Skip to content

Gara-gara Rumput

29/06/2010

Kalo ngumpul-ngumpul gini, tiga dipa plus Oyin mbikin Kampong Jengkol kek di pasar kambing, gak cuman rame tapi juga super duper berisiiik. Ternyate mereka lagi ikutan seleksi peribahasa, barangsiapa nyang lumayan oke berdasarkan penilaian Oyen selaku jurinye, bakal ikutan dikirim ke Pak Dhenya Oyen buat diterbitin di jurnal internasional, Kontes Menulis Peribahasa.

Maka dimulailah seleksi nyang bertempat di warung baxonye Jenab, karena katanye kalo gak sambil ngemil baxo Jenab suka susah nyari inspiraseee. Akhirnya dimulailah perang tanding peribahasa ala mereka.

Ni peribahasa aye Yen….Kagak ade jengkol, baxo pun jadi” kate Jenab sambil ngemut baxo sisa kemaren, mbikin Oyen eneg, gak cuman liatnya tapi denger peribahasenye.

Eleuhh…Nab, sekali-kali kagak pake baxo napa seeh. Gak mutu ah, cari nyang lain, elo duluan Roh” kate Oyen lagi-lagi sambil nyemprot. Munaroh nyang ditunjuk jadi kelimpungan sambil mbuka kamus basa inggris nyang masih juga diapalin ma die.

Aduuh…apa ye Yen. Ini aja deh, bagaikan melihat setumpuk rumput kering…hehehehe” beuhhh, sambil nyengir kuda tuh, kek kelaperan liatin jerami kering

Lah, apa mangsudnya entu????” tanya Oyen bertanya-tanya penuh tanda tanya

Artinye, kalo belajar telat kek gini neh, ngeliatin kamus kek tumpukan rumput kering, ruwet dan kagak nyantel-nyantel….pfffffh” kate Munaroh sotoy

Mmm…ni balesannye, rumput kering dan busuk jauh lebih baik daripada kagak ada rumput” Kate Oyen nimpalin

Apaan artinye Yen?” Tanye Munaroh sok serius sambil ngemil jagung rebus

Tuh rumput kering dan busuk masi bisa dibikin pupuk nyang bermanfaat, jadi lebih baik telat dan giat, biarpun susah nyantel mpe liat tulisan kek liatin rumput kering, daripada udah telat, males lagi, iye pan Nab?” si Jenab ndengerin sambil plirak-plirik sok ngalihin perhatian, tersungging.mode.on😦

Ni punye Oyin Ncing, seperti rumput di kandang kebo…xixixixiixixi” Jiah, ni anak langsung nancep ajah

Hwadooo….kagak elit ah, susah amat seh mbikin peribahasa nyang mutuan dikit..beuhhh” Kate Oyen sewwooot mpe lagi-lagi nyemproottt👿

Ihhhh….Ncing dengerin dolo dong artinye. Rumput di kandang kebo musti dimakan biarpun basah, kering dan busuk sekalipun. Karena buat si kebo tuh rumput modal idup matinye die, modal nambahin tenaga dan dagingnye, modal buat ngejaga staminanye. Jadi biar bagaimanapun orang punya ilmu entu, entah muda, entah tua bahkan mati sekalipun tetep bisa ngasi peran…pegimane seh…beuhhh” Hwadooo…lumayan juga otaknya si Oyin kali ini…xixixixixixi:mrgreen:

Heuheu…..ternyata rumput bisa mbikin banyak peribahase Ye, hmmm…entar, Oyen musti mutusin neh mana peribahasa nyang layak dikirim ke tempatnya Pak Dhe” ..tik…tik..tik…detik-detik berpikir dan mengambil keputusan sok penting, latihan kalau nanti jadi pejabat penting.

Setelah melalui serangkaian pertimbangan, akhirnya Oyen mengambil keputusan sepihak, inilah peribahasa ala Oyen dari hasil merenung, melamun, dan mengkhayal dalam waktu sekian menit dan sekian detik, dari hasil urun rembug para jomblowati idaman Kampong Jengkol abad ini,

”jangan sesali rumput di kebun melati”

Artinya entu,

Kita tak bisa meminta terlahir sebagai melati, dan kita juga tak bisa menghindar saat Allah menjadikan kita hanya sebagai rumput. Artinya kita terlahir dengan kelebihan masing-masing. Mungkin bunga kita tak seharum melati, tapi siapa tahu daun kita bisa bermanfaat. Mungkin buah kita tak manis, tapi siapa tahu akar kita berkhasiat. Mungkin batang kita tak kokoh, tapi siapa tahu biji kita berguna. Mungkin juga fisik kita tak menarik dan cantik, tapi siapa tahu keberadaan kita memberi manfaat untuk orang lain. Seperti rumput, sekalipun tak seindah melati, tapi ternyata dia selalu berguna bahkan ketika busuknya, sekalipun yang tampak dimata manusia hanya hamparan melati. Tapi bukankah lebih baik tampak indah di mata Allah, sekalipun tak tampak indah di mata manusia? Maka tak perlu ditangisi saat kita terlahir tak cantik, tak kaya, bahkan tak normal sekalipun, yang perlu ditangisi adalah ketika kita tak bisa memberi arti atau manfaat untuk orang lain. Jadi, jangan pernah sesali ketika kau hanya tampak seperti rumput di hamparan kebun melati, karena keindahan hati dan jiwa itu, tak selalu tampak oleh mata.

Ah, gara-gara rumput, peribahasapun jadi😀

***Thanks to Jae, Mumun, sama Oyin…trio terhebat se Kampong Jengkol😀

54 Comments leave one →
  1. 29/06/2010 12:32

    Oyeeennn.. Bundo suka pribahasa rumput ini
    bagi bundo bila rumput (ilalang) tumbuh bersama mawar, melati, beringin, dahlia, sunflower.. justru akan terlihat mempesona, memukau sangat..

    salam buat tiga dipa.
    dari dipa senior.
    _____________________________________________
    jiahhh…dipa senior…ocre daahhh😀

    met milad Bundoku sayang nyang secakep Oyen😀

  2. 29/06/2010 12:57

    Tak indah melati bila tak ada rumput. hehehe…
    _____________________________________________
    ocre daaah😀

  3. Si "eN" permalink
    29/06/2010 12:57

    Bagai panda memakan rumput…artinya… whareg tenan.
    _________________________________________
    yee, ni panda kota, doyannya nasi😛

  4. Si "eN" permalink
    29/06/2010 13:00

    Lihatlah oyen… bagaikan sekuntum melati di padang rumput luas…😀 ngegombal.com
    ______________________________________________
    😳

  5. 29/06/2010 13:45

    hayo siapa yang suka makan rumput ?? “NGGAK NYAMBUNG”
    _________________________________________________
    jaka sembung bawa golok dah😛

  6. 29/06/2010 14:29

    Terima kasih atas partisipasi sahabat pada acara Kontes Menulis Peribahasa dalam rangka menyambut 1st BlogCamp’s Anniversary.
    Saya catat sebagai peserta.

    Salam hangat dari BlogCamp yang saat ini sedang menggelar acara :
    1. ” Kontes Menulis Opini ”
    2. ”The Amazing Picture ”,
    3. ”The Twin Contest”
    4. “ Kontes Menulis Peribahasa “
    dalam rangka menyambut 1st BlogCamp’s Anniversary.
    Silahkan bergabung di BlogCamp dan raihlah hadiah yang menarik.
    Terima kasih
    ____________________________________
    maturnuwun Pak Dhe😀

  7. 29/06/2010 14:40

    Komentarku mesti paling aneh…
    Komentarku paling gak mriyayeni blas

    Ringan Sama Dijinjing, Berat Ya Dilepas Saja…
    Yang namanya berat, meski dipikul juga tetep berat. Jangan memaksakan diri

    Guru Kencing Berdiri, Murid Kencing Berlari
    Pertanda bahwa guru masih lebih waras ketimbang muridnya

    Air Beriak Tanda Ada Orang Sakit TBC Barusan Meludah
    Ya iyalah. Kalau ada orang terluka, airnya pasti berdarah-darah

    Maling Teriak Maling
    Ada maling mencuri di rumah maling lainnya

    Habis Gelap Sepah Dibuang
    Makan tebu tengah malam

    Harimau Mati Meninggalkan Belang, Gajah Mati Meninggalkan Harimau
    Menunjukkan bahwa harimau dan gajah punya prinsip yang berbeda

    Gara2 Nila Setitik, Rusak Susu Sebelahnya
    Nularrrrrr…😀

    Berdiri Sama Rendah, Duduk Sama Rendah
    Kumpulan orang2 pendek

    Nasi Sudah Jadi Muntahan
    Sudah sangat terlambat. Kalau jadi bubur sich masih lumayan enak.
    _______________________________________________
    iki musti sumbere kamus pasar loak👿

    • 29/06/2010 15:03

      Aku gak melu kontes, marakke menangan…
      ________________________________________
      halah…sokyes😛

    • 29/06/2010 15:05

      Berarti komentarku diwoco lengkap, ketoro ngerti sumbere barang.
      Nek aku kan gak moco postingane…
      Nggo opo moco suket…
      _______________________________________
      aku hora tau moco komentar, kui tugase munaroh😛

      • 29/06/2010 15:07

        Tapi lumayanlah, sewengi dadi peribahasa siji…
        Daripada aku, semenit dadi 10 peribahasa…
        Week….
        Ny. Week….
        _________________________________
        tergantung kualitase, nek ra nggenah aku semenit we atusan:mrgreen: **mugo2 precoyo😛

      • 29/06/2010 15:09

        Sing do rene ki sedurunge moco postingan mesti moco komentarku disik…
        ______________________________________________
        suwe2 ora, soale nyadar musti ora mutu👿

      • 29/06/2010 15:13

        Pas aku nulis comment iki sing OL ono 6…
        Sopo wae ya?😀😀
        Tapi kok gak nulis ning kene.
        Kur nunggu2 karo intap intip dowang😀
        ________________________________________
        malu-malu kutjing😛

  8. Laki-laki Biasa permalink
    29/06/2010 14:53

    kayaknya yang di quote terakhir itu cenderung ke kata-kata bijak deh bu.. bukan peribahasa..🙂
    _______________________________________________
    iye ye, sayang pas rapat kagak ada muridku😛

  9. 29/06/2010 15:17

    Hayo Mbak Oyen, mau ngrasani aku opo hayo…
    Jare meh nagih utang ya…
    Xixixixi…😀
    _____________________________________
    🙄

    • 29/06/2010 15:17

      Jare meh ngandani…
      Ngandani opo?😀😀😀
      ______________________________
      😳

      ngacirrrrrr…… 😛

      • 29/06/2010 15:18

        Rak sah wedi, Pak’e gak ono…😀
        _______________________________________
        wonten Bu’… tasih ingak-inguk kadose😛

      • 29/06/2010 15:19

        Aku ono nding…
        Bu Mars ngapuciiii😀😀
        ___________________________________
        halah Pak, mbok sing romantis to, kok dewe-dewe😛

  10. 29/06/2010 15:20

    Jebule diantara 6 mau sing siji bojoku Xixixixixi…😀
    _______________________________________
    halah, isih masak kok dijak ning kampong Jengkol toh, ngko gak mateng-mateng😛

    • 29/06/2010 15:22

      Meh weruh calon mantune kan gpp ya Mbak Oyen ya…😀
      _________________________________________________
      Munaroh tasih sibuk Bu😛

      • 29/06/2010 15:35

        Kok jare inisiale dudu M mBak…
        Sing bener sing endi sich…
        ______________________________
        Lah ngendikane putro pripun Bu, teng kampong Jengkol mboten wonten Luna Manyun je😛

      • 29/06/2010 15:36

        Inisial M malah podo karo bojoku mengko…
        Aku yo emoh😀
        ______________________________________
        🙄
        **iki ketoke dalange Pak’e…curiga.com😦

      • 29/06/2010 15:38

        Pokoke nggak boleh ada M lagi dirumah kecuali Pak Mars👿
        _______________________________________
        Munaroh lengkapipun Cornelia Munaroh Perez Bu😛

      • 29/06/2010 15:44

        Maape ya Mbak, malah nggosip ning kene…
        Gak sengojo ngetutke bojoku jebule nyasar ning Hatti Beriman😀😀
        Tak kiro ning ngendi…
        Nek rene sich aku percoyo.
        Pokoke nek macem2 aku dikabari yo Mbak.
        Terus mau kae…
        Nek ning kampung kene ono sing gelem tak pek mantu, aku yo dikabari.
        Langsung emailku wae, ojo lewat Pak Mars…
        Malah mengko email2an dewe… :D:
        Padahal Pak Mars asline gak bisa buka email
        Gayane koyo yak2o…
        Iki ora nggosip.
        Asli sli…
        Cuman siji sing tak aboti. Pak Mars setiahahahaha….
        _________________________________________
        mboten usah dipun aturi pirsa kawulo nggih sampun ngertos Bu, saestu😀

      • 29/06/2010 15:47

        Makasih Mbak Oyen…
        Maaf ya, ngganggu.
        Aku tak balik disik.
        Paling2 Pak Mars rak gelem jak balik
        Aku tak numpak bis wae.
        selak sore.
        Durung masak je…
        Tur mesakke Mbak Oyen…
        Tersiksa mergane ndadak boso barang.😀
        Biasa wae nek karo aku
        Koyo karo sopo….😉
        _______________________________
        ngatos-atos Bu, dompete dipun tilar mawon, kenang-kenangan:mrgreen:

  11. 29/06/2010 15:25

    Kaco… Kacooooo….👿
    _____________________________
    Xixixixixixixi…:mrgreen:

  12. 29/06/2010 15:27

    Enak aku saiki…
    Pandane nggak berkutik.
    Suk nek rene maneh bojoku tak jak ben Pandane gak macem2 karo aku…😀😀😀
    ______________________________
    hora boloooo😦

    • 29/06/2010 15:29

      Hora Wani… Hora Wani… Hora Wani…😀
      ______________________________________
      😦😦😦😦😦
      huwaaaa….Pak Dheeee….ampun dangu-dangu kesaheeeee😦

  13. 29/06/2010 15:30

    Nek bojoku dibasani mlipit, bareng nek karo aku ngoko sembako…
    ______________________________________
    mengko aku kuwalat, Bu Mars kan gak nyebeli koyo Pak’e😦

  14. 29/06/2010 15:47

    Ikutan kontes pepatah ach

    *** Jika tak ada Oyen Maroyen, pandapun bisa jadi pesinden***
    artinya : Dalam keadaan darurat manfaatkan yang ada.
    _________________________________________________
    Pak Dheee…akhirnya datang jujjaaaa….😦

    kui lho Pak’e nyebeliiii…..diamanke pak Dheeee…huwaaaaa😦

    • 29/06/2010 15:50

      Lho…
      PakDhe njih wonten mriki to…
      Ngendikane tindak, kok ngertos2 wonten Salatiga?
      Hayo PakDhe…
      Lha Budhe wonten pundi?😀
      Monggo PakDhe, kulo wangsul rumiyin.
      ____________________________________
      Bu Dhe kaping 15 dipun umpetke Pak Dhe ting Solotigo Bu😛

  15. 29/06/2010 15:49

    *** Panda jatuh tak jauh dari bundanya***
    artinya : kelakuan panda tak jauh dari emboknya
    __________________________________________
    Huwaaaa…Pak Dhe kok peribahasa teros lhoo😦
    niku Pak’e diamanke rumiyin…nyebeliiiiii…..😦

    • 29/06/2010 15:53

      Lho lho…
      Kok PakDhe malih…
      Lha sing seragam doreng kolowau sinten?
      Kok sampun gantos seragam sate…
      Tobat… tobat…
      Sakjane PakDhe ki nggowo salin pirang stel to….
      ___________________________________
      Bu, monggo dipun aturi kondur, bis e pun sampun ngentosi😛

  16. 29/06/2010 15:51

    ** dekat bau bangkai, jauh bau trasi””
    artinya : kalau saudara berdekatan sering gegeran, kalau jauh saling ngrasani.
    _________________________________________________
    beuhhh….mentang-mentang demam peribahasa, kabeh di peribahasake😦

  17. 29/06/2010 15:55

    Paribasan Jowo

    ** Kebo nusu Panda**
    Tegese : nganeh-anehi
    ______________________________________
    Bu Dheeee…….Pak Dhe ki lhoooo, gak ono bedane karo Pak’e…beuhhh😦

  18. 29/06/2010 15:57

    Paribasan Jowo

    * Bapak burik, anake brintik **
    Tegese : anak luwih ganteng tinimbang bapake
    _________________________________________________
    Niki menopo pengalamanipun Pak Dhe nggih:mrgreen:

  19. 29/06/2010 15:59

    Paribasan Jowo

    **Koyo cecak nguntal panda**
    tegese : kemaruk
    ___________________________________________
    halah…gak mutu😦

  20. 29/06/2010 16:02

    Peribahasa

    ** Masuk kandang kambing mengembik, masuk kandang panda ketemu Oyen**

    artinya : ada gadis tidur sembarangan, soale lagi golek pangsit ehhh..wangsit
    _____________________________________________________
    Howaaaa…Oyen udah jinak, gak perlu dikandangin…beuhhh😦

  21. 29/06/2010 16:04

    Mbak Oyen, dompetku opo keri ning kene?
    _________________________________________
    🙄
    ngapunten nggih Bu….*Xixixixixiixixi:mrgreen:

  22. 29/06/2010 16:05

    Opo kijolan yo…
    Iki koyoke dudu dompetku je…
    ___________________________________
    Ohh…nggih kadosipun…
    pantes, kok Oyen bikak lebetipun namung gangsal atusan, kagungane Oyen atusan ewu sedoyo😛

    • 29/06/2010 16:11

      Nek keri disimpenke disik…
      Sesuk2 tak rene maneh.
      Wis yo Mbak😀
      ____________________________________________
      niki mboten alesan kersane mampir malih to? ***mesti sing nyaranke Pak’e😦

    • 30/06/2010 10:58

      Kuwalat !👿
      __________________
      😛

  23. 29/06/2010 16:05

    Pepatah Cina :

    Cwi lan tong, cwi lan ting, cwilan mie
    artinya : tiap benda ada gunanya
    __________________________________________
    eleuuuhhh….ngerti bahasanya si Tong Seng jujjaaa😀

  24. 29/06/2010 16:08

    Paribasan Jowo

    ** dadio banyu emoh nyawuk, dadio godong emoh nyuwek, dadi blogger emoh update.

    tegese : males pwol
    ____________________________________________
    wedew…Pak Dheeee, mpun tumut kontesipun piyambak mawon, sekali-kali penyelenggara boleh ikutan😀

  25. 29/06/2010 16:10

    Paribasan Jowo

    ** melik nggendong lali**
    tegese : nek utang ojok pura-pura lali
    ____________________________________________
    hohohoho…keknya pengalaman pribadi juga😀

  26. 29/06/2010 16:13

    Pepatah

    ** sekali merengkuh dayung, dua tiga kepala teman kena dayungnya**
    artinya : bekerja secara sembrono
    ___________________________________________________
    Xixixixixixi…mboten Pak Dhe, tukang dayungnya mantan atlit lempar lembing😛

  27. Oyen permalink
    29/06/2010 16:20

    TOBAATTTT….. ki kok gak sesuai skenario toh….

    Komandan gak jaga pos, guru gak ngoreksi PR, ibuk-ibuk waktunya masak malah dolan….wah, musti lapor sutradara…

    CUT…CUT…CUT😦

  28. 29/06/2010 16:38

    Yup.

    Mewakili Presiden Kampung Jengkol,,,
    Pemenang kontes peribahasa tahun ini adalah . . .

    Pak Dhe Oyen . . .
    ___________________________________________
    walah, emang siapa jurinyaaa….beuhhh, entar nunggu keputusan Simon Cowell sama Paula Abdul:mrgreen:

  29. 29/06/2010 17:56

    betawi banget…
    ______________________________________________
    betawi ajah, gak usah pake banget😛

  30. 29/06/2010 19:14

    sebagai juri yg ditunjuk Pakdhe ,
    bunda milih pemenang utamanya Pakdhe ………… 😀😀😀 , banyak banget bikin peribahasanya …………..
    tapi ya gak sah semua, jadi PakDhe dibatalkan jadi juara😀😀😛:mrgreen:
    salam
    _____________________________________________________
    Bunda, Oyen nyang menang ya, entar Oyen kirimin dudul jengkol dah **nyogok.com😛

  31. 30/06/2010 14:02

    hahahahaha…mbak oyen bisa aja, ujung2nya kereeeennnnn… nice pribahasa mbak😀 bikin PD
    ______________________________________
    oh yeehhh..masak seeehhh😳

  32. 01/07/2010 10:08

    ”jangan sesali rumput di kebun melati”

    mmm Ok …
    Tapi saya lebih suka peribahasa yang terakhir …
    “Ah, gara-gara rumput, peribahasapun jadi “…
    Aaahhh ini lebih paten … amazing … magnifico … super … fantastic …

    hehehe
    ________________________________________
    halah…sayang kakek bukan jurinye😀

  33. abu ghalib permalink
    01/07/2010 10:36

    ooo, ngomongin rumput beneran ya?
    kirain rumput apaan???
    _______________________________
    🙄

  34. 01/07/2010 17:36

    saya bisanya buat perihbahasa
    ____________________________________
    xixixixixiixi…hebat dwong, tak kiro perihbahayaaa😛

Trackbacks

  1. Nyablak gak selalu sengak « Oyen punya cerita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: