Skip to content

Tentang Emak-emak

05/08/2010

Tentang lalaki udah, tentang anak-anak udah, tentang murid-murid juga udah. Hmmm…sekarang saatnya tentang emak-emak. Kalo ngomongin soal emak-emak mah banyaaaaak, selalu ada cerita sejak Oyen ngusel di perut sampe nongol segede gene. Konon katenye Oyen lair kalung usus, nyang dolo dukun beranaknya binun, dipertahanin bayinye apa ususnye. Beruntunglah Emak mempertahankan Oyen seutuh-utuhnye, katenye nangisnya lumayan bisa ngusir tikus nyang demen mejeng di kolong dipan.

Emak selalu sigap sejak ayam jago belon melek dan ngeluarin kokokan falesnye. Mbersihin ompol nyang bauk jengkol (jiaahhh…masih ingusan sangat udah bauk jengkol😛 ), ngisiin neh perut pake ASI gratisan, nyang sehari semalam bisa ribuan kenyot. Mandiin pake sabun colek sisa cucian kemaren, dan nimang-nimang sambil nyanyi lagu OST Kampong Jengkol. Berhubung suaranya kek Krisdayanti kesedak pu’un jengkol, seketika bayi Oyen pules dan ngimpi jadi jus jengkol (kalo nyang minum Pak eR Te gak papalah:mrgreen: ).

Tapi gak cuman entu. Emak juga ngurusin sederetan lalaki aneh hasil kerjasamanya ma Babe. Nyiapin seragam sekolah Ncang Oyon nyang seminggu udah penuh motip tapak kaki nggilani. Nyisirin rambut Ncang Ucup ala Bambang Gentolet dengan sedikit olesan minyak jelantah sisa nggoreng jengkol basi kemaren. Sambil kelak merencanakan buat ngelairin Encep dan Entong. Dan tak lupa nyiapin tas dan seperangkat alat kerja Babe sebelon berangkat kerja. Untunglah Oyen nangisnya cuman kalo laper dan pipis, belum bisa nangis sekalipun nonton pilem kek kuchek-kuchek hota he.

Setelah para lalaki melangkah pigi dengan sok pedenye, Emak bakalan sibuk goreng ikan asin dan ngrebus daun jengkol buat sarapan siang. Nyuci dan nyetrika baju setumpuk dengan mesin sepuluh jarinye. Belon lagi goreng dan mbungkusin kacang bawang buwat disetor ke warung-warung juragan jengkol, sambil nggendong bayi Oyen pastinya. Soalnya kalo ditinggal takut diangkut pemulung.

Entar kalo pada pulang Emak sibuk mberesin semuwa oleh-oleh. Ada nyang bawa pulang kaos kaki dekil, sepatu mangap karena main bola sambil jumpalitan, seragam bauk ciuman kebo, ato dengkul bauk amis dan pulang menye-menye abis rebutan layangan robek.

Dan entu belon berenti sampe Babe dan anak-anaknye bener-bener merem di dipan reot. Melek pertama dan merem terakhir. Nyuapin pertama dan makan terakhir. Dan nyang pasti direngekin pertama dan leyeh-leyeh terakhir, itupun kalo ada waktu buwat leyeh-leyeh. Nyang ada belon sempet leyeh-leyeh di bawah pu’un jengkol, Oyen udah tereak….”oweeeekkk….oweeeekkkkk……hoeeekkkkk….

Sapa bilang jadi ibu rumah tangga gak seelit wanita karir? Sapa bilang jadi ibu rumah tangga gak perlu pinter? Siapa bilang jadi ibu rumah tangga entu gak luar biasa? Nyang jelas jadi ibu rumah tangga entu bisa jadi sarana mengantarkan kita ke surgaNya, selama ikhlas ngejalaninnya.

*Buat para ibu, dan para calon ibu, semoga bisa menjadi sosok pencetak generasi unggulan. Amin

20 Comments leave one →
  1. 05/08/2010 10:05

    Jadi Ibu Rumah Tangga.. sebuah kemewahan buat Bundo.
    ngurus anak dan suami dari pagi sampe malam, indahnya.😀
    ______________________________________
    yuph, doa’in Oyen jujjjaa bisa cepet begetu ya Bun? *begetu apa seeeh😀

    • Laki-laki Biasa permalink
      05/08/2010 11:02

      cepet jadi ibu..😀
      amin ya ALLAH..
      _______________________
      amin…amin…amin😀

  2. Laki-laki Biasa permalink
    05/08/2010 10:17

    kayaknya ada hubunganya nih dengan postingan yg ini:
    ____________________________
    Hoh?!! Mosok seeeeh….semoga hubungannya baik-baik saja😀

    • Laki-laki Biasa permalink
      05/08/2010 14:23

      Beneran ada.. coba tarik benang merahnya deh, kalo perlu benang putihnya juga ditarik..😀
      __________________________________
      heheuuu… kok tahu ada benang putihnya segala😀

  3. 05/08/2010 13:54

    aminn..

    sapah ntu mpog nyan9 bilan9 jadi ibu rumah tan99a 9ampan9..?!
    _____________________________
    sapa ya9h? Udah dilaporin ko9 ke Pa9 Lurah 😀

    udah bawa tan99a ajah berat kudu jadi ibu juja kan,
    justru jika emaknya tak bener anaknya juga tak bener,makanye kudu bener bener jadi emak…..
    ______________________________
    setujuuuuuuuuuu….idup ncin9 wiend, anak eMak 😀

  4. 05/08/2010 19:42

    Amin..
    ___________________
    tumben manut koe Nduk😦

  5. 05/08/2010 20:49

    Semoga saya nggak jadi emak2…
    Kalau itu terjadi, bener2 anti biasalah saya
    ____________________________________
    Nggilani malah😛

  6. 05/08/2010 20:51

    Postingan yang hebat…
    Pesannya ada di komentar saya…😀


    • 06/08/2010 19:08

      Aku nek ngomentari tulisan sing mendalam ngene iki mumet, mergane aku penganut sistem simpel, sing gak abot2, sing sederhana, ora nganggo kiasan, ora berisi pesan.
      Pokoke nek tulisane bergaya Tulisan Pembicara aku ora mampu nanggapi
      Tapi nek tulisan bergaya Peneliti aku jek bisa ngikuti…
      Maca tulisane malah marakke ngelak…
      Kratingdeng disik ah…

      Nek mbales komeng sing sok mendalam iki mumet aku

  7. 05/08/2010 23:54

    Ibu Rumah Tangga itu pekerjaan Multy Tasking yang sangat berat

    24 jam pula …
    nggak dapet lembur …

    So …
    Sehat terus Ibu – Ibu Indonesia …
    Cinta kami untuk para Ibu (dan calon Ibu)


    makaseh

    Salam saya

  8. 06/08/2010 12:46

    tes siang


    tess jujjjaa…..yeeee…berhasilll ….

  9. 06/08/2010 14:44

    hai oyen…
    he…he…he..he.
    salut dah ama bahasa betawinya..
    fasih bener…

    hai jujjaaa… nerima kursus bahasa betawi nyablak, bayar di muka tapinyah😀

    yup…
    ibu adalah sosok terhebat yang pernah ada…

    hidup MAK!!!!

    HIDUP EMAK

  10. Laki-laki Biasa permalink
    06/08/2010 16:01

    Sebelum jadi ibunya anak-anak, jadi istri dulu..🙂

    ya iyalah, masak ya iya dwonk *basi.com

    “Sebaik-baik istri adalah yang dapat mendorong suaminya untuk taat kepada ALLAH SWT dan Rasul-NYA, yang tidak banyak menuntut dunia, yang selalu mendampingi dan melayaninya dalam senang dan susah, yang menjaga kehormatannya dengan tidak memperlihatkan auratnya kepada yang bukan muhrim.”

  11. Abu Ghalib permalink
    06/08/2010 18:45

    tugas yg paling mulia bagi seorang wanita adalah menjadi ibu yg baik sesuai tuntunan syariat Islam😀

    tumben bener

  12. ghalib and rizky permalink
    06/08/2010 18:58

    ghalib:
    wah, ncing oyen lairnye pake kalung tali pusar juga ye? sama dunk ma aye 😀

    rizky:
    kalo aye sih kagak pake dikalungin, makanye aye lairnye lebih gampang dibanding bang ghalib😀

    mangkanye nyang nurut ye ma Enyak😀

  13. 07/08/2010 14:43

    Hayooo… mau jadi emak-emak ya??? Segera deh… tetapi jangan tergesa-gesa ya?

    EMang sudah siap??? udang dong…. Kudu. Belajar dari sekarang biar bisa kuchek-kuchek hota he… hehehe….

    Iyeee….siaaap grak!😀

  14. 08/08/2010 04:58

    Kalau nggak ada emak,saya gak bakalan kenalan anak emak yg di Salah 3 ini.
    Emaaaaaaaaaaaaak, love you
    salam sayank untuk anak emak yang ayu menik-menik kayak benik ini

    halah halah … salam sayanknya nyangkut dimana-manah

  15. 23/12/2010 00:15

    Hidup emak-emak.. hidup..heheheh

    Emak emang selalu di hati mbak oyen dulu, sekarang, nanti dan selamanya.

    ya iyalah…eMak getu loh. kagak ada eMak, gak ada nyang mbrojolin Oyen😛

  16. 23/12/2010 08:19

    Ini postingan lama ya mbak… sticky… heheheheh… pas buat hari Ibu…buat mbak Oyen, calon ibu yang baik, Selamat Hari Ibu🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: