Skip to content

Cita-cita Untuk Bapak

28/06/2013

Bapak pengen anak Bapak ada yang jadi Sarjana
Keinginan Bapak Oyen jaman dulu, kalo gak salah Oyen dengar waktu masi jaman SD. Belum ngarti juga apa ituh sarjana, baru ngeh waktu masuk SMP. Bapak, biarpun wong ndeso, dan hidup apa adanya sebagai pegawai pabrik tekstil, tapi gak pernah ngremehin sekolah anak-anaknya, walaupun direwangi hutang sana sini buat nutup biaya sekolah. Maklum, penghasilan tak seberapa dengan anak 5 yang sekolah semua tentu harus pinter-pinter mengatur pengeluaran. Mamak dulu kadang mbantuin dengan jualan kacang goreng dan mbuka warung nasi.

Setelah anak-anak besar, ternyata mewujudkan cita-cita untuk menjadikannya seorang Sarjana, gak semudah ngomongnya. Karena biaya kuliah tentu tak seperti biaya SD hingga SMA. Berawal dari kakak kedua yang berhasil menembus UMPTN di Unpad, akhirnya kuliah kandas di tahun pertama, tentu saja karena gak ada biaya. Kakak ketiga pun akhirnya tak pernah berpikir untuk melanjutkan kuliah, tentu saja karena kondisi keuangan yang tidak memungkinkan. Mungkin karena kedewasaan kakak-kakak Oyen jaman dulu, mereka gak pernah ‘ngambek’ sekalipun akhirnya gak bisa kuliah. Walaupun, mereka semua adalah murid paling berprestasi di sekolahnya masing-masing. Trus, Oyen sendiri?

Walaupun ngerasa ‘otak’ pas-pasan, dan cukup tauk diri kalo keluarga termasuk golongan ekonomi menengah kebawah menurut BPS, tapi Oyen punya tingkat ‘kengeyelan’ diatas rata-rata. Awalnya Bapak tetep gak setuju Oyen kuliah, alasannya tentu karena biaya. Tapi dasar Oyen yang kebanyakan tingkah, ‘ngambek’ nya keluar dah, sampai demo pasang muka cemberut berhari-hari kalo sampai Bapak gak ngabulin keinginan Oyen buat kuliah. Akhirnya demi anak wedok tercinta, Bapak pun mengijinkan Oyen kuliah, dengan catatan kakak-kakak Oyen pun diminta ikut menanggung beban derita biaya untuk kuliahnya. Yesss !!! Singkat kata Oyen pun jadi mahasiswa, gak pernah mikir Bapak dan Kakak dapat duit dari mana emo-geleng2.

Ternyata, tantangan gak brenti disini saja. Tahun pertama kuliah, Bapak dipanggil olehNya. Mulai mikir dah Oyen, sedikit demi sedikit tingkat kengeyelan hilang dan pasrah jikapun harus mandeg di tengah jalan. Cuman, Gusti Allah kalo sudah ngasi jalan, memang gak ada siapapun yang bisa ngalangin. Akhirnya Kakak kedua Oyen mendukung penuh Oyen tetap kuliah, dan karena pendapatan buat dirinya sendiri pun Oyen rasa masih pas-pasan, maka Oyen cukup tau diri untuk tidak terlalu merepotkannya. Udah gede geto loh, mosok yo nggak sadar juga. Akhirnya Oyen ngajuin beasiwa kesana kemari, Alhamdulillah dapet 5 sumber beasiswa dalam kurun selama 5,5 tahun kuliah. Ditambah ngajar privat sana sini dan mbuka usaha jahit menjahit, akhirnya, jadilah Oyen seorang sarjana…. emo-tepuk

Bapaaakkkkk… Oyen lulus Pakkkk…. Lihat, anak Bapak ada yang jadi Sarjana ! … Cita-cita Oyen dulu adalah bagaimana bikin Bapak dan Mamak bahagia. Alhamdulillah, cita-cita Bapak pun tercapai, akhirnya Oyen jadi Sarjana. Semoga Bapak benar-benar bahagia di alam sana… aamiinn…. Gak cuman satu orang Pak, ada 3 anak Bapak yang semua jadi sarjana, termasuk Kakak kedua. Setelah kakak kedua, kini Oyenpun akhirnya dapat kemudahan melanjutkan gelar Masternya Pak. Alhamdulillah….

Sekarang, cita-cita Oyen tidak semata memperpanjang gelar di belakang nama Pak. Cita-cita Oyen dan anak Bapak yang lain berikutnya adalah menjadi aset akhirat buat Bapak dan Mamak. Seperti janji Allah, hanya 3 yang dapat mengantar pahala amal pada ahli kubur, ilmu manfaat, amal jariyah dan do’a anak sholeh/a Pak. Maka sekarang yang kami upayakan adalah menjadi anak sholeh bagi Bapak dan Mamak, karena hanya kesholehan lah yang jadi jaminan dikabulkan doaNya untuk Bapak dan Mamak.

Semoga cita-cita kami berikutnya, untuk menjadi aset akhirat bagi Bapak dan Mamak, benar-benar menjadi kenyataan. Amin Ya Rabbal Alamiin…

“Diikutsertakan dalam Giveaway Tuppy, Buku dan Bipang di www.argalitha.blogspot.com”

13 Comments leave one →
  1. 28/06/2013 11:28

    Selamat ya, Oyen sudah jadi sarjana sesuai cita2 Bapak🙂 Semoga ilmunya bermanfaat utk semua. Aamiin

  2. 28/06/2013 12:19

    Bapak pasti banggaaa banget sama Oyen..!😛

  3. 28/06/2013 12:49

    wah Bapak pasti seneng mbak.. walau sudah gak melihat mbak oyen pake toga ^^

  4. 28/06/2013 14:51

    aamiin yra..

    wuii oyen udah jadi tukang insinyur dan mau pake master ga pake chef😀

    bapak pasti bangga yen🙂

  5. 28/06/2013 23:13

    Bapak bangga banget tuu…pasti tersenyum di sana🙂

  6. argalitha permalink
    29/06/2013 00:35

    Yay! selamat yaa udah lulus ^^ sekarang, tinggal cari kerja yg pas dan nyenengin bapak dg gaji kamu🙂

    terima kasih, udah terdaftar ^^

    • 01/07/2013 07:43

      gaji gak bakal bikin bapak seneng lagi, gak ada gunanya di akhirat sana😦

      • arthaamalia permalink
        02/07/2013 09:48

        aduuuh maaf bacanya kecepetan🙂
        hanya bisa doa dan jadilah seseorang yang bisa membanggakannya, sebab bapak pasti melihat dari sana🙂

        maaf yaaa, tadi bacanya cepet2. untung saya baca lagi🙂
        maaf

  7. 29/06/2013 01:32

    terharu bacanya … Bapak pasti bangga sekali …
    semoga masternya bisa lancar ya …

  8. 01/07/2013 15:42

    Duh bangganya Bapak…..putri kesayangan beliau melaju ke pencapaian master. Semoga dilancarkan. ….salam

  9. 02/07/2013 15:38

    Semoga cita-cita Oyen yang mulia itu terwujud ya…salam knal…:)

  10. 05/07/2013 15:15

    Sedelo maneh S2 kowe

  11. 06/07/2013 16:35

    terharuuuu banget Mpok, saya bacanya..
    pasti Bapak bangga banget disana sama anak-anak Bapak…🙂

    salut dengan kegigihan keluarganya, Mpok Oyen😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: