Skip to content

Asyiknya Genetika

18/06/2010
by

Apa sih yen, asiknya belajar genetika? bukannya susah yak? Gue aja nyang belajar uler tangga pake petak halma kagak ngarti-ngarti” Tanya Munaroh pada suatu masa.

Ilmu Genetika tuh intinya ilmu perbaikan keturunan getuu, kita dikasih tau apa aja sih nyang ngatur sifat-sifat tanaman atau hewan ntu, jadi kita belajar tentang sistem pewarisan sifat di dalam makhluk hidup, getuuu” Kata Oyen dengan bahasa setinggi langit, nyang mpe sekarang belum nemu kamus buat nterjemahin ke bahasa nyang gampang di ngertiiin ma orang kek Munaroh ma Jenab.

Mangkanya Oyen ntu kerjaannya milih bapak ibu tanaman mana nyang harus dikawinin biar anaknya bener, kayak kalo pengen anak nyang buahnya banyak dan rasanya manis, nah berarti cari orang tua nyang bapaknya buahnya banyak trus ibunya rasanya manis, getuuu gampangna mah” Lanjut Oyen dengan bahasa agak nyungsep dikit ke bawah.

Ooo…getu ya Yen, berarti kalo gue mo dapet anak nyang gak gaptek, bapaknya musti gak gaptek juga yah, terus Jenab juga ntu, karena dia doyan makan, mangkanya kalo bisa bapaknya nyang gak doyan makan, biar gak sama-sama ngabisin jatah. Gue takutnya kalo dua-duanya doyan makan, trus anaknya doyan makan juga, waduh…bisa abis ntu gerobag baxo” Jenab nyang denger Ocehan Munaroh kepala sebelah kirinya ngangguk-ngangguk aja tanda kurang setuju dikit.

Yah kata gue sih, kurangin ntu porsi makannya, calon suami lo kagak bakalan mau ma lo kalo porsi makan lo kagak berubah, karena lo bakal nyedot hamper 100 persen gaji dia sebulan, trus anak lo mo dikasih makan apa ?!!” Jenab nyang denger ocehan Oyen jadi narik lagi anggukannya, tanda kagak jadi kurang setuju banyak.

Oyen juga cerita, dulu kagak ngarti juga kenape kuliah ngambil entu jurusan. Dulu mah pokokna kuliah, malu ma temen SMA, apalagi ma gebetan Oyen, kalo Oyen kagak kuliah. Padahal ma Babe dulu kagak setuju Oyen kuliah, mahal katanyah. Disuruhnya di IAIN ajah di kampong, karena murah. Tapi dulu mah Oyen ogah, karena IAIN musti pake kudung, baju panjang, pake bahasa arab lagi…Oyen kagak mauuu…pfffh. Oyen ngeyel de entu ma Babenye, pokokna Oyen mau kuliah. Titik. Kagak peduli Babenye bisa bayarin pa kagak, Oyen ngambek kalo kagak kuliah (pan dari dulu Oyen hobinya ngambek, mpe bikin Nyaknya suka ngasih makan rheumason ke mulut Oyen kalo ngambeknya dah parah, pantesan pas gedenya tuh bibir sensual banget kayak Angelina Jolie….he…he…..nyang kagak setuju gak usah protes, muntah aja !!).

Awal-awal agak nyesel juga ngambil entu jurusan, udah mah sussssah, trus kayak gak da gunanya juga buat ncari kerja. Tapi kata Ncing Maemunah bin Munahmae, kakak kostan Oyen nyang blasteran Tegal-Brebes,

Biar gampang nyantel entu pelajaran musti ikhlas dulu Yen. Lo ikhlas belajar entu ilmu, en yakin Allah entu naro Oyen di entu jurusan, pasti ada mangsudnye, sapa tahu ntar jadi jalan buat Oyen untuk jadi ahli genetika nyang mendunia”….he…iya juga seh.

Denger cerita Oyen, sekarang Munaroh juga yakin buat terus belajar ngaji dan ngajarin anak-anak TPA, sapa tahu dari tangannya kelak dia bakalan ncetak murid-murid nyang hafidz Qur’an, jenis orang-orang nyang paling ditakutin ma Yahudi. Jenab juga mo belajar resep baxo babenye, biar ntar bisa nerusin usaha babenye, sapa tauk ntar nemu resep baxo rasa jengkol, pete, terasi, cabe dll….trus kalo baxonya tambah enak pan banyak nyang suka dan bisa buka cabang dimana-mana. Ntar baxo Jenab bakalan terkenal di dunia…he…Yah Nab, asal porsinya kagak lo sedot mulu aja.

Kalo Oyen pengen calon yang kayak apa Yen? Biar anaknya tambah mantep”  Tanya Jenab dengan tampang sok penasarannya kayak pemaen sinetrong lagi kambuh akting ancurnya.

Oyen kagak pengen nyang gimana-gimana, nyang penting mau belajar jadi imam nyang baik buat keluarga dan bertanggung jawab, …….kalo bisa seh plus cakep, kaya, pinter, kagak gaptek, warisannya buanyak…he..he..” Kata Oyen kepedean 😀

Halah…maruk lo Yen, lagian kalo ada juga….kagak mao ma Lo….ha…ha…” Inilah ketawanya Munaroh ma Jenab paling kentjeng of the week…beuhhh 😦

22 Comments leave one →
  1. 18/06/2010 14:08

    kalo bisa seh plus cakep, kaya, pinter, kagak gaptek, warisannya buanyak… …

    Sangat jujur dan sangat masuk akal … !!!

    hahaha …
    ___________________________________________________________
    pan nyang ngajarin kakek 😛

    • 18/06/2010 14:09

      Baaggoooosss …
      _______________________________________________________
      😀 …. minta uang saku Kek 😛

  2. Sapta permalink
    18/06/2010 15:14

    betul.. klo ayahnya cakep anaknya jg cakep.. keturunan itu penting.. buat generasi penerus gt.. :mrgreen:
    intinya setuju deh dgn comment pertamaxxxx.. :mrgreen:
    __________________________________________________
    hwayooooo….tetep agama number one yee 😦

  3. 18/06/2010 15:51

    Genetika sak ngertiku kok AaBbCcDd
    Mbuh bener mbuh salah, sing tak elingi kuwi dowang.
    Aku lebih kelingan gurune sing ayu ketimbang Ilmu Genetikane.
    __________________________________________________________________
    Hwayoooo…..tak omongke Bu Mars opo omong deweee 😛

  4. 18/06/2010 18:31

    asik nyoda.heheeee
    ___________________________________________________________
    monggo, *ketok yen wong nduessso 😛

  5. 18/06/2010 19:10

    Kalo kuliah genetika terus S-2 nya ambil yang archeologi pasti lebih seru kale Oy.Lebih mantap lagi kalau disambi ambil Geodesi ratnasari..pas banget tuh.
    ____________________________________________________________________
    Oyen mo langsung S3 Pak Dhe…huehehhehee….alias ESTRI 😀

  6. 18/06/2010 19:17

    Pantes waktu mbahkung duduk dan berdiri di Sekolah Rakyat (SR) diajari buat okulasi dan okulele, itu pohon mangga Gadung yang masih kecil di iris dikit pada salah satu rantingnya, lalu ditempeli batang mangga Golek terus diiket pake tali radiyah. Lalu di kasih label : Okulasi Golek-Gadung dan difotoshop.
    Setelah saya sudah jadi serdadu ternyata mangga hasil teka-teki silang itu sudah berbuah. Rasanya jadi unik.Ada mangga buahnya kayak gadung dan rasanya kayak wayang golek.

    Itu pasti kesalahan pasang plugin ya nduk, rasa dan bentuk buahnya terbalik-balik. Mestinya kan bentuknya kayak mangga golek, rasanya kayak gudang garam.
    _______________________________________________________________________________
    sakjane mangga di teka-teki silangken dengan jengkol Pak Dhe, coba nanti rasaken 😀

    wis, sip tenan

  7. 18/06/2010 19:20

    Makanya ada pepatah dalam bahasa Jawa ” Bapak burik,anaknya rintik” yang artinya jika bapaknya burik (dimakan rayap kalee wajahnya) maka anaknya juga full jerawat.
    Oleh karenanya teliti sebelum milih suami.
    _________________________________________________________
    ni lagi tahap neliti Pak Dhe 😀

  8. 18/06/2010 19:26

    Kirain korsi makan, rupanya porsi makan ya.

    soal makan mah orang tua harus mengalah sama anak nduk.
    Ibaratnya kalau anak makan sate dan gule, orangtua cukup nasi separo kuahnya dibanyakin aja.
    Kalau anaknya demen endogtrinasi ( endog 3 sama nasi remas) maka orantuanya cukup nasi goreng jawa tanpa kecap dan tomat. yang penting nasinya padat merayap di perut.
    _______________________________________________________________________
    ketok nek wong ra duwe 😛

  9. 18/06/2010 19:29

    Ngambek dan ngembik itu beda ya nduk Beda suara dan raut wajah kan.
    ____________________________________________________________________
    Pak Dhe sudah nyoba dua2nya musti, pengalaman 😛

  10. 18/06/2010 19:33

    Genetika itu ada dua cabang yaitu genetika panggabean ( khusus untuk keturunan yang suka musik) dan genetika bisono (mengarahkan keturunan untuk spesialis psychologi)
    ________________________________________________________________
    Beuhhh….dosennya musti Titika Puspa 😀

  11. 18/06/2010 19:35

    ikhlas itu mudah diucapkan tetapi sulit dan perlu latihan untuk melakukannya.
    Lawan ikhlas adalah nating tulus, ada pamrihnya.
    ___________________________________________________________________
    Siip Pak Dhe, musti terus dilatih, kek pasukannya Pak Dhe 😀

  12. 19/06/2010 05:12

    Saya dlu pas SMA jg sk, persilangan2, tp mkin lama mkin ruwet,
    _____________________________________________________________
    ya iyalah, nyilangin benang ruwet seh 😛

  13. Tukang becak permalink
    19/06/2010 15:50

    ikut mengamini… 😉
    ______________________________________________
    amin, keknya ketularan belekan neh 😛

    • Sapta permalink
      20/06/2010 17:17

      Aminnn.. 😀
      _________________________________
      getuuu dooong 😀

  14. 19/06/2010 19:46

    Oyen pasti sedang kehabisan pulsa, makanya gak nongol
    ____________________________________________________________
    Beuhh….Oyen lagi jalan-jalan ma Pak eR Te, jangan diganggu 😛

  15. 20/06/2010 00:00

    Untuk memperbaiki keturunan boleh juga sich disiplin ilmu ini, tapi terkadang dari hal yang sederhana saja orang banyak yang meleset apalagi dengan yang ini.
    Cerahkan hati dengan pancaran sinar Illahi
    Tebarkan kedamaian dengan cinta kasih dan kelembutan.
    Tetaplah berkarya mengisi kreatifistas dengan pancaran cahaya Illahi
    Karyamu tetap dinanti…….
    _________________________________________________________________________
    ho..ho…manusie cuman berusahe, Allah nyang nentuin 🙂

  16. Sapta permalink
    20/06/2010 12:42

    btw yg coment disini lengkap yah.. :mrgreen: mulai dari calon mertua, opa, om, pakdhe, sepupu, paklik, eyang, dosen, guru spiritual, dll..
    ditambah pemeran pendukung : cah ndeso, laki2 biasa, bahkan ada buah duren jg disini.. :mrgreen:
    lengkap bgt yg koment.. jgn2 ni blognya artis neh.. :mrgreen:
    _____________________________________________________________
    mantan calon artis :mrgreen:

  17. 20/06/2010 13:35

    MAMPIR PERTAMA…. moga bisa diterima…
    ____________________________________________________
    orang baik selalu diterima dengan baik, terimakasih 😀

  18. 20/06/2010 21:23

    mbak oyennya kemana yaaah..dah ditungguin pakdhe, oom, camer, pak guru, lengkap deh..mbak oyeeenn…sibuk ngapain aja nih??
    _________________________________________________________________
    lagi jalan-jalan ma Pak eR Te….sssttt, jangan bilang Bu eR Te yeeee… 😛

  19. abu ghalib permalink
    21/06/2010 08:49

    ahayhay…mba anna udah mulai berani ikut2an ya 😀
    ________________________________________________________
    Pak Abu nyang beginian sigap bener dah 😦 (

  20. ghalib and rizky permalink
    21/06/2010 08:56

    ghalib:
    alhamdulillah kate temen2 aye cakep en baek, sapa dulu dong nyak en babenye 😀
    _____________________________________________________________
    udah tes DNA belon? 😛

    rizky:
    bang, ntu sih kagak perlu diomongin lagi, pan ncing oyen ude kenal ame babe, so pastilah ncing oyen ude tahu babe gantengnye kayak apa…
    ___________________________________________________________________
    kek beruang kutub 😆

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: