Skip to content

Do Man

21/12/2016

Eits.. sok iye pake basa englis…gkgkgk… Jiah, pada ketipu. Do Man ituh mangsudnya Doyan Makan, biar kekinian, ikutan mbikin singkatan…gkgkgk (pasti Genduk mbacanya Del Man, iya to? Nek Pak’e opo Pakdhe musti Do Main, kebanyakan ngutak-ngatik belog…gkgkgk). Emang mo nulis apaan sih, kok ngebahas Doyan Makan segala. Iya. Ini masih edisi pengalamannya Mbak Fira, yang emang doyan makan. Lah, bukannya semua orang doyan makan yak? Palingan si Oyin doang yang gak doyan makan gara-gara ditinggal merit pujaan…gkgkgk. Eits, jangan salah, ternyata banyak anak-anak yang gak doyan makan…

Trus, pegimana sih mbikin anak doyan makan? Hadehhh…padahal cuma makan ya, tapi kok berasa jadi penyakit yang menjangkit ya. Liat noh temen-temen Fira, ada yang kalo gak dipaksa makan ya gak bakal makan seharian, kenyang mainan doang. Ada juga yang kalo makan musti sambil jalan-jalan keluar, ampe si emaknya pake acara tereak-tereak biar tuh anak mau mangap mulutnya. Ada yang ngabisin satu sendok butuh waktu ampe bermenit-menit, tentulah satu piring bisa hampir satu jam. Hadehhh… Kalo dibelahan dunia lain dan jaman lalu persoalannya ituh karena gak ada yang bisa dimakan, hla ini ada tapi masalahnya kagak mau dimakan… weleh-weleh…

Trus-trus pegimana sama Fira? Fira terkenal gampang makannya, mungkin itu juga yang ngebikin dia lumayan jarang sakit, hla sakit aja mau makan je, kalah Abinya…gkgkgk…tapi jangan dikira terjadi begitu saja, ya dipersiapkan lah sejak jaman dulu kala… Emang dulu Ummi Oyen nyiapin apa aja? Ini cerita pengalaman Oyen nyiapin Fira doyan makan…

  1. Kalo bisa gak usah nyambung sufor ya. Pengalaman temen-temen Fira waktu di daycare, hampir semuanya disambung sufor, dan pada kenceng-kenceng minumnya, walhasil rata-rata makannya jadi pada seret. Trus, abis ASI? Ya tetep kasi susu, tapi sesekali aja, bukan pengganti yang harus dikasi rutin. Tapi sebenernya ada alasan lain yang lebih bisa dipertanggungjawabkan, anggaran sufor gak masuk dalam RAPBK yang disusun Abi, gitu!
  1. Biasakan minum air putih sejak kecil. Rasa air putih yang tawar konon ikut ngedukung nafsu makan, dan karena tidak manis (tanpa gula), ya tidak menimbulkan efek ‘kenyang’ dan males makan. Karena uda dibiasain minum air putih, beberapa bulan setelah sapih, Fira kalo malem suka bangun dan minta air putih sebagai pengganti kebiasaan ngenyot ASI. Walhasil si Ummi selalu nyediain segelas air putih di kamar, siap-siap kalo Fira bangun malam. Dan pastilah, air putih tidak mengganggu stabilitas APBK ala Abi, kecuali harga gas menukik naik efek gak lagi ful subsidi, kapitalis geto loh!
  1. Waktu MPASI usahakan dari olahan sendiri dan tanpa garem dan gula, kalo perlu rasa sayur asli, tanpa bumbu, cukup direbus aja biar empuk. Efek rasa asli makanan mbikin anak tidak pilih-pilih makanan, karena semua yang dimakan relatif berasa ‘enak’, terutama untuk sayuran. Jadi buat Emak-Emak yang ‘gak pinter’ masak, tips ini pasti sungguh mengena (termasuk Aye)…gkgkgk…
  1. Kenalkan macam-macam tekstur makanan dan rasa buah, untuk menghindari kelak hanya doyan buah-buahan tertentu saja. Ada lho anak-anak yang gak semua buah doyan, bahkan cuma buah tertentu aja. Padahal buah dan sayur itu penting buanget buat di ‘doyan’ in, terutama buat daya tahan tubuhnya, dan tentunya ikut ningkatin nafsu makannya. Gak perlu ngoyo kalo lagi gak ada duit, kenalin aja buah yang murah meriah, kayak salak yang manis sepet padet, tomat yang manis asem beraer, pepaya yang manis seger, pisang yang manis mblenyek, atau bengkoang yang renyah seger. Atau nyari yang lagi musim, kayak rambutan, mangga, semangka. Bisa juga nanem sendiri, janjian sama tetangga sekitar, kalo kita nanem sirsak, sebelah suruh kelengkeng, depan rumah suruh durian, dan belakang kalo bisa anggur, lalu berbagi saat panen, murah kan jadinya…huehehehe.
  1. Trussss…ini yang gak kalah penting, jangan dibiasain makan diluar, apalagi sambil main atau jalan-jalan, dijamin ituh anak gak bakal fokus dan makan pastilah gak kelar-kelar. Bener loh, tetangga Oyen depan rumah keseringan tereak manggil anaknya, gara-gara makan sambil mainan sama temennya, apalagi kalo main petak umpet, ituh simboknya bakalan ikut bingung nyariin buat nyuapin…hadehh… Kalo gak banyak kerjaan sih gak masalah ya ngabisin sejam cuma buat nyuapin doang, tapi kalo Oyen sih nowey, banyak yang musti dikerjaiiiinnn…heuheu. Kalo Oyen, sejak kecil tak biasain, makan ituh ya di rumah, duduk (gak sambil jalan), tangan kanan, baca do’a dan habiskan dulu sebelum ngerjain yang lain.
  1. Gak dibiasain jajan, apalagi ciki-cikian ato yang manis-manis (liat yang post tentang jajan). Kalo soal ini harus jadi raja tega, biar nangis guling-guling jugak. Kenalin jajanan halal, sehat dan aman, ya kayak jajan pasar gitu. Makanya Fira jadinya demen sama arem-arem (nah kalo ini sih makan besar juga yak, bukan jajan), lemper (ini juga makan setengah besar, pan beras juga), klepon, kue lapis (hadeh ini yo seperempat besar, pan beras jugaaa)…jadi kalo ngasi jajan ke Fira yang begituan aja ya, soale nek gak abis simboke juga demen…gkgkgk…
  1. Trus…ini musuh besar Fira selanjutnya … apa lagi kalo bukan mi instannnnn….hadeh! goro-goro bapake demen mi instan, eh sekalinya Fira nyicip ketagihan dah, terusss…kalo ketauan di rumah bapake nyimpen mi instan, Fira bakalan ngerengek minta dibikinin, dan masakane simboke ra payu. Apalagi kalo ke tempat Mamak, kebiasaan nyetok mi instan, begitu Fira masuk pintu biasane Mamak nyambut pake kata-kata…”dibikinin Mi ya?”…walahhh…ihik
  1. Udah sih, itu ajah… monggo yang mau nambahin, asal bukan pake ngancem, “Awas kalo gak mau makan, kamu yang Mama makan!”, huwaaaa…. Pegimana gak trauma tuh anaknya…, atau kebalikan pake iming-iming, “Kalo kamu mau makan, besok kita ke Nyu Zeland yak”, ihik, dijamin si anak bakalan ngelunjak, yang lain lah, kali Oyen bisa nyontek…huehehehe…
Advertisements
No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: