Skip to content

Utang si Encang

17/10/2012

Beberapa masa nyang lalu….

Tukang kredit : “Ini rumahnya orang ini kan?” sambil ngeliatin poto lalaki berambut aneh sama Oyen

Oyen : “Iye, kenape dan ada ape Pak?”

Tukang kredit : “Bilangin ye utangnye sejak jaman kuliah belon dibayar” Lah!

Oyen : “Berarti bapak salah alamat, Ncang Oyen kagak pernah kuliah ye, orang Se Me A aja nilainya merah semua, mana mungkin bisa kuliah” ngeles dah

Tukang kredit : “Pokokna kalo ketemu orang inih bilangin ye, udah ditagih sama tukang kredit, kalo ampe besok kagak bayar, rumahnye bakal Aye sita!”

Oyen : “Yeee… bapak salah lage, Ncang belon punyak rumah. Mo dapet warisan kagak jadi, soalnya asetnya babe udah dijual semuah” sebel dah lama-lama

Tukang kredit : “seterah, kalo kagak mo bayar, situ yang bakal Aye bawa!” sambil mendelik  dan mbikin Oyen mengkeret nyalinyah. Pasrah.

.

Beberapa waktu nyang lalu lagih….

Tukang Bank : “Premisi, apa ini rumahnya orang ini?” tanyak si tukang bank sambil ngasi poto, lagi-lagi potonya Encang

Oyen : “Hedehhh… bapak temennya tukang kredit kemarin ya, kok sama-sama bawa potonya Encang” protess Oyen kalah tenar sama Encang

Tukang Bank : ”meneketehe, nyang jelas Aye kemari mo nagih utang, uda 2x lebaran haji nih orang kagak bayar utang”

Oyen : ”Emang berape utangnyeeee…” ngebet amat nih orang

Tukang Bank : “Rp. *********….dst” Blaik! Kejengkang dah Oyen

Oyen : “Rebes! Entar Aye bayar!” ngecap dolo aje

Tukang Bank : “kapan?”

Oyen : “Ya entar, kalo Ncang uda pulanggg!!!” hedehhh, kagak pulang2 nih orang

Tukang Bank : “Emang kapan pulangnya?” Bleh, berasa pengen kentut

Oyen : “Ya entar kalo Encang uda punyak uangggggg” sekali lagi nanya awas ya

Tukang Bank : “trus kapan punyak uangnyaaaaa….!!!” Jiah, ikut-ikutan sebel tuh orang

Oyen : “ Ya entarrrr… kalo ada yang mau ngutangin Encang lageeeee…!” Brak! Kabur dah tuh orang liat taring Oyen nyang bauk jengkol

….

“Barangsiapa nyari Encang, die lagi syuting pelem di holiwut, gak usah kowater, kalo uda jadi bintang, semua utang bakal di bayar”

Bejibun kali didatengin tukang nagih utang gak jelas nyang nge penz buanget sama Encang, akhirnya di depan pintu Oyen tempelin gambar diatas dah, berharap kagak ada nyang gangguin lagi. Mending nyang dateng gemerlap kek Dudu harlino, minimal bawa sembako geto. Hedeh, ini udah mah gak diundang, datang gak bilang-bilang, tauk-tauk datang nagih utang, mbikin kepala Oyen berkunang-kunang, ampe mual dan  pengen lari ke empang, trus nongkrong sambil ngilangin galau… *ceile. Karena Encang ngikutin Bang Toyib kagak pulang-pulang, akhirnye temen-temen gawulnya Oyen hubungin dah, kali aja tauk keberadaan Encang, tapi ternyatah jawabnya sama semuah,

“Lah, Aye juga lagi nyariin Encang Lo, bilang yak ke Encang, kalo uda pulang utang nya beli beli nasi kucing sama tempe mendoan belon dibayar, Aye tunggu ye?” Hlah! Kenapa semua jadi nagih utang begeneh.

Akhirnya, Pada suatu hari, ditemukanlah si eNcang ngadem di rumah Bang Juki. Dan biar mau pulang dan kagak jadi bunuh diri (halah, liat kecoa aja jijay, sok iye mau bunuh diri), dijanjikanlah utangnya bakal dilunasi. Akhirnya rumah mewah di pantura sanah dijual sudah, Alhamdulillah ternyatah masi ada sisa, cukup wat modal usaha, dan nyang penting utangnya sudah tiada…

….

Ituh jaman dulu ye, sekarang si Encang uda dipanggil juragan sama si Encep. Yang jelas masa lalu jadi pelajaran nyang berharga wat Encang dan Oyen sekeluarga…  Kalo kate Oyen seh, Lebih baik gak punyak utang, daripada gak punyak duit, eh, lebih baik punyak utang daripada gak pake *utang (genduk.mode.on)…hedeh….!!!!

9 Comments leave one →
  1. 17/10/2012 11:17

    Ibarat roda, kehidupan ini berputar ya, Mpok? Dulu jadi ‘buronan’ penagih utang, sekarang jadi juragan. Begitulah, banyak faktanya. tapi apapun itu, pastikan bahwa apa yang kita hadapi hari ini, syukuri dan jalani dengan sabar.

  2. 17/10/2012 11:20

    eMak mo pinjem modal sama encang..

  3. 17/10/2012 11:44

    udah jadi juragan ya si encang, berarti udah gak punya utnag lagi ya sekarang🙂

  4. 17/10/2012 15:43

    Biasanya para juragan itu, gede-gede utangnya..

    Mpok, mending ngutang daripada nggak pake k*tang..hihihi..

  5. 17/10/2012 19:18

    mengENCANGkan ikat pinggang
    mengENCANGkan itu kata dasarnya adalah ENCANG
    Catet Yen

  6. 18/10/2012 10:24

    wah, Encang hebat yaaa? bisa beralih dari orang yang utangnya bejibun jadi juragan… keren.🙂

  7. 19/10/2012 18:40

    kl gitu giliran sy mau minjem duit ke encang😀

  8. 23/10/2012 19:41

    Hehe… Alhamdulillah encang udah jadi the have sekarang😀

  9. 31/10/2012 19:39

    bunda mau minta ditraktirin infus sama encang………
    minta lho ya …bukan ngutang………………..bilangin encang ya Umi🙂

    kalau gak, minta alamat lengkap encang aja deh …….. hahahaa😀😀
    salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: