Skip to content

Tukang Bubur

04/10/2016

Suatu kali sepulang beli bubur…

Fira : “Mi, entar Piya kalo sudah besar mau jual bubur kayak embah”

Ummi : “kenapa Mbak Fira mau jualan bubur?”

Fira : “ya biar Piya gak laper to, biar Abi sama Umi juga gak laper…nanti temen-temen Piya yang laper dikasi bubur Piya…ya Mi?”

Ummi : “mmm..kayak temen-temen Piya yang di Suriah itu ya, kasian, gak punya rumah, gak ada maem”

Fira : “rumahnya dihancurin sama orang nakal Mi?”

Ummi : “Iya…nakal dunia akhirat”

…..

Tukang bubur. Entah, apakah memang karena usianya yang baru 4 tahun, sehingga belum melihat bahwa jadi pejabat, mentri, pengusaha, direktur lebih mentereng dibandingkan seorang tukang bubur? Atau dokter, dosen, insinyur yang lebih prestise?

Yang saya tahu, usia 4 tahun, sudah bisa dikenalkan tentang nilai hidup. Menjadi manusia yang bernilai. Dan kadang saya belajar banyak dari seorang anak 4 tahun. Ingin menjadi tukang bubur, bukan karena sekedar cita-cita, karena bisa jadi kelak dia merubah keinginannya…namun di alam sadarnya, dia tahu bahwa menjadi tukang bubur pun bisa bernilai untuk orang lain…

Sebungkus bubur, mungkin tak bernilai untuk mereka yang mampu membeli pizza atau burger…tapi sebungkus bubur, sangat bernilai bagi setiap orang yang tidak mampu mengakses bahan makanan (yang dibilang Fira ‘biar gak laper’), dan yakinlah, jumlahnya bisa jadi jauh lebih banyak di dunia dibandingkan mereka yang kegemukan gara-gara pizza, burger, atau fried chicken…

Dan pastinya koruptor, pengambil aset ummat, konglomerat bodong, hingga pengemplang pajak…nalarnya sudah melewati anak-anak usia 4 tahun….

Itupun…..Kalo masih bisa mikir….

….

Anakku…. Tak ada gunanya hidup tanpa nilai, nilai ketaatan kepadaNya, dan nilai kemanfaatan untuk sesama, dunia dan akhirat, maka bercita-citalah karena ada nilai dalam cita-citaMu, bukan sekedar tuntutan material dan dunia….

Karena tak ada amal yang lebih baik, selain beramal karenaNya, memberi manfaat paling besar untuk umat, dan dengan cara yang sesuai perintahNya….

Semoga

 

One Comment leave one →
  1. 04/10/2016 11:48

    Tukang buburnya trus naik haji

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: