Skip to content

Rumah (Obrolan Pagi 1)

06/09/2017
by

Ummi lupa kalo mau ngeshare soal obrolan pagi bersama Fira dan Isam dimari, biar jadi kenangan ceritanya. Yasudah, karena baru keinget hari ini, mari kita mulai nyang pagi ini aja ya, entar kalo yang jaman lalu Ummi inget bakalan Ummi share lagi dimari.

Jadi jadi… apa itu obrolan pagi? Mmmm… dulu sebelum Fira bisa diajak ngobrol kayak sekarang, seringnya obrolan pagi ya sama Abi. Ngobrolin apa saja. Biasanya sambil ngopi dan dengerin radio, entah RRI atau El Shinta. Temanya ya macem-macem, tapi biasanya yo seputar persoalan ummat, ngikutin alur berita di radio. Dulu soale belon punyak semartpon (haiyahh…semart opone, tetep ae nge WA kapan, nyampe nya kapan, dibacanya kapan *jiah curcol), soale sekarang kadang kalo buka hape ada gambar tempat yang aduhai, beralih dah obrolan tentang rencana plesiran, opomaneh pas ning Jogja…. sekalipun cuma berakhir di obrolan, jarang yang berhasil dieksekusi…. mentok di liburan impian Ummi….

Nah, begitu Mbak Fira uda ngecuprus kalo cerita, seringnya Ummi ya ngobrol gayeng sama Mbak Fira, dan sekarang ditemeni Isam karena sudah ada adiknya. Jadi kalo eMak-eMak kebanyakan itu setiap pagi lebih banyak nguplek di dapur dan sumur, tidak dengan Ummi. Karena jadwal nyuci kadang gak setiap pagi. Kadang cucian uda beres sore/malam, trus paginya dijemur Bude. Kalo masak? Hohoho… paling cuma masak nasi (raiskukeran lah, nyang cepet) sama goreng tempe, apa telor, apa nasi goreng, opo ae lah nyang cepet, jadi abis beberes dan semua uda mandi, yo sarapan dan ngobrol pagi sampe jelang kita semua mau beranjak beraktifitas masing-masing. Ya, adalah sekitar 1 jam an bisa ngobrol bareng, karena jam 7 kita baru angkat kaki dan angkat badan dari rumah.

Eh kenapa musti pagi? Emang kalo sore atau malem gak sempet apa? Ya kalo sekedar ngobrol ya bisa kapan saja, tapi kalo sampe gayeng diskusi ya biasanya pas pagi, atau sore (nanti bisa jadi obrolan sore, gak cuma pagi) pas seger-segernya. Kalo siang pas Ummi istirahat waktunya uda buat sholat, makan, dan Fira mainan sambil siap-siap berangkat TPA sama Ummi. Jadi kalo siang Mbak Fira TPA di kantor Ummi, dari jam 2-4. Sebelumnya ya ngendon di ruangan Ummi. Kalo sore pulang ngaji, Mbak Fira biasanya udah request minta diputerin video sampe siap-siap mau magriban. Naahh, malemnya abis ngaji juga uda direquest buat bacain buku cerita (mmm…boleh dah kapan-kapan juga dishare…hehehe). Gitu.

Naah, obrolan pagi ini, Mbak Fira cerita soal rumah teman-temannya. Jadi di sekolah Bu Guru suka tanyak, anak-anak rumahnya mana? Trus anak-anak yang lain ditanya balik sama Bu Guru. Misal, Fira ditanya, rumahnya Mbak Alifa dimana? Rumahnya Mbak Lifi dimana? Mbak Intan dimana? Gitu.

Terus, ceritanya giliran Bu Guru yang tanya, “Rumahnya Fira dimana?”.

“Kelontong” Jawab Fira. Eh, konon jawaban Fira ngebikin temen-temennya ada yang ketawa, mungkin nama kampungnya berasa lucu.

Trus Fira cerita ke Ummi, “Masak ya Mi, Mas Reza tu bilang gini, Fira rumahnya kelontong sambil makan lontong, trus ketawa lagi” Fira juga ketawa abis cerita.

Si Ummi juga ikutan serius ngakak denger cerita Fira yang diselingi ketawa ala anak-anak. Trus si Ummi tanya, “Emang Mbak Fira tahu rumah temen-temen yang lain?”. Trus dijawablah pertanyaan Ummi, sambil nyebut rumah beberapa temennya. Hmm…apal juga ternyata. Fira juga seneng, soalnya katanya rumahnya banyak. Ada di Klaseman, Pabelan, Jogja, Beringin, trus Kelontong. Alhamdulillah, efek positif sering pindah kontrakan…xixixi.

Trus Ummi tanya, “Kalo Mbak Fira, suka yang dimana?”.

Jawab Fira, “Di Klaseman, soalnya disini gak ada temennya, gak ada adek, gak ada mamas, gak ada Mbak Rasti, Mas Ghaisan, Dek Zelva, Mudah”, sambil nyebutin temen mainnya.

Jadi Klaseman itu rumahnya Mamak, ibuknya Ummi, ato eMbahnya Fira, nyang memang setiap wiken (jumat-ahad) si Ummi sama anak-anak musti pulkam kesana. Sekitar 8 km an dari kontrakan. Dan kalo disana ya emang bejibun temennya, hawong kiri, kanan, depan, belakang rumah persis banyak yang sepantaran. Jadi yo ce es an kalo mainan. Walopun kadang dilain hari Fira juga bilang, “Piya suka di Kelontong, gak ada Om Pam sama Om Sapto yang suka marah-marah” hadeh.

Ceritanya kalo Fira mainan nggak diberesin, musti abis itu om-om nya pada marahin, maklum rumah mamak masih penuh adik-adik Ummi yang masih njomblow. Hla iya Fira kan kalo mainan semua tumpah ruah, gak di dalam gak di teras gak di halaman sama aja, belon kalo main mbletok segala. Wes, mudah jadi korban kegalakan para om-om nya, yang pada belon punyak pengalaman ngasuh anak, opomaneh sing model Fira, hadeh.

Abis itu, Ummi sempetin liatin ke Fira foto-foto pengungsi Rohingya, “Alhamdulillah, Mbak Fira punyak rumah, ni liat, anak-anaknya gak punyak rumah hlo, rumahnya dihancurin, trus disuruh pergi”.

Kata Fira, “nanti nek kehujanan piye Mi? trus boboknya dimana?”.

“Gak tahu Mbak Fira, mungkin boboknya di hutan? apa di jalan? apa di pohon?. Ya Allah, semoga Allah tolongin ya Mbak Fira, biar cepetan ada yang bantuin kasih rumah, kasih makan, selimut biar gak kedinginan, aamin”.

……

“Nanti kalo Piya rumahnya banyak, tak kasih rumah ya Mi”… iya, aamiin Mbak Fira…

……

KJ. Setelah hari tasyrik 2017. Saat penderitaan Muslim Rohingya menyita perhatian kita……

One Comment leave one →
  1. 12/09/2017 12:14

    Tak kira masih di kampung jengkol

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: