Skip to content

Airrr….

02/01/2016
by

“Bumi, air dan kekayaan alam..bla..bla..bla” keinget pelajaran jaman baheula tentang pasal-pasal di UUD 45, yang musti dihapal diluar jidat kalo pengen dapet nilai bagus, dan dolo musti ngapalin satu-satu maju di depan kelas sama Ibuk guru yang rambutnya kuriting kek Fira, plus butir-butir pancasila sebagai bagian dari upaya pengamalan P4 (lupa kepanjangannya apa). Eh, tapinya kagak mau ngebahas nyang begonoan, cuman mau mbahas ‘air’ nya doang, sesuatu yang pualing di gilain sama Fira.

Kenapa ya rata-rata anak-anak itu demen air? Ada gak yang anti air… kayaknya jarang ya (palingan si Encep doang, nyang dolo kalo disuruh mandi sama eNyak pokoknya keliatan basah ujung rambutnya doang, hadeh), termasuk Fira. Maka jangan heran biarpun hujan suka gak doyan dipayungin ato di mantolin pas naik motor, sering alesan minta ‘cuci tangan’, ‘pipis’ ato ‘eok’, biar ada kesempatan main air di kamar mandi, ato ngeloyor nyari kran air nganggur, dan begitu Umminya nyadar tauk2 udah telanjur basah.

Ni anak juga rajin banget kalo disuruh mandi, dan maunya mandi sendiri, dan kalo kran airnya gak dimatiin dari hulunya, bisa dipastikan gak bakal mau mentas. Paling demen juga ikut nyuci baju sama Ummi ato nyuci motor sama Abi. Ummi juga sempat rada ‘trauma’ dikit pas ngajakin Fira ke pantai, soalnya begitu lepas langsung lari kenceng ndeketin ombaknya, hadehhhh, untung cepet diraih sama Abi, kalo gak Ummi gak ngebayangin dah bakal digimanain sama tuh ombak, pfiuh. Dan pastinya, Ummi sering dibikin harus ngepel, gara-gara Fira demen banget mbuka dispenser ampe airnya kemana-mana. Kalo diajak berenang jangan ditanya, musti gak mau mentas, padahal uda keliatan menggigil kedinginan, beuh. Ni kalo ketauan peramal gak mutu musti bakalan diramal “anda cocoknya kerja di air”, he eh, jadi sponge bob apa patrick geto mangsodnyah *sambil munyung….

Hmmm… tapi si Ummi sih paling gak bisa marahin dia kalo main air, soale musti pasang wajah innocent sambil nanyak, “Mi, mau marah ya?”… ihik, gak jadi Mbak Fira, sok main ajah mpe puasssss… ya Alhamdulillah tuh anak gak gampang sakit, jadi biar seharian main air tetep aja besoknya sumringah kek Ummi pas abis gajian en utangnya lunas. Ummi jadi pikir-pikir nih, jangan-jangan kalo ngajakin Fira renang di Villa Tuscany, gak mau balik lagi ke KJ, trus trus, entar yang njagain KJ sape? Bisa-bisa kebon jengkol nyang berhektar-hektar semakin hilang karena penjarahan nyang selalu di dukung undang-undang (eMak : halahhh…. Kejauhannn Yenn, mampir ke LJ aja belon pernah, ujug-ujug ke Villa Tuscany *bleh).

Alhamdulillah, air masih ada dimana-mana, karunia Allah nyang udah semestinya kite jaga, nikmat Allah nyang udah semestinya kite syukuri, bentangan laut, sungei, danau, mata air pegunungan, sumur, nyang semuanya udah diserahin untuk kite miliki bersama… dan pantang untuk diprivatisasi dan dikuasai korporasi! Dan kelak Fira musti ngarti, air gak cukup untuk sekedar dinikmati, tanpa ikut berperan ngejaga kelestarian bumi! Dan Alhamdulillah, rahmat Allah kini turun dimana-mana… hujan membasahi tanpa pilih kasih mau menetes di rumah dan tanah milik siapa…

Semoga kita termasuk bagian dari hambaNya yang bersyukur… tak lagi dzolim terhadap karuniaNya yang dititipkan pada kita, dan tak lagi berdiam diri melihat setiap kemaksiatan yang ada, apalagi kemaksiatan yang dilakukan oleh korporasi dengan legitimasi negara!

5 Comments leave one →
  1. 02/01/2016 13:31

    Allhamdulilah, kemarau ini juga air masih melimpah

  2. 02/01/2016 15:33

    Villa tuscany sebelah mananya LJ, mi?

  3. 22/01/2016 20:38

    Yuk Fira main ke Kali Taman, Muncul…. Main air lagik….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: