Skip to content

Bauk eMbah Uyut

08/05/2013

Udah barang yang lazim bin lumrah, warga kampong dimari kalo badan rada gak enak dikit, biasanya dioles-oles ataupun dikerok-kerok. Ada yang pake minyak kayu putih, minyak telon, minyak tawon, minyak jelantah (ituh minyak goreng bekas, kadang bekas goreng jengkol juga dipake) dan bahkan minyak tanah! (untunglah Oyen belon nemu nyang pake bensin atopun solar, kebayang kalo punggungnya kelempar kembang api, apa gak mleduk tuh…hedeh!:mrgreen: )

Naah, termasuk juga eMbah Oyen, yang berarti eMbah Uyutnya dedek Fira. Dulu, eMbah Uyutnya Fira paling demen yang namanya pake minyak tawon. Oyen dulu kagak tauk lho, kalo minyak yang dipake eMbah ituh minyak tawon namanya. Dulu Oyen nyebutnya minyak ‘eMbah’, karena hampir tiap hari pake minyak tawon. Konon kate eMba mbikin badan ‘rosa’ lagi. Nah, gara-gara bauk minyak ini sering dipake eMbah, dan akhirnya mbikin eMbah bauknya sama dengan minyak ini, akhirnya Oyen nyebut dengan minyak ‘eMbah’, pokokna setiap kali Oyen deket-deket sama eMbah Uyutnya Fira jaman dulu, selalu bauknya minyak tawon… srnggg….. getu.

Sampe dulu ketika setiap kali Oyen kelayapan di kebon, pas nyium tuh bauk minyak tawon, musti celingukan, sapa tauk eMbah Uyut ngintilin Oyen dari belakang. Soalnya eMbah paling kagak demen liat cucunya pada nyolong kopi, cengkeh, jengkol, pete, duren, rambutan, jambu dan lengkeng milik kebon tetangga. Walaupun kalo ketauan ya cuman dikejar-kejar dowang sambil ngacungin ranting jengkol kering. Trus kita, cucunya yang badung-badung inih (Oyen cuman dikit badungnya) bakalan lari trus ngumpet ato manjat pu’un sambil nunggu si eMbah pulang balik… xixixixi.

nih penampakan minyak tawon yang fenomenal ituh :)

nih penampakan minyak tawon yang fenomenal ituh🙂

Itu kisah dulu ya, jaman Oyen masi imyuuut, belon lulus eS De, jaman eMbah masih ada. eMbah sudah berpulang waktu Oyen Se Me Aa, kalo gak salah uda 90an taun usianya, uda punyak 7 turunan (jadi cucunya eMbah ada yang uda punyak cucu juga…heheu), dan cicitnya uda bejibun. Tapi setiap kali nyium bauk minyak ‘tawon’, Oyen selalu keinget eMbah. Keinget kerja kerasnya yang sering numbuk kopi sendiri, keinget seringnya ngingetin cucu-cucu badungnya, keinget susurnya yang selalu nempel di bibir, dan keinget suaranya yang nyaring kalo lagi manggil-manggil cucunya, entah mau dimarahin, entah mau dikasi uang jajan.

emang ya, eMbah dimana-mana sama, sayangnya luar biasa ke cucu-cucunya, sekalipun badung nya setengah idup. Al fatihah dan doa untuk eMbah….

Tulisan ini diikutsertakan pada Giveaway Cerita di Balik Aroma yang diadakan oleh Kakaakin

12 Comments leave one →
  1. 08/05/2013 14:15

    nah aku selalu sedia minyak tawon dirumah, kalau jatuh atau kejedot olesi itu. Pernah uga digigit serangga langsung diolesi itu

  2. 08/05/2013 14:32

    bau nini2 ya Yen…,
    itu kalau kami nyium aroma minyak angin

  3. 08/05/2013 19:44

    Bau embah uyutnya khas banget tuh. Kalo maen petak umpet, pasti embah kalah. Udah ketahuan dari baunya. Hehe…
    Terima kasih atas partisipasi Sahabat pada Giveaway Cerita di Balik Aroma. Sudah tercatat sebagai peserta.🙂

  4. 09/05/2013 05:35

    cerita kenangan manis biasanya akan melibatkan nenek ya Ummi.. eMak jadi inget punya banyak salah sama Amak (neneknya eMak), .. Alfatihah dan doa buat Embah dan Amak.

    eMak suka tulisan ini.. banget!

  5. 09/05/2013 11:09

    aku bner bener gak tahan tuh sama baunya minyak tawon yang tajam….
    gak kuat deh

  6. Sofyan permalink
    10/05/2013 14:00

    Ternyata minyak tawon sudah terkenal sejak dulu ya, Mbak. Hmm…ketinggalan jaman nih aku, aku baru tau sekitar tahun 2000 an lo, hehehe🙂

    Matur nuwun atas partisipasinya, Mbaak, sudah tercatat sebagai peserta🙂

  7. 13/05/2013 12:29

    Saya suka bau minyak tawon ini, tapi suamiku tidak. Jadi saya tdk pernah pake minyak ini di rumah.

  8. 14/05/2013 06:28

    Waaaahhh …
    Minyak tawon ini memang banyak jasanya ,,,

    ketika anak-anak saya gatel atau capek-capek …
    biasanya kita baluri dengan minyak tawon …
    dan ini manjur

    salam saya Oyen

  9. 15/05/2013 02:34

    baunya khas banget …

  10. 15/05/2013 13:35

    Itu senjata saya kalau terpaksa naik kereta ekonomi. Sebelum berangkat badan diblonyoh minyak tawon. Di kereta gak bakalan ada yang duduk mepet. Jadinya gak terlalu gerah, dan gak bau keringat orang.

    Salam kenal..

  11. 16/05/2013 13:18

    eyang saya juga masih sering pakai minyak tawon

  12. 24/05/2013 00:08

    berapa harganya itu kang ? =D salam kenal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: