Skip to content

Ibu nyang Sejatee

16/03/2011

Konon karena nurut agama ma neh kampong Oyen ma Munaroh udah syah jadi isteri orang, mangka sekarang kumpulnya gak melulu ma anak ABG nyang ngerasa uda gede, gak melulu ma anak Se Me Aa nyang ngerasa udah pinter segalanya, gak melulu ma anak kuliahan nyang mahir muter anggaran dan nyari gratisan (ngomongin sapa neh?), dan pastinya gak bakal dianggap ngumpul sama kebo karena suaminya bukan kebooooooooooooooo…. Eh bukan, karena udah sah dan resmi… begetooo! Tapi sekarang udah diterima di perkumpulan eMak-eMak kampong nyang konon punyak persekutuan Pe Ka Ka (Perkumpulan Kaum eMak-eMak Keren di Kampong Jengkol) ==maksa.com==

Namanya juga eMak-eMak nyang buanyak muacemnya dan buanyak omongnya dan pasti buanyak atributnya, mbikin pertemuan bak pasar loak di tengah pasar ikan pas hampir lebaran dan diskon besar-besaran (leubay.info), ruame bener dah!

Lah, tapi disudut pojokan dinding nyang gak ada cicaknya, termenung sesosok makhluk nyang seolah sepi ditengah keramaian (jiah). Oyen amatin dari jauh, apa gerangan nyang dipikir entu makhluk. Apa mikir gimana caranya ngembat sate jengkol nyang gak ada tusuknya entu?, ato mikirin gimana caranya dapet arisan tapi gak ikutan setoran? Jangan-jangan kepikiran gimana kalo pas acara beginian tiba-tiba kena tsunami dadakan, gempa susulan dan banjir kiriman, trus pinksun barengan? Doh, semoga gak kejadian dah.. Akhirnya daripada pikiran gak karu-karuan Oyen samperin dah tuh makhluk di pojokan, nyang tak lain dan tak bukan adalah manusia beneran, dialah Munaroh, si guru TPA nyang abis nikah sama lalaki anak Pak Lurah.

“Ngape Roh?” sapa si manis Oyen dengan lembutnye

“Aye gak pede Yen ma entu eMak-eMak. Mereka ada nyang dokter, ada nyang guru, ada nyang tukang bank, ada nyang pegawe, ada nyang juragan juja. Sedang aye cuman orang rumahan nyang gak makan sekolahan. Jadi mending aye dimari aja dah, ngamatin semut nyang baris di depan, kali bisa bantuin kalo manisan jengkol nyang diembat jatoh dan keinjek kaki orang” oh, mulia betul kau Roh. Lalu dengan muka sok serius tapi tetep manis abis, Oyen pun mbilang,

“Roh, Ibu nyang sejatee kagak diliat dari pendidikannya nyang tinggi, karirnya nyang bergengsi, perhiasannya nyang nempel dari ujung rambut mpe ke ujung kaki, ataupun duitnya nyang banyak disimpen di lemari besi, tapi Ibu nyang mampu ngelahirin sebaek-baek generasi” Oyen nyampein nyang pernah diomongin sama teh Dingding suatu kali. Emang jaman sekarang media seringnya cuman nongolin sosok-sosok perempuan nyang sukses di karirnye ataupun aktif di kekuasaan, nyang dianggap seolah-olah ya sosok nyang kek begetu nyang dianggap perempuan nyang berhasil, padahal belum temtu nurut Oyen mah.

Dan jaman sekarang anak muda gak banyak nyang tahu sosok para muslimah tangguh jaman lalu, dibandingkan sosok Ledi Dai ataupun para perempuan nyang demen nongol di tipi. Tapi dunia juga tahu siapa entu Imam Bukhari yang punya daya tangkap luar biasa dan uda jadi guru sejak umur 10 tahun, siapa entu Muhammad Al Fatih nyang naklukin Konstantinopel di umur 24 tahun, siapa entu Sholahudin Al Ayyubi sang penakluk pasukan salib, siapa entu Al Khawarizmi, Ibnu Sina, Al Kindi, Ibnu Firnas, Al Haithami, Al Idrisi dan ratusan ulama sekaligus ilmuwan lain nyang banyak bertebaran di era pemerintahan lslam, siapa entu Harun Al Rasyid, Umar bin Abdul Aziz, Al Mu’tashim Billah, Al Makmun, Abdul Hamid dan ratusan khalifah, penguasa negara Islam nyang takut pada Allah dan RasulNya. Generasi nyang kek begeto nyang mencerminkan keberhasilan seorang ibu sebagai pendidik pertama anak, gak hanya sukses di dunia, tapi juga berorientasi akhirat.

“Jadi elo pede aje Roh, siapa tauk di tangan eLo kelak bakalan lahir calon Khalifah baru nyang bakal mimpin umat sejahtere dunia akhirat. Amin” Oyen kasih semangat dah ke Munaroh sambil senyum, masih manis kek biasanyah.

“Iye Yen, aye bakalan terus belajar biar bisa ngelahirin anak sholeh nyang berhasil dunia dan akhirat, nyang kelak bakal ngasih syafaat ke orangtuanya di akhirat nanti. Amin” naahhh… getu donkkk…

“Lah, gigi Lo coklat semua Roh” keliatan dah pas Munaroh nyengir

“Xixixixi… aye di pojokan mari kagak sendirian, ditemenin senampan cake jengkol rasa coklat, Lo mao?” sambil nyodorin senampan kue nyang bentuknya kek tiang gantungan nyang tersimpan rapi di balik pintu…

jiahhh…ternyatah, pantesan dari tadi betah nongkrong di pojokan…

10 Comments leave one →
  1. 16/03/2011 08:46

    tapi Ibu nyang mampu ngelahirin sebaek-baek generasi

    ah oyeeen.. gak sabar pengen liat oyen junior😀

  2. 16/03/2011 10:57

    wis ngarang jeneng?

  3. 16/03/2011 12:17

    Cake Jengkol rasa coklat??
    hahaha.. apaan tuh…😀

  4. 16/03/2011 16:51

    benar banget say..
    ibu yang baik adalah..
    ibu yang mampu menjadi sahabat anak..anaknya..
    gak cuma membesarkan dengan materi..
    tapi juga mendidik anak..anaknya..

    semoga kita bisa jadi ibu yang terbaik ya kelak..

  5. 16/03/2011 17:46

    Amin, semoga Oyen bisa jadi ibu yg melahirkan anak2 soleh solehah. Udah ada tanda2nya belom?

  6. 16/03/2011 21:15

    mantep deh… selalu hikmahnya bisa dirasakan di akhir cerita konyol…😀

    Mbak, itu lagunya judulnya apa? apik yo… ^^

  7. 16/03/2011 22:48

    Dan kakekmu ini yakin se yakin-yakinnya …
    Salah satu ibu utama yang akan hadir di dunia ini adalah OYEN …

    Saya doakan semoga segera dapat momongan ya Yen …
    Bisa jadi Ibu yang utama untuk anak-anak titipan NYA …

    Salam saya Yen

  8. 16/03/2011 23:45

    Pa Kabar Oyen ?
    Oyen kelak Insya Allah akan jadi ibu yang bijak🙂
    Amiin🙂

  9. 18/03/2011 10:28

    muLai bergeriLya lagi..

    jiah,, yang hampir jadi ibu…

  10. 21/03/2011 02:01

    Sebentar…. ini siapa nyang nulis neeh??
    *Nungguin oyen mungil dengan perut buncitnya*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: