Skip to content

Pak Re Te mbikin Be Te

25/10/2010

Wuee… Pak Re Te kampong jengkol lagi baek neh, konon untuk menghibur warge di undanglah dalang dari Vietnam nyang konon lebih Oye(n) dari Ki Mantep Sudarsono. Warge KJ nyang belon sekalipun nonton wayang akhirnya berduyun-duyun madatin Lapangan Alot Repot, kandangnya Mancung United, tempat pagelaran wayang diselenggarakan. Maka tida dipa plus Oyin pun kagak mau ketinggalan menyaksikan lakon Adipati Karna nyang tanding sama Srikandi Selubung Hitam di atas pentas. Sekalian jalan-jalan dan nyuba sepatu baru…xixixixi…

Di tengah riuhnya pertunjukan, rupanya ada nyang manggil-manggil Oyen dari kejauhan… “aci Oyen…aci Oyen…aci Oyen” dalem ati Oyen menggumam miris “Oyen sastrowardoyo kok jadi aci Oyen???, orang aneh dari utan mana seh???” sebel.com. Oyen cari entu sumber suara, ternyata tereakan anak balita tetangga nyang minta dibeliin nasi goreng. Beuhhh… kalo gak inget entu masi balita, udah Oyen tantang kungpuw tuh di perguruan “The Dragon Warrior”, bête.com.

“xixixixi… Ncing, ada nyang jualan es Oyen noh, cakep-cakep jadi nama es… xaxaxaxaxa” jiah, mata si Oyin awas bener ngeliat gerobak es di balik gunung…beuhhh

Dan lagi-lagi lamat-lamat terdengar seperti suara memanggil-manggil Oyen… *dalem ati “Ah, paling-paling balita cadel lagi. Tapi  bukan…. Denger ajah..

“Oyeeeeennnnnnnn…. Aku datanggggggg….!!!” Gubrak! Suara sapa noh?? Cempreng amat!

“Lah, si Mamat. Ngapain manggil-manggil Oyen segitunya? Leubay neh” xixixixi… syukurin noh di semprot ma Jenab

“Cuman ngabarin, pasukan dari markas Kumendang sudah merangsek ke perbatasan, dan Kumendang mo menghadap dan bertemu Oyen. Empat mata!!!” jiah, gayanya sok jadi ajudan neh orang .

“Biarin aja… lagi asik nonton wayang. Kalo kangen berat ma Oyen suruh melototin gambarnya Dian Sastro nyang mejeng di alun-alun” samber Oyen tanpa rasa bersalah apalagi ber halah.

Denger jawaban Oyen dan pelototan mata si Jenab, berlalulah si Mamat secepat kilat. Hedeh, sekali nonton wayang banyak gangguan begeneh… ampyun dah!

“Ssst… Yen…Yen…” giliran colekan Munaroh nyang mutus kekhusukan Oyen nyang masih penasaran berat sama paras Srikandi.

“Hedehhh… apaan sehh, lage seru neh wayangnya!” beuhhh…

“Xixixi… Pak Re Te dari tadi merhatiin Lo…” Hoh?? Masak nasi eh masak iye??? Sepintas Oyen ngelirik gelagat Pak Re Te nyang duduk di atas panggung sandiware… dan alamaaakkk… beneran coy! Pak Re Te ngelirik dan senyam senyum di mari… butet dah!

“Ah, biarin ajah, palingan inget pajak tanah, rumah dan barang mewah belon Oyen bayar!”

“Emang Lo punya Yen?” selidik Jenab sambil njilatin bakso nyang tinggal kecapnya.

“Kagak. Makanya gak pernah Oyen bayar” nyengir butut deh si Jenab.

Setelah pertunjukan wayang berlalu dan tetep aja Srikandi gak mau buka jati diri, Oyen masi binun setengah idup. Gimane enggak, sepanjang perjalanan pulang keknya ada nyang ngikutin Oyen. Dan berdasarkan pengamatan mata-mata nyang kurang pengalaman (Mumun, Jae dan Oyin pastinyah), dari jejak kakinya entu jejak kaki Pak Re Te, karena konon sandalnya ada capnya “Ketua Re Te Kampong Jengkol” nyang bakalan mbekas di tanah. Tiga dipa dan Oyin jadi bertanya-tanya neh, mengapa Pak Re Te begitu terseponanya ma Oyen… (xixixixi….)

“xixixi… apa Pak Re Te beneran tersepona ma aye ye…” kate Oyen dengen pedenye

“wah, bisa heboh kalo pak Re Te beneran demen trus ngelamar Oyen….xaxaxa” kate Oyen lage

“ehem… bisa-bisa beneran neh, di undangan entar ada nama Pak Re Te… xixaxixa” masih kate Oyen . Jenab, Munaroh dan Oyin nyang ndenger mpe mulez dan kentut bareng, payah!

Dan begitu nyampe di depan rumah, betapa kagetnya Oyen dan cs nye ngeliat Pak Re Te sudah nunggu di teras rumeh. Gagap dan grogi dah Oyen kek eMak, tak mampu berkata-kata, cuman mangap dengan seksinya. Jantung berdegup kek digetok palu berkekuatan 7 skala richter (lebaynya kumat), aliran darah tiba-tiba mandeg kek kesetrum listrik berkekuatan 15000 KWh, idung mampet kek ketutup batang jati, kaki kaku kek diiket tali jemuran dan lidah kelu kek abis nelen lemparan sandal babe… aowh… segitunye… (penonton eh pembaca pasti juga deg-degan…halah!)

Dan inilah nyang ditunggu, bunyi suara Pak Re Te nyang gak ada lebih-lebihnye…

“Assalamualaikum Mbak Oyen (jiaahh… mbak lage), aye kesemsem sama sepatu Mbak Oyen. Sudikah kiranya Mbak Oyen meminjamkan barang sebulan, nyang bakal aye gunakan ikut latian bola sama Mancung United? Aye mo beli gak jadi, kalo bisa minjem ngapain beli? Sumpah deh, sepatu entu bakalan aye jage sepenuh jiwa dan rage, entar kalo kepepetnya rusak bakal aye ganti sama sepatu ponakan aye (pasti nyang tinggal sol nya dowang entu…beuhhh), apakah Mbak Oyen berkenan meminjamkan demi kesejahteraan warge?” halahhhhhhhhhhhh…… kirain…

Pastilah semua bisa nebak kelanjutannya… apalage kalo gak Jenab, Munaroh dan Oyin ngakak berjamaah…. “Xuaxaxaxaxxaxa…xuixixixixiixi…ternyatah, kesemsem ama sepatunya dowang…hag…hag…hag…hag…hag  990X”

mpe jumpalitan hingga menjelang subuh. Ampun dah!

“Mangkanye Yen, jangan gampang Ge eR… kurang empuk pan jatohnya…xixixixi” beuhhh…

.

 

***

Alhamdulillah… Allah mengabulkan do’a Oyen suatu masa, sebuah sepatu idaman nyang berkesan akhirnya ada di tangan, tanpa ngkredit dan tanpa ngutang:mrgreen:. Dan jujur, eneh adalah sepatu mewah pertama nyang Oyen punya (biasanya cuman beli nyang harga dua poloh reboan di pinggir jalan, ato nyang tujuh puluh rebo dapet dua…xixixixi).

Dan sekarang Oyen baru tahu, kenapa Mbakyu mangkin getol nggenjot becaknya, kenapa Tarzanwati mangkin betah ngejagain entu pu’un di utan jengkol, dan kenapa Genduk mangkin rajin nyebrangin toba wat mudik saban ari….

17 Comments leave one →
  1. Oyen permalink
    25/10/2010 09:27

    Terimakasih kepada laki-laki yang sempat buron ke kampong seberang…. semoga Allah membalaz dengan sebaik-baik pembalasan… Amin😉

    Jenab : Amin
    Munaroh : Amin
    Oyin : Amin🙂

  2. harumhutan permalink
    25/10/2010 09:31

    pak rete makin cakep ajah daach :lopelope:

    ihiiiyyy.. keren euuyyy cHp_nya ojeeeeen😉

    tergantung nyang make😛

  3. Abu Ghalib permalink
    25/10/2010 09:49

    Kayaknya sepatunya cocok tuh buat aye jalan-jalan…😀

    gak boleh minjem!👿

  4. 25/10/2010 10:06

    aihhh CH terlihat cantik di kaki cinderella..

    Pak ReTe mangkin sumangkin cintah sama oyen..

    xixixixi… begitukah Mak???🙄

  5. 25/10/2010 10:36

    hmmm…. beda warna, berarti isa gawe silihan…:mrgreen:

    he eh…. xixixixixi *sakjane pesen abang, ijo, kuning sing telu😛

  6. 25/10/2010 11:58

    Assalamu’alaikum Mbak Oyen… saya juga mau lo d pinjemi sepatunya buat maen sepakbola…😀

    Waalaikum salam…. iyeeee…. *minjem, beli!!!👿

  7. 25/10/2010 12:31

    Wonge ireng, sepatune ireng…😀

    sotoyyyyyy….👿

  8. 25/10/2010 13:28

    ha….ha..ha…
    sepatunya bagus..(^_^)
    boleh pinjem..
    buat nangkep penjahat..

    boleh, berani bayar berape???👿

  9. 25/10/2010 14:53

    Nice Article, inspiring. Aku juga suka nulis artikel bidang bisnis di blogku : http://www.yohanwibisono.com, silahkan kunjungi, mudah-mudahan bermanfaat. thx

    he eh😛

  10. 25/10/2010 16:57

    Mangstab Buk…. 😎

    nyemprot😛

  11. 25/10/2010 17:23

    pak re te melakukan inpestigasi, knp punya panda kok warna item, sementara 3 yg lain merah.

    kesimpulan pak re te:
    1. pasti cukup susah cari nyang item kaya’ gitu soalnya kudu dipertimbangkan “meskpn item harus peminin”
    2. akhirnya didpt yg peminim dng variasi warna pink di bagian dalamnya.:mrgreen:

    soalna item lebih elegan, cocok mo pake baju warna apa aje *emang Pak Re Te ngomong begetu ke Pak Lik? nanyain Oyen gak??? halah😀

  12. 26/10/2010 03:55

    Dirimu sih masih cocok pake CH…
    lah diriku, dari yang item sampe pink nggak cocok blas…

    yo wis, kasih ke Oyen ajah😛

  13. 26/10/2010 14:52

    hahahaa…. Sepatunya Tho… ^_^

    😦

  14. dhebi permalink
    26/10/2010 15:49

    ceritanya lucu abis yang ini,
    kreatif banget pastinya,
    tapi yang lain koq gak terlalu seasyik yang ini y?

    nyang lain nulisnya pas tanggal tua😛

    buat mbak oyen, salam kenal yach..
    makasih ceritanya,
    menghibur abis,
    tak tunggu cerita lucu selanjutnya..

    makase Ncing😛

  15. 27/10/2010 05:45

    Maaf, kalau kerumah saya jangan ransel di depan dada dan pake sepatu itu, saya takut Bella girap2.

    Baru bertemu kok sudah kangen lagi ya…
    salam sayank dari Jombang…

  16. 15/11/2010 09:43

    Tu sepatu warior

Trackbacks

  1. Bejo « Mudeng ra Mudeng

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: