Skip to content

Hidup Guru!

07/12/2010

“Yen…Yen…, kenape eLo dolo pengen jadi guru? Emang nyampe apa nulis di papan tulis?!!” Lo kalo nanya sopan dikit ngapa?!!! Senewen dah Oyen nyah!

“Lo kebayang dong Nab, guru entu mulia. Kalo guru ngajarin kebaikan dan anak didik Lo nyang sebanyak 40 biji entu niru, Lo dapat pahala sebanyak mereka. Trus kalo mereka ngajarin ke orang lain lagi dan lagi, berarti masiiih aja ngalir pahalanya. Apalagi kalo entu anak bisa baca tulis dan dapet banyak ilmu dari kite… wueeeee… mantap pan?” Kate Oyen sambil ngulik kutunya si marmoet.

“Berarti biarpun cuman guru TPA, aye mulia juge ya Yen?” tanye Munaroh sambil mringis

“Nahh… entu juge. Kate Allah pan sebaik-baik orang entu nyang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya, jadi ngasi manfaat wat orang lain, ilmunya gak diisep dan ditelen sendiri” seinget Oyen kate Teh Dingding dolo getuuuu

“Tapi paling males kalo punya murid nyang ngeselin bin nakallllllll…. Berasa pengen nelen se ekor-ekornyeee… beuhhh!!!” Jiah, kenape eLo ikutan sewot Nab, ferasaan nyang ngeselin bin nakal eLo dah.

Tapi bener dah, jadi guru harus siap nanganin bermacam murid, karena tingkah polahnya gak selalu sama, belon kalo ngurusin 40 biji, nyang 10 biji aja kadang mbikin ubanan… beuhhh. Kebayang musti ekstra sabar dan ekstra ngarti, jadi gak salah langkah. Seperti kisah kepala sekolahnya Totto Chan atau Ibu Muslimah nya Ikal dan kawan-kawan… dan tentu saja kek dosen Oyen nyang super baek. Mereka contoh sosok para guru yang penuh dedikasi, dan paham betul gimana caranya ngertiin entu para murid. Ihik… jadi inget jaman masih imut dolooo…

.

Te Ka

Sesaat sebelon karnaval 17 an….

“Howaaaa…. Buk Gurrrruuuuu…. Oyen pan pengen jadi dokteeeerrrrr…. Kenape dipakein seragam pemaen bolaaaaaaa…..” lalu seketika ditariklah telapak meja, vas bunga dihancurin, sambil ngguling-ngguling di atas lantai (lumayan, sekalian ngepelll). Kebayang repotnya Buk Guru ngebujukin kalo Oyen lagi mabok… ihiks.

Pernah suatu kali absen seminggu lebih, gara-gara ketakutan abis kena palak anak kampong sebelah. Maka Buk Guru dan seluruh jajarannya ngedatengin Oyen dan ngebujuk wat mau sekolah lagi. Tapi apa dikata, Buk Guru cuman dapat sambutan bibir monyong Oyen dan muka sesangar buto cakil… rrrgggghhhhhhhhhhhh….!!!!, dan mbatin dalem ati “sekolah lagi?!!… sory ye!”… hedehhhh, ternyata Lo dolo dekil ya Yen. Parah!

Suatu ketika Nyak ninggalin Oyen lewat pintu belakang, maka begitu tahu naiklah darah Oyen mpe ke ubun-ubun, tentu aje meja ma kursi direbahkan dengan esmosi. Lalu pelajaranpun bubar tanpa basa-basi, gara-gara ada anak nyang kumat dekilnyua tanpa kompromi… ihiks

.

Se De

Buku LKS digulung dengan manisnye, lalu di ditempelin di mata sebelah belagak jadi teropong jarak jauh. Maka dimulailah aktivitas neropong kawan sekelas sambil micingin mata sebelah. Dan tak berapa lama…. “Pletak!”. Sekeping kapur nyasar di kepala imut Oyen nyang lagi asyik neropong kawanan murid gak mutu. Ihiks… ternyata Pak Guru udah masok kelassss…. Howaaaaa….kenapa gak ada nyang bilanggggggggggggg….!!!!!

Suatu pagi terjadi kehebohan, gara-gara lemari kelas gak bisa dibuka, gara-gara koncinya disimpen ma Oyen, dan gara-gara Oyen lupa naro koncinya, akhirnya di dobrak dah entu lemari, daripada kagak pada bisa belajar karena bukunya ada di lemari semuaaaa.

“Siapa nyang nyimpen koncinyaaaa?”

“Oyennnnnnnnnnnnn… !!!!” ihiks…

 

Suatu pagi Buk Guru juga kaget setengah idup, abis ngeliat coretan absennya gak rapi dan menceng sanah menceng seneh, kali dalem ati bilang, ferasaan selama ini nyang ngabsen rapi jali dah, sekarang awut2an begeneh… hedeh!

“Siapa nyang tugas ngabsen?”

“Oyennnnnnnnn……!!!” Ihiks lageee…

.

Se eM Pe ma Se Me Aa

Oyen gak nyusahin lageeee, udah semangkin imut, nurut dan manut. Malah gurunya nyang nyusahin Oyennnnn…. Ihiks (kuwalat Lo Yen)

.

Anak kampoes dwongk… xixixxixi…

Ah, badung-badung dikit itu mah biasa, mahasewa getu loh (dikit??? Banyak kaleeeeeee….!!!!). Tapi kali eneh udah mulai nyadar, kalo nuntut ilmu entu ibadah, jadi alergi bin ngisin-ngisini kalo udah kuliah alias udah jadi siswa bangkotan masih demen ngehalalin segala cara, dijamin ilmu eLo kagak bakal berkah dan gak jadi amal jariyah (getu kate ustadz mah).

 

Ngemeng-ngemeng, eneh nyeritain Guru apa nyeritain Oyen seh???:mrgreen: (komengtatorprotes.net)

*****

 

*Buat murid-murid Oyen yang kangen berat sama Oyen (ngaku aja dah…. halah), jangan nakal yeee… mana kenang2an buat Buk Guru???

*Buat orang kampong sebelah nyang ngakunya jadi Guru… ojo galak-galak yooo, mundak tambah geringggg….

*Buat para guru, met hari guru… (telat berrat yeee)

*Buat semuanya, selamat ketemu Oyen lageeee…. (gak ngarep kaleeeee)

*Buat eNyak, selamat ngeblog lageee:mrgreen:

*dan buat Oyen, semoga mangkin baek dan mangkin tjakep ajee…. Amin

8 Comments leave one →
  1. Oyen permalink
    07/12/2010 07:41

    horeeeee…. Oyen hapdet… Oyen hapdet *jingkrak-jingkrak trus ambil guling wat ngerobohin si Tole:mrgreen:

    met taon baru hijriyah semua, semoga banyak pelajaran dan hikmah dari tahun kemaren yang bisa diambil dan menyongsong tahun depan dengan lebih baik lagi. Amin😀

    salam dari seluruh warge KJ😀

  2. 07/12/2010 07:44

    met Tahun Baru, oyen sayang..
    salam buat semua guru oyen, teristimewa guru yang paling utama
    Ibunda.. yang dah bimbing oyen sampe bisa begini pada hari ini
    Alhamdulillah.

    sama-sama Mak, iya makasi untuk ibu, emak dan bunda😀

  3. 07/12/2010 12:11

    asyikkkkk
    finally….
    oyen nongol juga….
    setelah hampir sebulan ilang,,,,,,
    Selamat Tahun Baru Hijriah ya….
    semoga kita bisa menjadi yang lebih baik lagi…

    amin😀

  4. 07/12/2010 15:53

    ikut nonton oyen jingkrak-jingkrak ah…

    halah…😀

  5. 08/12/2010 10:29

    Selamat Hari Guru juga Yen …
    Biarpun telat … yang penting niatnya …

    sama-sama Kek😀

    salam saya Yen

  6. Abu Ghalib permalink
    08/12/2010 12:50

    Kalo ane sih sukanya jadi murid ajah
    Jadi guru mah cape ngurusin anak2
    Kalo jadi murid pan boleh nakal🙂

    beuhhh… dasar😛

  7. 09/12/2010 17:44

    GuRu…
    Nek Minggu Turu😉

    xixixixi… konangan😛

  8. 09/12/2010 22:26

    wah tapi jadi guru berat juga..kalo ngajarin sesuatu yang salah ke 40 anak di kelas..trus kebawa mpe dia gedhe,w adoh dosa dunia akhirat nih…tatuttt

    itulah mengapa harus menyampaikan dengan ilmu, bukan asal ngomong😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: