejo rodo ciloko, sing slamet yo melu mumet, kabeh kudu prihatin. Jaman susah ojo kakean polah, mangan ra mangan angger ono sing di pangan, sanajan awak tambah kuru ojo do padu, sing penting pado eling, marang Gusti kang peparing, sing arep diramal primbone mrene ae, tak diskon regane” Walah, ada iklan di ujungnye.

Bundo nyang orang Padang juga ikut bicaro,

Tak kuaso bundo menanggung beban derito, kareno krisis bikin kito sengsaro, buka restoran padang gak ado yang datang, katanyo makan balado seraso bakpao, bukan salah resepnyo, tapi lidahnyo yang mati raso, onde mandeee…..pusing ni kepalo” Munaroh ikut melongo dengernyo.

Jangan dikire Juragan Jengkol juga gak kena krisis. Biar kate lahannnye sepanjang jalan tol, tetep aja bisnisnye ikutan jebol, warga kampong kagak ade nyang mampu beli odol, mana mungkin pada mau beli jengkol, takut banyak korban pingsan kalo sekampong pada ngobrol.

Hmmm….dari Batak sampe Jawa, dari Padang sampe Papua, dari juragan jengkol sampe juragan dodol, dari yang rakus sampe yang kurus, dari pemerinte sampe rakyat jelate, semua kagak ada nyang demen sama krisis. Tapi nyang aneh bin nyeleneh, kenapa pake aturan nyang bikin biang krisis. Semua nyang ngaku ahli ekonomi tulen nyang gelarnye puanjang dan keren, udah pada tahu kalo aturan kapitalis nyiptain krisis nyang gak abis-abis. Kalo kampong nyang maju bisa kejadian saban 20 tahunan, kalo kampong nyang udik dan pelosok kek Kampong Jengkol bisa lebih cepet lagi muternye, sekitar 7-10 tahunan. Dan entu bukan rahasia lagi.

Gimana kagak krisis kalo masing-masing Kampong boleh ngecetak duit semau gue, karena kagak ade standarnye. Emas kagak lagi dipake buat ngejamin tuh uang kertas, jadinya kampong nyang maju bisa mainin mata uang kampong nyang laen. Ditambah entu orang-orang nyang kagak bertanggungjawab nyang demen mainin duit kosong di rumah saham. Belon lagi bisnis utang berutang nyang bunga berbunga…ampoooon, udah pada tauk masih aja tuh kebijakan di pake mulu.

Kalo udah krisis, kagak ada gunanya lagi nangis, gak bakal bikin makin romantis. Nyang jelas krisis wajib ditangkis, ganti aturan biang krisis dengan aturan penangkal krisis. Aturan nyang pake standar mata uang emas dan perak, ngeharamin pasar saham, ngeharamin bunga dan ngeharamin orang asing nguasain kekayaan kampong sendiri. Kalo bukan syariah, aturan mana lagi.

**tereakan Bang Poltak nguping di mari

16 Comments leave one →
  1. 29/05/2010 15:44

    Wadhuh, semangat banget nih orator demo dari kampung jengkol teriak-teriak bikin semangat semua orang biar lepas dari kritis eh krisis.
    _____________________________________________________
    lah, masak orator loyo, emangnya nyanyi keroncong😀

    • abu ghalib permalink
      31/05/2010 01:38

      wah, kok bisa lari ke keroncong sih???
      ________________________________________
      iya yah, kok bisa yah…binun.mode.on😀

  2. abu ghalib permalink
    29/05/2010 22:02

    justeru di beberapa negara di eropa saat ini sudah menerapkan ekonomi syariah karena mereka tahu sistim syariah merupakan sistim ekonomi terbaik, mengapa di indonesia yang notabene berpenduduk muslim terbanyak justru enggan menerapkan ekonomi syariah???
    __________________________________________________
    Nyok, terapin syariah nyok😀

    • 31/05/2010 11:12

      udah mulain kok sekarang pelan2,liat aja sampai bank luar negeri juga ada yg udah ada syariahnya🙂
      _________________________________________________________
      bank syariah cuman salah satu kerangka, nyang penting keseluruhan kerangka sistem ekonomi harus syariah 100%😀

  3. 30/05/2010 01:18

    Penduduk kp jengkol lg dongkol yg katanya jago kok lembek kaya dodol, kelamaan begini bs ambrol
    ________________________________________________________
    wueee…ada nyang demam Jengkol juga rupanya😀

  4. Laki-laki Biasa permalink
    30/05/2010 02:28

    Blog ini emang khusus buat Oyen versi Betawi..hehehe..
    Btw, puhun dilogat Betawi bukannya pu’un? CMIIW yah..
    ______________________________________________
    kagak, persi Oyen😀

    ho..ho…baiklah, akan Oyen ganti, mangap kamus betawi Oyen kagak lengkap:mrgreen:
    CMIIW teh naon? abdi teuk terang euy😀

    • Laki-laki Biasa permalink
      31/05/2010 09:33

      CMIIW itu Correct Me If I’m Wrong, tolong dikoreksi kalo ane salah😀
      ______________________________________________________
      muridku ngarti banyak singkatan neh..ho..ho😀

  5. Laki-laki Biasa permalink
    30/05/2010 02:33

    Tanpa bermaksud untuk berprasangka buruk atawa su’udzon, di tengah sekian banyak orang yg amat sangat gak menyukai krisis ini pastinya segelintir orang atawa sekelompok orang yg justru menikmati keadaan seperti ini..😦
    ____________________________________________________
    biar tetep bertahan di mari😦

  6. Laki-laki Biasa permalink
    30/05/2010 02:37

    Oyen emang punya jiwa dan pemikiran yg sangat kritis..

    *sekalian hattrick.. emang striker doank yg bisa bikin hattrick? penonton juga bisa😀 :-P*
    __________________________________________________
    ah, mosssoookkkk…..😀

    *ho..ho..ho..sentimen sama striker, keknya sering gagal bikin gol neh:mrgreen:😛 *

    selamat, karena hattrick anda mendapat hadiah bola dari puncak merapi, mohon ambil ndiri😛

    • Laki-laki Biasa permalink
      31/05/2010 09:35

      beneran koq.. *merah deh pipinya.. :P*

      *dulu lebih sering jadi bek sayap kayak Gary Neville atau gelandang, ya kayak Om Keano (Roy Keane) gitu deh.. hehehe.. :D*
      _________________________________________________________
      ah…mossssokkk…..*masih belon yakin.com*😛

      *kirain kek Mas Beck, tiwas Oyen sok kagum😛

      • Laki-laki Biasa permalink
        31/05/2010 16:29

        Kalo kayak Mas Becks tar banyak yg termehek-mehek.. hahaha..😛
        ________________________________________________________
        jiaahhh…puede.com😀

  7. 31/05/2010 13:27

    syariah sekarang sudah mulai marak kok Mbak,
    diluar negeri sudah mulai, walaupun belum banyak,
    mudah2an makin kesini makin banyak ,amin
    salam
    ______________________________________________
    amin, semoga menjalar ke seluruh sistem yang lainnya. amin

    salam😀

  8. 31/05/2010 20:05

    krisis harus dihadapi dengan kritis bukan dengan mringis
    salam hangat dari BlogCamp
    _____________________________________________
    setuja sama Pak Dhe😀

    salam hangat juga Pak Dhe😀

  9. 05/06/2010 15:34

    Saya gak takut krisis
    karena setelah pensiun sudah biasa krisis
    tapi tetap ingin eksis
    walau suka pringas-pringis
    ________________________________________________
    malah makin romantis😀

  10. 12/06/2010 16:36

    Menghadapi krisis harus realitis, tak boleh pringas-pringis.
    Buat saja parikan :

    Wetan banyu, kulon banyu
    Arep nyabrang gak onok praune
    Wetan ayu sing kulon nyo ayu
    Tak sawang-sawang podo lemune

    Kidungan gitu saja biar nggak sutris
    _____________________________________________________________
    ho..ho..pantes bu Dhe gak pernah sutris dan terus pringas-pringis😀

  11. 18/06/2010 20:36

    Postingan iki kok bisa kliwatan tak woco ki knopo to?
    Opo loper korane klalen gak ngirim yo😀
    _______________________________________________________________________
    Wedi arep ngirim, weruh potone Pak’e😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: