Skip to content

Keluarga musti Dijaga

19/03/2011
tags: ,
by

Ngemeng-ngemeng, ada nyang aneh neh sama Pak’e dan Buk’e, kagak biasanya anteng kek patung Pak Sudirman di alun-alun. Trus pas kemaren Oyen mbikinin kopi Pak’e kok cuman diserot airnye, biasanya pan sama sendoknye, eh salah, biasanya pan sambil senyum sama anaknya wedok, trus mbilang ”Hmmm… kopinya manis kek anak wedok”, mbikin Oyen ikutan senyum, karena kagak tauk dibelakang ditambahin, ”Dan item kek anak wedok…xixixixixi”, beuhh… untung Oyen kagak denger dah.

Trus pas nonton TV bareng tumben Buk’e kagak ngerebut remotnya, biasanya pan kalo Pak’e nonton balap motor Buk’e sigap ngerayu wat mindahin sineteron idolanye ”SUAMI-SUAMI MUSTI SAYANG ISTRI SABAN HARI”. Eneh nontonnya aje jauh-jauhan, Pak’e di bawah TV, Buk’e di belakang TV, doh! Ada apa gerangan cintah…?!!!

Akhirnya Oyen nyewa detektip gak mutu Kampong Jengkol, sape lage kalo bukan si Jae. Mumun sementara lagi libur, ngurusin suami barunyah. Si Jae dan Oyen pun beraksi bak James Bono, detektif legendaris Kampong Jengkol nyang pernah ngungkap kasus pembunuhan kambing pas lebaran haji beberapa poloh taon nyang lalu.

Pertama Oyen ngumpulin data ma fakta, sejak kapan Pak’e dan Buk’e berubah? Trus ngewawancara tertutup di WC umum sama saksi mata dan saksi idung, sapa tauk pernah nyium gelagat mencurigakan, dan terakhir… ya nanyak Pak’e ma Buk’e langsung pastinyah (penonton : jiah, kenapa pake muter-muter dolo? Oyen : biar panjang ceritanyah, kek gak tauk leubaynya Oyen ajah, beuhh).

Dan berdasarkan data dan fakta yang berhasil terendus sama idung mancung Oyen, ternyata Pak’e berubah konon sejak burungnye demen muntah, gak demen berkicau lagi. Akhirnya Oyen ma Jae menginpestigasi entu burung, kenape sekarang demen muntah?

”Emang cara nginpestigasi entu burung pegimane Yen?” Inilah Jenab, detektip yang seringnya kagak tauk musti ngapain

”Ya kite cari tauk, barang apa nyang mbikin entu burung muntah, nyang jelas barang-barang nyang baru ada dirumah sejak gejala muntah terjadi, trus kite deketin entu barang ke burung, nahhh… jadi ketauan pan asal musababnya”

”Jangan-jangan entu burung ngidam Yen, cek urinnya aje Yen” hedeh, ngasal neh anak

”Pegimane bisa ngidam, burung perkututnye Pak’e cuman atu, emang selingkuh ma sape?!. Kagak mungkin ma burung tetangge, pan saban hari disangkarin ma Pak’e” kate Oyen yakin

”Iye ye, sama eLo kagak mungkin ya” beuh, sekali-kali ngomong mutu ngape

Akhirnya rencana Oyen pun dijalankan, entu burung dicekokin ma barang-barang nyang kira-kira mbikin die muntah, dan ternyate… entu burung alergi sama bauk pu’un jengkol nyang ditanam Buk’e di pekarangan depan rumah. Akhirnya Oyen pun minta Buk’e wat nyingkirin entu taneman di belakang rumah biar burungnya Pak’e gak muntah-muntah lage, nyang mbikin Pak’e uring-uringan. Dan alhamdulillah setelah beberapa hari, entu burung akhirnye kagak muntah-muntah lage.

Tapi ternyate sodara-sodara, Pak’e ma Buk’e masih terlibat perang dingin, gak pernah perang panas lage. Hedeh, akhirnye rencana kedua pun dijalankan. Ditanyalah para orang-orang terdekat Pak’e dan Buk’e. Konon kate si Pak Dhe, Pak’e akhir-akhir eneh demen berendem di kolam renangnye Emak, wat ngilangin bauk menu jengkol bikinan Buk’e nyang asepnya demen nempel di badan kagak ilang-ilang. Trus konon kate Kakek, Buk’e pengen ditraining gimane caranye masak dan makan jengkol, tapi gak bauk jengkol, karena konon Pak’e jadi alergi deket sama Buk’e karena bauk jengkol nyang menyengat. Ouw..ouw.. akhirnya ketemu sudah jawabannya…

Kini saatnya Oyen menjalin persatuan dan kesatuan kek TVRI, eh mendamaikan Pak’e dan Buk’e mangsudnyah. Oyen akhirnya mau dimasakin apa aje, asalkan disediakan kecap, saus, ma bumbu tabur rasa jengkol, jadi Buk’e kagak perlu masak jengkol lagi dan Oyen tetep bisa makan apa ajah tapi dengan rasa jengkol sekalipun ala kadarnyah. Atribut khas jengkol pun dari pajangan, poster, lukisan, dan apapun nyang ada isi jengkolnya sekarang cuman nangkring di kamar Oyen. Akhirnya Pak’e dan Buk’e pun lengket lage, dan mangkin sayang sama anak wedok nyang tjakep eneh, karena udah mbikin semuanya jadi aman terkendali, kagak lagi terlibat konfrontasi dan beradu argumentasi, dan masing-masing ngerasa bener sendiri, Doh! Jangan sampe dah, gara-gara jengkol rumah tangga jadi jebol, ape kate Pak Re Te?!!!

Yah, Oyen jadi semangkin ngarti dah, kadang masalah sepele bisa memicu disintegrasi keluarga. Ituh mangkanya masing-masing harus punyak komitmen kuat untuk saling ngejaga ikatan suci entu. Komunikasi entu perlu, kadang juga musti saling ngalah, kalo masing-masing ngerasa bener sendiri seh ya kagak pernah nyatu akhirnya. Karena satu hal nyang musti diyakini, setiap masalah entu punyak solusi, kalo kite kagak nyerah dan mau usaha nyari. Begetu ye… hikmahnya jengkol itu… eh…keluarga itu musti dijaga, karena surga dunia entu keluarga yang penuh cinta… xixixixi…

***

Jenab : “Jangan ampe ketok palu cerai Yen, soalnyah eLo bakalan telantar, karena gak ada satupun nyang minat ngebawa eLo…”

Oyen : “Apalage elooooo………….. Berattttttttttttttttttttt…

Posting paling bau ini pastinya saya ikutkan dalam kontes kecubung tiga warna BlogCamp. Ini adalah bagian akhir dari tiga tulisan “Mencari Jalan Terbaik“. Nyang pertama dibikin Pak’e dalam episode “Jengkol Bikin Dongkol” dan nyang kedua dibikin Buk’e dalam episode “Anak Semata Wayang

54 Comments leave one →
  1. nDuk permalink
    19/03/2011 08:07

    Sukses untuk BEO !! yeeaah…. \m/

    :mluncur mule:

    • Oyen permalink
      28/03/2011 15:05

      makaseh nDuk, nek menang tak kasih tulang bandeng rasa jengkol:mrgreen:

  2. 19/03/2011 09:32

    dari tempatnya Pak’e & Buk’e.. meluncur kesini…

    Semoga menang.😀

    • Oyen permalink
      28/03/2011 15:05

      terimakasih dukungannya, semoga tidak kecewa😀

  3. 19/03/2011 11:17

    Asli, bukane tutup idung lantaran bauk, malah nyengir melulu sepanjang baca postingan ini. Hehehe….kayaknya baru tau ada sinetron Suami-suami sayang istri saban istri, keknya maksa dot com deh. tapi bagus juga tuh sinetron,

    • Oyen permalink
      28/03/2011 15:06

      sinetron jadul nyang gak tamat2 Bi😀

  4. 19/03/2011 11:43

    Owalah yen, sadar nduk…
    Jangan sampai hobi makan jengkol kamu melahirkan broken home yang merugikan kamu dan calon jabang bayimu. Hihihi…

    • Oyen permalink
      28/03/2011 15:07

      udah sadar Pak, kagak pingsun😀

  5. 19/03/2011 14:03

    Anak baik!!!
    Kereeeennn!!!🙂

    • Oyen permalink
      28/03/2011 15:07

      xixixixixi… cape dolo donk😀

  6. 19/03/2011 17:26

    BEOnya kkompak dah mbikin tulisannya

  7. 19/03/2011 19:02

    Terima kasih atas partisipasi sahabat
    3 artikel telah saya baca dengan tuntas.
    Grup anda akan segera di daftar sebagai peserta
    Silahkan cek di page Daftar Peserta Kecubung 3 Warna
    newblogcamp.com
    Salam hangat dari Markas BlogCamp Group – Surabaya

    • Oyen permalink
      28/03/2011 15:08

      makase Dhe *awas nek kalah👿

  8. 19/03/2011 23:43

    beuuh, nda jadi kayak anaknya ahmad dhani ya yen, he

  9. 20/03/2011 07:10

    akhirnya perdamaian …perdamaian…., tapi tetap hidup jengkol ya Yen

    • Oyen permalink
      28/03/2011 15:10

      he eh Buk, idup Kampong Jengkol😀

  10. 20/03/2011 13:53

    Semoga lolos ya ikut kontesnya….

  11. 20/03/2011 15:17

    saya juga berpetualang ngikutin jejak jengkol dari Pak e, Buk e dan wedok e🙂
    sukses yaa trio bio..

  12. 20/03/2011 20:12

    akhirnya………………damai juga walau tanpa jengkol
    tapi, gimana ya kalau kangen lagi sama jengkol yg asli, gak cuma sekedar bumbu tabur rasa jengkol dowang ? 😛

    Semoga sukses di kontes K3W ini Mbak Oyen sayang……………🙂
    salam

    • Oyen permalink
      28/03/2011 15:11

      gampang Bun, tinggal nyamper ke rumah Bunda, pan uda punyak kebon jengkol😀

  13. 20/03/2011 21:58

    moga menang pak’ee!!!! udung dukung !!!! oleee oleee oleee *pake baju rumbay2 kek cirlider*

    • Oyen permalink
      28/03/2011 15:12

      makase, udung emang baek dah😀

  14. 21/03/2011 01:46

    oyen emang oyeh dah🙂 kenalin ama jenab dunk biar jadi fasilitator supply Jengkol ;))

    • Oyen permalink
      28/03/2011 15:13

      bayar dolo, baru Oyen kenalin😛

  15. 21/03/2011 09:27

    Haha… siapa yang mau repot2 membawa Oyen??
    Semoga sukses di K3W ya…🙂
    Memang keluarga BEO ini anti biasa😀

  16. 21/03/2011 09:42

    siip dah yen…aye seneng ada anak nyang pengertian kaya oyen…hidup oyen keyen…

    • Oyen permalink
      28/03/2011 15:14

      xixixixxii.. yah, beginilah Oyen😀

  17. 21/03/2011 15:32

    huwaahahaha… lucu ceritanya… ehh btw di tangan oyen ini ceritanya jd berubah betawi ya, padahal yg sebelum2nya jawa tulen, hihihi

    • Oyen permalink
      28/03/2011 15:15

      tauk tuh, kok bisa ye bapak ibuk jowo anaknye betawi, hambuh🙄

  18. 22/03/2011 21:26

    Nah…selesai juga baca karya BEO tiga2nya… Apik, lain dari yg lain… Semoga sukses di K3Wnya ya…
    Salam kenal Oyen

    • Oyen permalink
      28/03/2011 15:15

      makase, salam kenal juja bUk😀

  19. 23/03/2011 10:08

    Seperti biasa …
    Paragraf terakhir …
    itu cuma Oyen nyeng punya …

    salam saya Yen

  20. 23/03/2011 15:11

    Oh, beginih ye akhirnye ntu sinetron jengkol?? hehehe…
    betul, keluarga harus dijaga keharmonisannya, harus saling mengerti dan saling menghargai..🙂

    Sip, walaupun agak terlambat, Juri Kecub datang,, untuk mengecup karya para peserta,, mencatat di buku besar,, semoga dapat mengambil hikmah setiap karya dan menyebarkannya pada semua…

    sukses peserta kecubung 3 warna..🙂

    • Oyen permalink
      28/03/2011 15:17

      makase bu Juri nyang cakep kek Oyen😀

  21. 24/03/2011 15:40

    hahaha..lucu nih… Mau makan apa aja asal bumbunya beraroma jengkol..hihihi..
    Good luck! Mega menang, Oyen.
    Salam kenal yah… Soale kita saingan dalam K3W😀

  22. 26/03/2011 14:55

    Sukses dah yen, semoga menang

  23. 27/03/2011 11:16

    Bahkan aroma jengkol pun ternyata bisa memicu keributan rumah tangga:mrgreen:

    Kisah telah disimpan dlaam memori untuk dinilai.
    Salam hangat sselalu.

    • Oyen permalink
      28/03/2011 15:19

      Bu Juri cakep dah *kalo Oyen menang …xixixixi😀

  24. 27/03/2011 20:43

    mantep, ini cerita paling unik! ^^sukses mbak…

    • Oyen permalink
      28/03/2011 15:20

      adik tingkat wajib ngedukung👿

  25. Juri kecub 2 permalink
    28/03/2011 01:43

    Keutuhan rumah, nyak, babe sama anak harus tetap menajdi yang terpenting. Jangan sampe bubar hanya gara-gara hongkong saja, sepele tapi jadi rumit. Jengkol itu ya harus tetep ada meskipun hanya sebagai pajangan plastik supaya burungnya tidak muntah😀 wakks
    Cerita sudah dicatat dalam buku besar juri, terima kasih

    • Oyen permalink
      28/03/2011 15:21

      makase Pak Mandor, selamet ye udah jadi juri😀

  26. 28/03/2011 10:10

    Salam Takzim
    ada nyang nulis name Jenab jadi kemarii deh karne aye ame om om lagi ngebahas si Jenab
    salam Takzim Batavusqu

    • Oyen permalink
      28/03/2011 15:22

      Jenab jangan ampe tahu, entar die minta royalti :ssssttttt:

Trackbacks

  1. metaMARSphose » Jengkol Bikin Dongkol
  2. Anak Semata Wayang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: