Skip to content

Koar-koar soal Trotoar

06/02/2015

Nasib pejalan kaki yang saban hari kemana-mana jalan kaki sungguh semakin menyedihkan di Kampong Jengkol yang konon gemah ripah loh jinawi eneh. Disini Nih contohnya. Konon kata pelajaran jaman Es De, “apa fungsi trotoar anak-anak?”, maka yang jawabannya kagak dicoret sama Buk Guru pastilah yang jawabannya bener (ya iyalah), iaitu ‘tempat pejalan kaki lewat’. Tapi kayaknya entar kalo dedek Fira Es De kayaknya njawabnya bakal galau neh, apalagi kalo pilihan ganda campuran, a.tempat jalan kaki, b.tempat jualan bakmi, c.tempat ojeg mang Juki, d.tempat parkir mobil pribadi, e. tempat lewat motor yang kagak sabar kalo lagi matjet, f.jawaban a dan b benar, g.jawaban b dan c benar…… (keknya bakal nongol kalo Oyen nyang bikin soal… xaxaxaxa).
.

Baiklah, sekarang memang era kendaraan dan mobil pribadi, maklum kampong jengkol pasar potensial geto loh, apalagi iklim gengsi yang semangkin menggurita di negeri ini. Hadeh, jalan kaki itu udah basiiii…. Liat noh di tempat kuliah Oyen. Showroom mobil dimana-mana, ampe bisa dijadiin sarana belajar warna sama Fira, “itu itam, merah, ijo, putih, biru”, juga bisa belajar ngitung, “Mi, rodanya ada segini”(sambil mbuka 4 jarinya), ada juga buat belajar berimajinasi, “Mi, nanti Piya di depan sama abi, umi di belakang ya”… ampe tiap kali jemput Fira di daycare, sering nyeletuk, “Mi, Piya kok dak punya mobil”, karena semua temannya dijemput pake mobil, si Ummi Cuma nyengir, “kan Piya mau jalan sama Ummi, trus beli eskrim trus naik tansdoja”, girang dah abis itu…xixixixi.
.

Tapi iaituuuu…. Kalo uda dijalan si ummi bakalan sewot kalo ‘trotoar’ dihabisi dengan semena-mena, ampe pernah ada mobil yang nyemprit, Ummi tetep aja jalan santé nggandeng Fira (konon si Ummi udah nulis di diary, jika terjadi sesuatu padaku, trotoarlah penyebabnya #halah). Atau pernah juga nih ya pas ramadhan karena biasanya budaya konsumtif juga semakin meningkat, mbikin Ummi sama Fira gak bisa lewat gara-gara parkir di suatu toko ampe mbludak bahkan ampe di pinggir-pinggir jalan, gak cuman Menuhin trotoar, ehhhh ini si tukang parkir yang gak tahu KUHP pasal sekian ayat sekian tentang hak pejalan kaki, malah marahin Ummi sama Fira, disuruh minggir karena ada mobil yang mau lewat. Si Ummi karena tahu betul ada KUHP pasal sekian ayat sekian tentang hak pejalan kaki (sekalipun entah dimana ituh realisasinya), cuek aja sambil mbilang, “pak ituh motor-motornya pinggirin dolo, baru kite mau minggir, yeee”. Si Fira mah seneng ada bunyi-bunyian, “ituh buni apa Mi”, Ummi: “klakson”, “buni nya ikut Piya Mi?”… iya…xixixixi.
.

Oyen cuman pengen mbilang ye (sapa tauk bapak polisi lalu lintas yang kagak punyak rekening gendut mbaca blog Oyen), gak semua orang itu naik mobilll dan motorr, tetep aja ada sekian koma sekian prosen yang jalan kaki, trus kalo trotoar abis, kite ini mau lewat manaaaaa???? Emangnya Jecki Chan yang gesit banget lewat atap mobil orang di jalanan?, dan ingat baik-baik! Yang punya baling-baling bamboo cuman doraemonnnnn… #sebel. Nek nekat lewat pinggir jalan, bisa mastiin gak itu mobil sama motor kagak nyerempet dan ujung-ujungnya yang disalahin tetep aja yang jalan kaki #nasibnasib
.

Semoga aje pak pulisi lalu lintas yang kagak punyak rekening gendut tersadarkan, bahwa kalo begene terus nyawa Oyen dan jajarannya dalam bahaya, dan semoga mau ngaji, jadi tambah sadar kalo jalan itu masuk dalam kepemilikan umum yang haram kalo fungsinya itu dialihkan, atau tertutupi atau berlubang yang bisa membahayakan nyawa.
#demikiansemogabisamenjadiperhatiankpkdanpolri

4 Comments leave one →
  1. 06/02/2015 17:36

    itu trotoar di mana. Mi..? soale bundo kan sama kaya Piya, musti mlampah dulu baru naik tansdoja..😀

    • 09/02/2015 21:02

      makanya entar jalan bareng sama Piya, jadi taukkk😛

  2. 08/02/2015 22:59

    trotoar sekarnag banyak yang di buat jualan bykan untuk pejalan kaki ya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: