Skip to content

Legenda si Koepoe Biroe

02/03/2011

Selain Malin Kondang nyang Gak kondang dan Miss teri Gunung Merapi, rupanya Kampong Jengkol masih punya satu legenda lagi, yaitu Legenda si Koepoe Biroe. Seperti apa legendanya? Mari makan dulu, mandi dulu, bobok dulu… udah??? Kalo udah ya udah… xixixixixi, kalo udah silaken nikmatin ceritanya, warning : dilarang perottesss, cerita legenda wewenang masing-masing kampong  yeee…

****

 

Pada suatu masa di jaman lalu kala, hiduplah keluarga koepoe di antah barantah bah. Sang ayah koepoe sudah mati seketika setelah nelen kembang jengkol (nelen kembang jengkol bisa mati? Pegimane bise?.. diem Lo! Terserah aye dwongk, nyang nulis pan aye!), dan kini anak koepoe nyang  sisa 1 biji tinggal bersama ibu koepoe tiri nyang galag dan kagak sayang sama sekali. Anak koepoe pun sering ditelantarkan dan ditinggal pergi, makan cuman dikasi sebulan sekali, itupun kembang basi. Ngerasa kek napi nyang dipenjara di lobang tikus dengan fasilitas nyang mbikin hampir mampus, maka anak koepoe pun mencuba melarikan diri ke kampong lain nyang lebih asoy, terinspirasi dari manusia nyang kate tipi namanya gayus entu. Tapi apa daia, tiap kali ketauan ama si ibu tiri selalu dipukuli, mpe tuh sekujur badan biroe sekaleee.

 

Tapi si anak koepoe tetep beraksi, sekalipun badan udah biroe disana-sini. Maka diniatkanlah pada suatu kali si ibu tiri dibikin mati suri dan tidur panjang sekali, dengan ramuan kembang sepatu, kembang sandal, dan kembang kaos kaki buluk diudek jadi satu. Setelah yakin mati suri, maka kaburlah si anak koepoe ke kampong laen nyang entah apa namanya. Di kampong inilah sebiji anak koepoe terus berusaha wat bertahan idup, konon dengan modal mantep dan sok taunye die diterima bekerja jadi tukang tangkap bekicret kepercayaan kampong.

 

Namun ternyata tak semudah ituh si anak koepoe lepas dari jeratan ibu tiri nyang jahat entu. Begitu bangun si ibu tiri langsung mandi dan gosok gigi, trus nyewa detektip wat nyari kemana kaburnya entu anak koepoe. Hingga semua kampong didatengin, dan bertaon-taon kesana kemarih si ibu tiri belon nemu juga entu markas si anak koepoe. Detektip nyang diutus pun kagak berhasil karena konon poto nyang dibawa pas jaman anak koepoe masi belajar terbang (ibarat orang mah masi balite getuuuu, masi enak diliat dan belon eneg dipandang kek sekarang….xixixixi). Akhirnya si ibu tiri inget jaman lalu pernah nyiwel sekujur tubuh si koepoe mpe biroe-biroe, maka dicarilah koepoe nyang dari pantat ampe jidat warnanya biroe semuwah.

 

Tapi si anak koepoe gak kurang akal. Setelah nguasain entuh kampong jajahan, dibikinlah kampongnya dengan anti biasa. Maka diperintahkan seluruh penghuni berubah jadi biroe semuwah, jadi mantan eNyak tirinya bakal binun setengah idup. Dan bener aja, si detektip kagak bisa nemuin mana entu anak koepoe nyang sejak era Soeharto kabur dari kampong ibu tiri, karena satu kampong warnanya biroe semuwah. Rasain! Buaya kagak bakal bisa dikadalin, apalagi dicicakin! (Jiah, CLBK=Cerita Lama Bersemi Kembali).

 

Akhirnya si ibu tiripun tewas tersengat tawon barengan kesamber geledek plus keseterum listerik pas lagi ngadem dibawah menara SUTET (Innalillahi). Dan si anak koepoe pun kini semakin eksis di kampong barunya, nyang diberi nama kampong anti biasa, dengan julukan baru “si koepoe biroe” nyang anti biasa.

TAMAT (sementara eneh….)

***

 

*penonton : emang legendanya begeto?

*tersangka : Oyen kan ra mutu nek ngarang:mrgreen: (sambil nyiapin naskah “legenda si panda nakal”)

9 Comments leave one →
  1. 02/03/2011 15:00

  2. nobody permalink
    02/03/2011 15:26

    Kekuatan FreeMason Yahudi bermain di balik aksi Anggodo, Gayus, dll.?
    Semua orang sepertinya berusaha untuk saling menutupi agar kedok anggota mafia FreeMason utamanya tidak sampai terbongkar.
    Jika memang benar demikian, maka tidak akan ada yang bisa menangkap dan mengadili Gembong tersebut -di dunia ini- selain Mahkamah Khilafah!
    Mari Bersatu, tegakkan Khilafah!
    Mari hancurkan Sistem Jahiliyah dan terapkan Sistem Islam, mulai dari keluarga kita sendiri!

  3. 02/03/2011 17:10

    Balas pak eM…

  4. 02/03/2011 17:11

    Balas pak eM… penonton semangat..

  5. wulanmanjol permalink
    02/03/2011 20:10

    si koepoe biroenya pinter…
    banyak akal, hahha
    salam kenal🙂

  6. 04/03/2011 15:18

    garuk-garuk kepala …

    mbaca paragraf akhir … juga garuk-garuk kepala …

    hehehe

  7. 08/03/2011 12:09

    Loh, Yen… gimana penampakan jasad yang udah di sengat tawon, disamber geledek dan kesetrum listrik??😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: