Skip to content

Jajan

02/06/2016

Apa sih yang kadang dikhawatirin eMak-eMak tentang anaknya? Salah satunya adalah semangat nya yang membara untuk jajan. Soalnya, kadang kita gak bisa njamin, jajannya itu jajan yang halal dan toyib. Apalagi seringnya kandungan jajan jaman sekarang itu isinya kadar gula yang tinggi, zat pewarna dan pengawet, atau MSG. apalagi ada isu-isu yang ada kandungan zat berbahaya lain atau bahkan drugs! OMG! Dan yang jadi problem lagi, kalo si anak jadi ketagihan jajan dan rewel gak karuan kalo gak dibeliin…weh, nambah tantangan lagi tuh.

.

Oyen bukan pakar perjajanan anak, cuman mau ngeshare tentang pengalaman ala Fira. Xixixi…yang dishare pastilah yang ada hasilnya, jadi bukan berarti hebat banget udah berhasil, karena konon yang belum berhasil juga masih buanyak….makanya gak dishare…gkgkgkgk. Karena konon salah satu hal yang menyedot pendapatan keluarga dan kesehatan anak adalah jajan nya anak, maka ini jadi impian Oyen jaman dulu, kalo bisa punya anak yang gak semangat buat jajan dowang….xixixi.

.

trus gimana sama Fira? Apa gak pernah jajan sama sekali? Hohohoho…ya pernah lah. Tapi, selalu, harus dan wajib dibatasin! Sehari cuman boleh jajan maksimal sekali! (halah, itu mah bukan maksimal Yen  protes Jenab). Jadi pas awal-awal, biar nangis guling-guling, balik jungkir, tetep gak Oyen kabulin. Kalo uda sekali ya sudah. Misal, pas ke mirota, dia minta jajan kuning (itu serena monde -> jiah, nyebut merek), yasudah boleh ambil. Eeehhh…giliran lewat minuman anak-anak, dia minta susu kotak. Akhirnya Ummi tawarin, mau jajan kuning apa susu kotak, satu ajah! Bingung dah…xaxaxa…akhirnya ditarolah susu kotak, karena lebih minat jajan kuning. Eee…pas mau bayar di kasir, giliran liat es krim yang nangkring di box besar-besar (taulah merek apa), minta es krim dah. Ya Ummi tawarin, mau es krim apa jajan kuning, kalo mau eskrim, jajan kuning nya dibalikin. Ee..trus diambillah jajan kuning di keranjang belanja, dipulangin ke raknya, dan dengan nyengir Fira ngambil es krim belang-belang ijo kuning di box es krim. Dan itu sudah biasa, biasa bingung milih jajan yang mana di supremraket….xaxaxaxa.
.

Ummi juga terangin ke Fira, jajan-jajan kayak apa yang jelek dan kenapa kok jelek. Permen misalnya, gak boleh banyak-banyak, bisa bikin giginya bolong-bolong. Dan musti gosok gigi! Jadi kalo dia makan permen, uda sepakat, entar dirumah musti gosok gigi! Alhamdulillah, sampe sekarang (4 tahun 7 bulan) giginya belum ada yang bolong dan coklat-coklat. Alhamdulillah, dia juga gak begitu demen coklat, jadi gak mengkhawatirkan lah soal giginya. Dan, Ummi bilang, kalo jajan buah ajah, enak. Jadilah dia demen buah. Apa ajah dimakan, kecuali yang mahal-mahal….gkgkgkgkgk. Ato ciki-cikian, saos-saosan, minuman merah ijo kuning (jiah, kek lampu lalin), itu gak baiiikkk. Alhamdulillah, dia jarang makan begituan, kecuali kalo pengen buanget sama temennya, atau, ini yang paling bikin keki, kalo ada temennya yang ultah, trus mbaginya jajan yang beginian, hadeh, sampe Ummi kadang ngumpetin, kecuali uda mbujuk-mbujuk tetep gak mau dan pengen dimakan. Yasudah, ummi kasihin, asal gak mbiasa mbeliin yang begonoan. Tapi karena jarang makan yang begituan, Fira juga gak begitu doyan, paling makan karena kadang temen-temennya pada makan, trus dia dikasih. Yasudah.
.

Kadang-kadang, kalo Fira pengen sesuatu, Ummi juga kasih pilihan. Misal, pengen dibeliin crayon warna-warni kayak punyak Mbak Aima. Ya pas minta jajan, Ummi bilang, mau jajan apa crayon kayak punyak Mbak Aima? Bingung dah…xaxaxa. Kalo dia pilih jajan, yasudah, crayonnya besok lagi, kalo Fira udah gak jajan. Pernah, akhirnya dia milih jajan, dan maksa minta crayon. Trus, ummi beliin crayon yang kecil. Trus protes dah, kenapa crayonnya yang kecil? Ummi bilang, soalnya uang nya kemarin uda buat jajan, jadi cuma bisa beli yang kecil. Besok-besok kalo mau yang besar, ya gak usah jajan. Akhirnya, habis dapat crayon, berhari-hari dia gak minta jajan, sekalipun ngendon di kantin kantor seharian yang penuh pajangan jajanan…xixixi.
.

Ato, kalo si Ummi lagi krisis karena tanggal tua (halah). Ya Ummi jujur bilang, Ummi belum gajian mbak Fira, nanti kalo sudah gajian Ummi belikan yoaa… Trus kalo minta sesuatu, akhirnya nanya dulu, Ummi sudah gajian belum? Kalo Ummi bilang belum, ya dia akhirnya gak jadi minta, soalnya biar nangis guling-guling juga gak bakalan dibelikan…gkgkgkgk. Tapi, juga jujur kalo emang udah gajian. Bahkan gak ditanya, Ummi uda ngasih tauk duluan, Ummi uda gajian, Mbak Fira mau minta jajan apa puzzle? Girang dah anaknya…kayak dia yang gajian…gkgkgkgk.
.

Alhamdulillah, hasilnya keliatan pas uda masuk PAUD (baru Ummi masukkan saat usia 4,5 tahun). Dia satu-satunya murid yang gak pernah jajan di sekitaran PAUD (tauklah jajanannya kayak apa…hadehh), karena selalu Ummi bawakan bekal (kebetulan dia juga doyan makan, usaha Ummi mbikin dia doyan makan kapan-kapan tak share lagi yah). Tapi, kadang ditasnya ada jajanan. Ummi tanya, “kok mbak Fira jajan, kan gak bawa uang? Dapat darimana?”. Trus dia cerita, kadang dikasi temennya, kadang dibelikan ibu temennya. Trus Ummi tanya, mbak Fira yang minta apa dibelikan? Dia bilang, gak minta kok, tauk-tauk dibelikan. Setelah ummi telusuri, ternyata ada ibu-ibu yang suka kasian liat Fira gak jajan sendiri, jadinya kadang dia mbelikan Fira jajan. Yasudah Ummi kasih tauk, emang biar Fira gak biasa jajan, dan anaknya juga gak apa-apa kok, hawong kadang jajannya juga gak dimakan.
.

Itu soal jajan, trus gimana soal mainan? Gkgkgk… entar dah kapan-kapan Ummi cerita lagi, kalo lagi pengen…gkgkgk…
Yowes ya, itu ajah, cuma pengen posting sebelum romadhon….uhuyy…

4 Comments leave one →
  1. Monda permalink
    03/06/2016 19:55

    jempol deh..gigi mbak Fira nggak ketempelan coklat2

    • 08/06/2016 10:01

      kalo ampe ada yang coklat, salahin emak bu Mon, soale paling demen kasih coklat arab sama eskrim…beuh

  2. 08/06/2016 15:50

    Kalo dik Fira punya coklat panggil budhe aja ya Nak, shsh. Hebat loh mbak Fira patuh nasihat Ummi.

    • 09/06/2016 13:52

      xixixi…gak cuman dinasehatin, tapi dipelototin😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: