Skip to content

eMbah Sutar

07/06/2012

“Ngadep mriki Mbah, arep tak potooo?”

“Halaaah, mboten usah Mas, gopak susur kok arep dipoto”

“Yo rak popo, apik kok”

“Ajeng ge damel nopo to Mas?”

“Arep tak pajang”

“Dipajang teng pundi?”

“Ning kamar mandi to, ge medeni coro”

“kekekek… Mas Oyen…Mas Oyen”

 

*

Ituh namanya eMbah Sutar, generasi paling tua di kantor Oyen. Hlah? Kok kagak pengsiun? eMbah Sutar pegawai lepas, jadi kagak ada pengsiun. Selama si eMbah mau dan kuat, ya masih tetep boleh kerja dimari. Kerjaannye ngebantuin temen-temen di bagian hortikultura (tauk kagak hortikultura apaan? Tanyak aja ma Bude Prih, Oyen juga lupak…xixixixixi). Ya kayak ngebantuin nanem bibit duren, nanem bibit lengkeng, nanem bibit jambu, getooo.

 

Kalok lage istirahat hobinye nyari kayu kering, wat nyalain pawon di rumahnye (tauk lage gak, pawon ituh apaan? Coba tanyak eMak, pasti juga kagak tauk). Jadi kalo pulang kantor siang harinya, pasti uda ngegendong seiket kayu kering. Cemilannye susur, ituh permen rasa sirih ma apa lage adonannye Oyen lupak (coba tanyak Mbahkung, kale pernah nginang juja). Sekarang hobinya nambah atu lage, demen nyiumin dedek Fira nyang ngadem di belakang kebon, padahal uda berkali-kali Oyen peringatin,

 

“Mboten usah diambung, ndak mambu kinang”

“kekekek… mosok karo buyute ra oleh ngambung, Mas Oyen ki piye”

“Sitik ae, engko pipine njlepret abang kabeh lho”

“Kekekek…ora ora…” buteettt…untung si dedek menikmati dah entu bauk susur.

 

Eh, ngemeng-ngemeng kok manggilnye Mas Oyen seh, bukannya Oyen udah pasti eMak-eMak yak? Jadi begeneh, Mas ituh panggilan hormat orang jawa, dari kate “nyimas”, cuman disingkat jadi Mas dowang, jadi mangsudnya manggil orang perempuan nyang dihormatin getoo.

 

“Mbah, potone mpun tak pajang ning blog lhoo”

“Blog niku nopo Mas?”

“Niku lho, omah-omahan ning jero internet, dadi potone Mbah Sutar saged dipirsani wong pirang-pirang, sak donya, kados artis Mbah”

“Heh, artis niku nopo Mas?”

“Artis ki yo sing potone onten teng pundi-pundi, kados Mbah Sutar niku”

“Kekekekek… sak karepe Mas Oyen mawon”

 

Eh, eh. eMbah Sutar anaknye berapa? Tinggal dimana? Sama sapa? Punyak sapi ma kambing kagak? Sawahnya berapa hektar? Uda berapa usiane? Berapa nomer hapenyah? Hedehhhhhhhhhhhhh…. Kalo mo tauk Lo kemari aja dah, gangguin Oyen ajah. Udah ah, Oyen mo kerja lage, malu sama eMbah Sutar nyang uda tua masih semangat ngerjain apa ajah…

 

Sekian dolo ye… met Kamisol semuah…:mrgreen:

 

17 Comments leave one →
  1. 07/06/2012 07:51

    Mbah sutar tampaknya masih energik sekali, ya?. Apa gara-gara rutin mengonsumsi permen rasa sirih, ya?.

  2. 07/06/2012 07:55

    bacanya harus diulang2 nih maklum gak sampai hehehe

  3. 07/06/2012 08:50

    salam buat mbah Sutar ya mpooook ^^

  4. 07/06/2012 10:16

    Keteladanan semangat kerja tinggi dari eMbah Sutar, ndherek titip mas Oyen ugi buyut Fira nggih Mbah. Salam

  5. 07/06/2012 11:38

    masak di pawon, bakar ubi manis bareng mbah sutar yang juga manis..

  6. 07/06/2012 11:41

    Mbah Sutar kuwi apane Mbah Sumar?

  7. 07/06/2012 20:11

    Dulu aku juga pernah dipanggil “Mas” waktu main-main ke Sleman. Aku rada tersinggung, wong ayu nggemesin gini kok dipanggil mas-mas, jadi berasa macho gitu😥
    Ternyata nimas to😛

  8. 08/06/2012 14:59

    Salam Takzim
    ikut Orin salamin ya
    Salam Takzim Batavusqu

  9. 08/06/2012 18:17

    Pasti lebih jago mbah nanem lengkeng,
    nyimas Oyen taunya mah nanam jengkol doang

  10. 11/06/2012 16:12

    Mbah… kebayanye size-nya apaan?
    Hehehe…

  11. 11/06/2012 18:41

    piye kabare dab!

    mesakno mosok di poto nggo medeni coro…😀

  12. 11/06/2012 20:46

    mbah sutar gadah putu wedok mboten mbah? qiqiqiqi
    salam buat si mbah

  13. 12/06/2012 09:56

    Saya juga sok dipanggil mas sama embah2, tapi dari nakmas..
    Mbah Sutar sehat yaa.. Semangat pula. Terus sehat ya mbah..

    Ntu eMak tau pawon itu apa.
    Hortikultura itu rumahnya boneka Horti..
    Susur ntu….kalau Ibuku dulu nyebut tahu isi dengan tahu susur, mungkin karna isinya tauge, jadi semrawut kaya susurnya mbah Sutar..

  14. 12/06/2012 11:41

    Oyen, udah aktif ngeblog lagi ternyata…
    gimana, denger2 udah ada anggota ketiga dalam keluarga? hehe… maaf telat banget gak apdet sama beritanya Oyen🙂

    • 12/06/2012 11:43

      ohiya, salam buat Mbok Sutar…
      ya kita2 yang masih muda ini lah yang harus senantiasa menghargai keberadaan mereka para sesepuh.. mereka butuh merasa dibutuhkan…🙂

      • 12/06/2012 11:58

        maturnuwun mampirnya Jeng Anna *halah

        pripun kabare? mugi2 sehat semua… amiiinn..🙂

Trackbacks

  1. Kepada Ummi.. « LJ.returns

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: