Skip to content

Nyontek kok Juelek

10/05/2012

Ngulik jaman sekulah terlalu buanyak pengalaman nyang mbikin terharu, tergugu, dan pastinya TER LA LU! Dan eneh salah satunya (dari sekian buanyak dimana salah sekiannya sudah pernah Oyen publikasi di beberapa nomor edisi majalah jengkol Nyus nyang mpe saat eneh belon sempet terbit udah terbenam)

Konon kalo gak nyontek gak berasa sekolah (anonim, 1200 SM), maka sebagai pelajar nyang ngerasa sekolah, Oyen jaman Se Me Pe juga pernah melakukan perbuatan nyang sesungguhnya amat sangat tercela tapi parahnya mbikin banyak siswa terlena, yaitu tak lain dan tak bukan adalah NYONTEK!

Pada suatu masa dimana Oyen masih imut-imutnya, Oyen udah berniat dalem ati nyang pualing dualem untuk bersungguh-sungguh mencontek. Kali eneh perinsip begitu kuat tertanam dalam jiwa, niat begitu tulus terpatri dalem ati, dan cara begitu biasa terlatih dengan sendirinya. Dibikinlah tulisan ngirit tapi satu buku tercatat komplit. Disusunlah teamwork nyang solid nyang dengan ikhlas nyusun kode berkait, meja tulis dan tembok pun tak ketinggalan penuh coretan berbait-bait. Oh, indahnya dunia (kate syaiton-syaiton nyang duduk di sebelah).

Sampai akhirnya, ketika nilai ulangan dibagikan, ternyata hasil tak sesuai harapan. Lima kali nyontek, enem kali juelek, dan berkali-kali gak nyontek, ternyata berlaut-laut tetep juelek. Maka saat itu Oyen putuskan, NO MORE NYONTEK! Sama jueleknya, mendingan gak nyontek. Dan dengan berbangga hati, Oyen kalo ditanya “Kok nilainya juelek!”, Oyen jawab dengan nikmat, “Juelek-juelek gene kagak nyontek, asli dan original usaha ndiri”, lalu kate nyang lain lagi “Tapi si Kokom kagak nyontek bagus tuh nilainya!”, eh iya ya… (bilang aje Oyen kagak pinter kek si Kokom).

Dan Alhamdulillah, sekalipun nilai ulangan gak sebagus kawan-kawan, tapi ternyata nilai kelulusan lebih dari teman-teman kebanyakan (padahal belajarnya juga gak rajin-rajin amat…xixixixi). Dolo, sejak Se Me Pe semangat gak nyontek karena “Nyontek gak Nyontek tetep Juelek, jadi mending gak Nyontek”, tapi setelah dikit-dikit ngarti agama, semangatnya “Sekolah itu Ibadah, dan Ilmu gak bakalan berkah kalo jalannya ngelanggar syariah!”, dan hanya Ilmu nyang halal dan bermanfaatlah nyang bakal jadi amal jariyah kita nantinya. InsyaAllah…

Wat nyang lage ujian, selamat berujian, gak usah panik, gak usah grogi apalagi gemetaran bin kejang-kejang. Nyang penting niat sekolah wat ibadah, nuntut ilmu nyang manfaat karena Allah, bukan sekedar nyari nilai ujian, kelak Allah juga nyang bakal nunjukin kite jalan nyang terbaik…

Jadi, jangan pernah sia-siakan masa depan ya,nyang bakalan keliatan bentuknya sejak masa sekarang… cayo!

9 Comments leave one →
  1. 10/05/2012 20:57

    ayo update Yen…

  2. 11/05/2012 08:30

    “Sekolah itu Ibadah, dan Ilmu gak bakalan berkah kalo jalannya ngelanggar syariah”
    Quote of the day,, setuju banget mbak oyen

  3. 11/05/2012 15:08

    aku paling anti banget dulu waktu jaman sekolahan nyontek gengsi banget gitu…he..he..

  4. 11/05/2012 15:50

    Ikut menyimak ya Umminya Fira. Semboyan peneliti ya: boleh salah namun gak boleh data bohong alias contekan. Salam

  5. 11/05/2012 17:11

    aamiin, semoga ilmu bermanfaat Akan jadi amal jariyah

  6. 14/05/2012 14:43

    Eh…kalo aku…ehh…mmm…nyang dicontek lho😳😛

  7. 14/05/2012 16:53

    Saya juga dulu pernah nyontek, tpi karena jantung gak kuat, deg2an, muka pucat bin keringat yg akhirnya sering ketahuan, ya sdhlah diakhiri saja kariernya sebagai tukang contek. Salam kenal ya Mbak🙂

  8. 16/05/2012 09:36

    Nasihatmu bagus kali ini
    salam sayang selalu

  9. 22/05/2012 20:41

    pernah sekali nyontek, waktu duduk di pojok kelas dibawah jendela..lagi khusyuk2nya ngeliat buku catatan matimatika sambil dag dig dug serr eeh tiba2 plak! pala ane kena timpuk buku dari guru matematika yang ternyata udah dari tadi berdiri di luar kelas persis di jendela ane…wuaaahahhaa..kapook

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: