Skip to content

Sodara apa Musuh?

08/09/2010

Oyin menyepi di perguruan Tapak Jempol Semut neh, konon pengen ngikut jadi pasukan berani nampang buwat nyerang Kampong Pete nyang terkenal rese dan suka cari gara-gara. Ngelanggar perbatasan lah, mbikin trapel warming, jurus uler mabok karye Asep juga pernah diklaim milik mereka…Hedeh-hedeh… Tapi, sengketa antar saudara kenapa musti perang besar? Dimana fungsi jalur diplomasinya kalo seperti entu.

Kita harus berani Ncing, biar gak dilecehkan lagi. Mereka harus kita serang…hiattttt! Dengan kekuatan datang bulan, akan menghukummu…rrrgghhhh!!!” kate Oyin sok ngerasa nyang paling bener.

Hedeh Yin, sadar… bulan puasa musti sabar, masalah musti dipikirin dengan jernih. Jangan main emosi aje” tambah Munaroh ngeliat muka Oyin makin item dan gak bebentuk.

Bulan puasa juga bulan jihad Ncing, bulan siap perang…jadi sekarang Oyin mo siap-siap nyerang Kampong Pete sama pasukan nyang lain” masih sok aksi dengan golok, parang, celurit, dan mercon.

Iye bulan jihad, tapi liat dong sapa nyang kite serang. Dolo bulan Ramadhan memang ada Perang Badar Al-Kubra, Perang Khandaq, Perang Tabuk, Fathul Makkah, kemenangan tentara Islam di pulau Rhodes, mukul mundur tentara Salib dan masih banyak lagi. Tapi nyang diserang orang-orang kafir Yin, nyang terang-terangan musuhin umat Islam, bukan saudara kita sendiri. Lo liat noh di Kampong Pete, mereka saudara kita seiman. Tuhannya sama, kitabnya sama, Rasulnya sama, kiblatnya juga sama. Haram darahnya untuk kita perangi, selama masih berpegang teguh sama tali agama Allah” jelas Teh Dingding.

Tapi kalo gak begitu, mereka gak kapok Teh, selalu mbikin gara-gara mulu…beuhh” masih ngeyel rupanya.

Tapi gak harus memerangi, kite pan punya jalur diplomasi. Maksimalkan noh Pemimpin negara, kementerian Luar Negeri dan duta besarnya. Mereka musti punya kemampuan untuk entu, kalo gak bisa ngapain di adain. Wong tetanggaan kok jadi musuh, bakalan seneng tuh kampong lain nyang punya kepentingan, nyang suka mancing di air keruh…beuhh” kali eneh Oyen pengen ikutan sewot jujaaaa.

Iye. Kadang-kadang kite aneh. Nyang gak harus diperangi, kite perangi. Ee… giliran nyang kudu diperangi kita rangkul baek-baek kek bapak sendiri….hmmmm…” hohoho… kalo gak ngembat bakso, Lo nyambungan Nab.

Inget! Kaum muslimin entu satu tubuh. Entah di Kampong Koepoe, entah di Ladang Jengkol, entah di Kampong Kumendan, entah di Kampong manapun. Entah kulit puteh, entah kulit merah, entah kulit merah puteh. Entah matanya belok, entah sipit, entah juling. Dimanapun mereka berada, kite diiket sama ikatan akidah, nyang lebih kuat dari ikatan darah sekalipun. Maka kite musti ati-ati ngadepin konflik nyang bisa diselesaikan dengan baik-baik, dan merhatiin, siapa nyang kita hadapi sesungguhnya. Sodara apa musuh?

14 Comments leave one →
  1. 08/09/2010 12:35

    FPI?

    • 08/09/2010 15:53

      Komentarku mau kuwi ora nanggapi postingane Oyen Lho…

      Oyen kan ngerti nek aku aras2en moco postingan dowo sing isi pesen.
      Cah kene omahe kono santai wae…😀

      Cuman aku pengin ngerti tanggapane Oyen tentang FPI.
      Nek kangelan ra usah dijawab.
      Ra pati penting.

      • Oyen udah kurus permalink
        09/09/2010 04:21

        Mengubah kemungkaran bisa dilakukan dalam level individu, jamaah maupun negara. Jika ketika individu berupaya merubah kemungkaran, menghadapi perlawanan yang mengancam jiwanya, dia diperbolehkan untuk melawannya (atas nama individu), seperti ketika para sahabat mendapat serangan fisik dari para kafir Quraisy. Namun merubah kemungkaran yang secara komunal dilakukan oleh negara, yg dalam hal ini negara mengabaikan hukum syariat, maka dalam jamaah maupun individu diwajibkan mengoreksinya dan berupaya merubahnya tanpa aktivitas kekerasan. Karena aktivitas fisik hanya dibebankan pada negara yang telah melaksanakan hukum syariat, yang diterapkan pada para pelaku pelanggar syariat. seperti ketika Abu Bakar sabagai Khalifah saat itu memerangi para pembelot yang tidak mau membayar zakat, dengan kekuatan senjata setelah peringatan khalifah tidak diindahkan. Tapi ini hanya dalam konteks penguasa yang sudah menerapkan hukum syariat (Khilafah), jika belum maka hal tersebut tidak berlaku.

        Maka aktivitas mencegah kemungkaran yg dilakukan oleh jamaah, adalah aktivitas pemikiran, bukan aktivitas fisik (kekerasan). Wallahulalam (nek kurang jelas, ngko lewat YM ae😀 )

        http://jundullah1924.wordpress.com/2008/12/23/kekerasan-dalam-timbangan-syariat/

        http://konsultasi.wordpress.com/2007/01/13/amar-makruf-nahi-mungkar/

        http://konsultasi.wordpress.com/2010/09/02/bolehkah-mengubah-ideologi-bangsa-dengan-kekerasan/

  2. 08/09/2010 12:40

    lha iya, perangnya nanti kan lucu.
    ada basa-basi macam gini, “assalamualaikum, kita perang nyok…!!” atau saling pukul sambil saling teriak, “allahu akbar!!”

    he eh pak Lik…ckckck… kalo gene nyang seneng ya orang2 kafir😦

  3. 08/09/2010 13:07

    Ganyaaang….
    :mrgreen: V

    hmmmm…. Genduk agaknya harus dicuci otak pake beyclin😛

    • 08/09/2010 23:16

      baru jam 13:07.. kok genduk udah teriak “kenyaaannng..” siyh?
      tadi di Toba maghribnya cepet ya nDuk?

      lagi MM kale Makkk😛

  4. 08/09/2010 13:22

    No Comment …

    salam saya

    No dong😀

  5. Laki-laki Biasa permalink
    08/09/2010 15:12

    baru baca paragraf pertama, tapi udah berasa Indonesia vs Malaysia nih.. hehehe..😀

    kalo udah baca semua, berasa sunni-syiah, hamas-fatah, taliban-lebanon, mesir-palestine, kahsmir-srilanka…. menyedihkan😦

  6. 09/09/2010 02:28

    NURHAYADI

    BESERTA STAFF KABINET ZIZZAHAZ BERSATU

    MENGUCAPKAN

    SELAMAT HARI RAYA IEDUL FITHRI 1431 H

    TAQABALALLAHU MINNA WA MINKUM.

    taqabbal ya kariim… sama-sama Pak😀

  7. 09/09/2010 13:19

    ganyaang daachh mpog!!

    enemah sodara tapi ibaratnya musuh dalemnya selimut ech musuh dalam selimut
    lebih berbahaya Lagee..!

    nyang bisanya cuman ngaku ngaku doaanks…

    beuuhhgg..

  8. 09/09/2010 17:12

    iya…dikata enak apa perang…
    perang tuch gak enak…
    akan ada banyak korban..
    gak bisa kerja..
    gak bisa internetan..
    anak-anak gak bisa sekolah..
    ibu-ibu gak bisa kepasar..
    perang bukan kaya main game online..
    kalao jagoannya kalah bisa hidup lagi…
    hidup oyen…😀

  9. 12/09/2010 07:14

    Perang malah nyengsarakan rakyat.
    Enak rukun2 saja nduk
    saudara sekandung aja ada yang musuhan kok.

    Lha piye tho, ada orang yang mukanya merah padam tersirat wajah penuh kebencian, membawa pentungan..berlari-lari….sambil berteriak ” Alllahu Akbar “..lalu mengayunkan pentungan itu ke kepala orang lain..dhes..dhes..dhes…, lha yang di penthung ndhosor kesakitan sambil berteriak…” Astaghfirullahal adziim…”.
    Lho….sama2 menyebut nama Allah kan…..kok begitu sih….

    Padahal dimata Allah yang menthung belum tentu benar dan yang dipenthung juga belum tentu salah.

    yo wis

    salam sayank untuk ponakan sing ayu sak dapur umum

  10. 14/09/2010 08:24

    wah kayak jaman dulu aja , ada perang barata yudha segala sih??
    khan enakan adem ayem tentrem aja , iya gak Mbak Oyen ?
    salam

Trackbacks

  1. Sodara apa Musuh? « Oyen punya cerita - Kumpulan Cerpen

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: