Skip to content

Balada Mukena Baru

17/02/2014

xixixixi… (halah, salam ngunu lho smack )
ehiya, Assalamualaikum warahmatullahi wa barokatuh…posting maning ahhh…

Ummi Oyen mau ngomong, esalah, mau nulis tentang sebuah mukena punyak Ummi yang konon sejak mulai demen sholat, kayaknya gak pernah beli pake duit sendiri dah. Beneran! Sumpe! Jenab : emang jaman sekarang ada yang bisa dibeli pake daon Yen? Bukan begeto Nabbb, mangsudnya tetep pake duit belinya, tapi duit orang lain begetoo, alias didapet pake gretongggg, kayak oksigen ma kentut gitu, kan sekarang masih gretong, semoga gak diprivatisasi lagi kayak tanah, air, listrik, minyak yang akhirnya kita musti mbeli dan muahhall… hak*oh my goss

Trus pegimana ceritanya bisa dapet gratisan? Pertama, waktu masi ketjil ada yang ngasi (lupa siapa), dan ampe ituh mukena kekecilan akhirnya ditambal-tambal lagi sama si tante dan tetep cukup ampe lulus SD. Setelah SD, biarpun uda bulukan, tetep gak minat minta dibeliin yang baru, mending minta dibeliin baju apa sepatu daripada mukena, Islam KTP geto loh, rajin sholat cuman pas Idul Fitri ma Idul Adha doang (parah ni bocah). Trus gedean dikit dibeliin sama si kakak, yah lumayan lah, jadi tambah rajin dikit sholatnya, nambah maghrib sama isya’ (Astaghfirullah, jangan ditiru yah). Nah, pas kuliah, ada kawan super baik yang akhirnya nghibahin mukena barunya, mungkin begidik ngeri karena mukena punyak Ummi Oyen lebih kucel dari lap pel tetangga (Alhamdulillah, mukenanya masih bagus loh ampe sekarang, padahal dipake sholat 5x sehari plus sunnah2nya sejak 2003an loh, makasi ye Ncing flower, siapapun dirimu…xixixi).

Dan setelah pulang kampong ada lagi yang ngasi mukena baru, plus sajadah dan Al-Qur’an atas nama mahar alias mas kawin (ihyrrrrrrr… cuit…cuit), iye ada pangeran bersepatu yang ngejanjiin bakalan ngasi seperangkat alat sholat dibayar tunai kalo Ummi Oyen mau jadi Ummi dari anak-anaknya (cuitttt..cuittt… Jenab pengen tuhhh…xixixixi).

Alhamdullillah, mukena ituh setia menemani sampe sekarang, walopun uda ada motif polkadot item di ujung kepalanya, tapi belon ada niatan beli yang baru. Bukan karena gak ada uangnya (pan sekarang uda kaya ceritanya… halah), bukan karena berharap takdir mukena gratisan masih berpihak (ah, semoga ada yang mau ngasih lagi setelah baca ini… *ngarep ra mutu), bukan pula karena aku tak cinta, tapi orangtua yang tak merestui …. (weleh dadi lagune Tomi J. Pisa), tapi karena mukena itu Ummi rasa masih sangat layak untuk digunakan. Kalopun masih dicuci, Ummi biasanya make gamis plus krudung buat sholat, sembari nunggu mukena dari pangeran tercinta kering kerontang dan siap dipake lagih.

Dan ternyatah sodara-sodara, Ummi memang ditakdirkan untuk selalu menikmati mukena gratisan (Ya Allah Ya Rabb, mengapa Kau selalu Tahu apa yang kumau… ihiks). Jadi ceritanya, dedek Fira pan uda demen sholat tuh. Biasanya kalo sholat di mesjid ya Ummi pakein mukena orang gede, atasannya doang tapinyah. Kalo dirumah paling di pakein kudungnya Ummi, itupun masih kegedean. Naaah, si Abi pernah nyeletuk suatu kali “Beliin mukena lah Mi, mesakke angger sholat cuman dikudungin”, trus kata Ummi, “Gak popo Bi, Fira nya juga gak minta kok, eman, entar aja kalo uda 3 tahunan”.

Terereret… ternyata akhirnya muncullah pak Kurir membawa paket berisi mukena tjantique buat dedek Fira, yang ngebikin anak sholeha itu girang bukan kepalang. Siapa kah gerangan tersangka yang mengirimkannya? Owh, sungguh tak Ummi duga, ternyata dari seseorang yang bertemu muka pun tak pernah, hanya lewat sebuk dan kebetulan putrinya satu kampus sama Ummi (makasi mbak Kika, mbak Lila, bunda dan paklik, yang juga pernah mengirimkan convers merah setelah tahu sepatu Ummi gak ada talinya… xixixi).

Yah, Kadang daun memang jatuh gak jauh dari pu’un nya (Jenab: kok daun Yen?. Oyen: soale nek buah, biasanya jauh dari pu’unnya, apalagi nek mbok colong, rak iyo to?), ternyata dedek Fira juga mewarisi kebejoan Umminya… xixixi..

Ummi : “bilang apa uda dapet mukena baru?”
Fira : “maacih”
Ummi :” Alhamdulillah”
Fira :”a amdu I lahh”

IMG_7652

Sekali lagi, terimakasih Mbak Kika, Mbak Lila, Bunda Hapsari dan Paklik Guskar, barokallah…

2 Comments leave one →
  1. 18/02/2014 04:18

    Allhamdulillah, barokah ya mukenanya umi. Kalau aku punya beberapa Al Qu’an juga tanpa beli Umi, kecuali satu Qur’an anak🙂

  2. 20/07/2014 17:29

    Wooh NakOyen sekampus dengan Mbak Kika di Mbulaksendang ya.
    Salam hangat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: