Skip to content

Toleran ala Mang Diman

15/06/2016

Sudah jadi kebiasaan, kalo saban Ramadhan, warung bakso Mang Diman kagak jualan. Ngkenapa? Apa gara-gara takut dirazia sama SPIDOL (SatPol PP Kampong Jengkol lah)? Atau biar Jenab kagak tergoda puasanya? Maklum, biar udah lewat masa kanak-kanak, tuh anak suka gampang tergoda sama aroma kuah yang bercampur bumbu dan rempah (jiah), atau karena daging sapi nyang nyampe sekian ratus rebong per kg? sampe-sampe ada nyang nyaranin ganti bakso semut aje, biar berasa pedes, jadi gak usah beli daging sapi sama cabe sekalian (haish, entar para aktipis lingkungan satwa pada perottes gara-gara semut-semut imut cemungut jadi korban pembunuhan massal, apa gak bakal dituntut tuh ke komnashaw, hadeh, mbelibet dah).
.

Ternyata semua alesan diatas entu, kagak ada yang bener ya bro. Kalo masuk soal UAN, jadi soal bonus, jawab nyang mana ajah bener semua, dengan syarat sistem nyang ngecek jawabannya kagak error. Trus ape alesannya? Ternyatah, emang kebiasaan Mang Diman, tiap Ramadhan kagak jualan bakso di siang bolong, buat nghormatin bulan Ramadhan lah. Pan bulan Ramadhan itu bulan mulia, kenapa? Karena di bulan ini, setiap amalan kebaikan ituh dilipat-lipatkan berlipat-lipat, konon kata Mang Diman suayang beribu suayang, jatah mulia sebulan inih, disia-siakan… makanya tiap Ramadhan, Mang Diman lebih sering silaturahim, soalnya konon dilipatken ampe 70 kali lipet, bayangin aja sekali silaturahim, diitung 70 kali silaturahim sama Gusti Allah…sapa nyang kagak ngiler tuh. Trus banyakin ibadah sunnah, baik di masjid maupun di rumah, konon disamakan sama pahala nyang wajib-wajib, ngkhatamin Al Quran dan nambah hafalan, biar dapat mahkota di surge (wew), sama ngedoain Jenab, anak semata wayangnya, saban hari di tiap puasanya, karena konon doa orang puasa ituh makbul, bakal dikabulin… kire-kire, untungnya lebih banyak mana kalo sekedar abis waktu buat jualan? Hohohohoho….
.

Lah, terus Mang Diman dapat duit darimana kalo siang kagak jualan? Hohohoho…Mang Diman kagak pernah nyepelein Ramadhan, itulah mengapa Mang Diman juga kagak mau pusing gara-gara duit, Ramadhan jadi berantakan. Trus? Sejak jauh-jauh hari, Mang Diman puter otak, pegimana caranya Ramadhan tetep bisa bertahan sekalipun tanpa jualan bakso di siang bolong. Ternyata, Mang Diman jauh-jauh hari udah ngebuka promo Ramadhan yang demen sama acara buka bersama, walhasil sebelum Ramadhan udah banyak pesenan nyang masuk. Jadi jelang sore Mang Diman, Mpok Diman, Jenab dan beberapa tetangga uda nangkring di dapur, nyiapin sekedar nasi bungkus, es buah apa kolak. Jadi kagak banyak waktu kebuang cuman buat ngejar setoran…hohohoho….
.

Lagian, Ramadhan itu banyak berkahnya…di masjid kampong tiap hari uda ada buka bersama-sama, tadarus bersama, termasuk itikaf bersama full komsumsi, jadi gak usah mikirin buat buka juga bisa (gkgkgk), karena masjid juga punya kepentingan agar para jamaah ini bener-bener bisa optimal beribadah selama Ramadhan, makanya Masjid mengupayakan untuk ngasi dukungan optimal sebisanya, antara lain ya nyiapin buka seadanya, toh pengalaman, biar cuman kolak sama kurma, rasanya sudah ruarrrr biasaaaah, ngalahin estrajoss (halehhh). Untuk makan besar pun selalu gak kekurangan donatur, karena semua juragan jengkol berlomba-lomba sedekah sebanyak-banyaknya. Sahur juga gak harus mewah, yang penting ada yang bisa dimakan dan diminum (ya iya lah).
.

Beginilah toleran ala Mang Diman, nghormatin bulan Ramadhan, toh cuman sebulan inih, agar orang yang kagak wajib puasa kagak makan sembarangan, dan yang puasa nambah khusuk ibadahnya, si entong yang baru belajar puasa juga kagak gampang kegoda, penjual warung lain juga malu kalo buka sendirian dan kagak taat aturan, SPIDOL juga kagak berat kerjaannya, karena kagak ada nyang kena razia, dan netijen juga gak pada ribut, saban hari cuman disuguhin perang tanding antara warung buka dan warung kena razia…. Hadeh, bisa-bisa sayang Ramadhannya…padahal sebulan entu cuman sebentar, dan bakal berlalu tanpa ada kepastian bisa ketemu lagih…
.

Ah….

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: