Skip to content

Mang Diman naek Haji

08/12/2010

Akhirnye, selain juragan jengkol, ada juga warge KJ nyang bisa naek haji. Tak laen dan tak bukan siapa lage kalo bukan yang bukan-bukan (mbelibet dah), entu si Mang Diman, Bokapnye si Jenab. Wew? Hebat amat yak, tukang bakso ala kadarnyah nyang bahkan sering diembat ma anak semata wayangnya entu bisa naek haji? Kok bisa?

 

Itulah nyang akhirnye banyak kasak-kusuk nyang nyebar. Katenye Mang Diman bisa naek haji karena ngutang sama rentenir nyang bunganye segede bunga bangke, ada lage katanye gara-gara dapet nomor butut dari dukun udik kampong sebelah nyang kerjasama ma si manis jembatan jengkol, trus katenye lage abis ngejual tanah warisan yang sering kena longsor entuuu… beuhh, trus nyang bener nyang mana nehhh?

Si Jenab mpe panas kuping tuh, ndenger omongan warge nyang kagak tauk ujung pangkalnye.

 

”Dasar ih, emang tukang bakso kagak bisa naek haji ape? Tukang bubur ayam aje bisa… halal bokk“ sewot Jenab

 

”Sabar Nab, kalo tukang baksonya eLo seh aye juga ragu. Tapi kalo Babe Lo seh aye percaye“ xixixi… udah siap nonjok tuh Jenab

 

Akhirnya saat selamatan haji, Mang Diman cerita ke seluruh warga gimana kok bisa-bisanya dinaikin haji eh naik haji? Apalagi jaman serba naik begini? Konon katenya tiap kali ada nyang maksa minta gratisan baksonye (kek si Oyin tuh), Mang Diman kagak minta ape-ape, selain minta di doain biar bisa naek haji. Eh pada suatu masa yang entahlah kapan tepatnya, ada juragan jengkol nyang denger waktu ikutan beli baksonya. Akhirnya tanpa dikira dan tanpa diduga bahkan tanpa dianiaya ditawarinlah entu Mang Diman naek haji ke Makkah sanah. Begetu ceritanya….

 

”Jadi jangan main-main sama do’a dan berdoa jangan sekedarnya. Allah entu maha tahu apa yang kite simpen di ati. Trus pelihara sikap tulus, ibarat mangkok bakso. Mangkok entu kagak bakal diisi lagi kalo masih penuh, makanya kosongin dolo. Tiap dapat rejeki, sedapat mungkin bagi-bagikan karena entu bukan cuman dari usaha kita, tapi dari Allah. Allah ngasi entu rejeki cuma-cuma ke kita, maka kita juga harus ngasihin ke orang lain dengan cuma-cuma, gak usah ngarep balesan apa-apa. Karena semua yang untuk Allah, bakalan diganti sama Allah dengan yang berlipat-lipat, entah kapan serahkan saja sama Allah, Sang Pengatur Rejeki”  Akhirnya Ustadz Ucup pun ngambil hikmahnya dari kejadian entu

 

Hmmm… baru manggut-manggut dah entu warge kampong, kek Oyen kalo lagi ngantuk. Tapi ada yang aneh sama si Jenab, masalah warga udah beres kok mangkin kusut ajah tuh muka. Ada apa gerangan cinta? (halah)

 

”Soalnyah abis ituh bakal ada banyak pengamat rese, pan sekarang aye jadi anaknya Pak Haji…katenye anak Pak Haji kok ngembat bakso, anak Pak Haji kok pacaran di pasar ikan, anak Pak Haji kok urakan… hedehhhhhhhhhhhhh…..mendingan kek dolooo…. gak ada nyang ributttt” Hlah… aneh neh anak

 

”haduh Nabbb… ferasaaan haji gak haji eLo emang kudu dibenerin, butet dah” mana dapet dukungan Lo kalo soal beginian..beuhh..

 

”tapi Ncing, entu modal wat dapet jodoh… sapa seh nyang gak mau ngejodohin ma anaknya Pak haji…xixixixixi” Oyin kalo beginian tanggap dah

 

”iye juga ye… xixixixixixi…” dan nyengirlah si Jenab dengan puasnyah

 

”tapi kalo anaknya kek Ncing, gak jamin dah… xaxaxaxaxa” dan lalu adegan kejar-kejaran ala herder-tikus terjadilah sudah, yang mbikin Oyen manyun dengan manisnyah.

11 Comments leave one →
  1. 09/12/2010 00:19

    suka ma ceritanya… ada lucu nya…tapi banyak pesannya ^^

    makasi mba’ oyen ^^

    sama-sama Mbak Inge🙂

  2. Laki-laki Biasa permalink
    09/12/2010 13:12

    like this..🙂

    kok tombol like nya gak dipencet😦

  3. 09/12/2010 17:47

    Mang Dimande?

    halah…😛

  4. 09/12/2010 22:32

    jadi inget film emak ingin naik haji..hmm bener2 trenyuh..sepertinya dalam kehidupan nyata pun masih bisa terjadi ya..kekuatan doa memang ga ada yang menandingi

    seeppp…😀

  5. 10/12/2010 10:48

    the power of pray….
    jangan main..main sama ucapan..
    karena ucapan adalah Doa..
    berkata baik selalu,,,agar semua menjadi baik,,,
    dan jangan lupa sedekah..
    karena ALLAH selalu punya cara untuk umat-Nya…

    oke deeee…😀

  6. Abu Ghalib permalink
    10/12/2010 15:16

    Allah SWT memberi rezeki kepada siapa yang dikehendaki-Nya bahkan melalui jalan yang tidak disangka-sangka.

    iye, Ngkong puinter dah😀

  7. 11/12/2010 13:09

    Memang nggak bisa dipungkiri, masih saja ada orang yang memaksakan diri pengen berangkat haji dengan ngutang sana sini😦
    Kira2 siapa ya yang mau memberangkatkan kita berhaji, Yen…:mrgreen:

    siapa lagi kalo bukan yang mau😆

  8. 19/12/2010 09:46

    Naik haji biayanya gak boleh ngutang, itu artinya dia tidak istithoah atau tidak mampu.

    Enggih Dhe *entar Oyen ongkosin nggih Dhe, pan gak boleh ngutang ma Pak Dhe:mrgreen:

    salam sayank selalu

Trackbacks

  1. Jemaah Haji Kembali Disuguhkan Menu Basi | Indonesia Search Engine
  2. Misteri Dompet Yu Sari « Oyen punya cerita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: