Skip to content

Pak Gurunya Ibu-ibu

18/09/2017
by

Seluruh guru di sekolah TK nya Fira perempuan semua, cuma satu yang laki-laki, yaitu kepala sekolahnya. Pak Puji namanya. Pak Puji ini gaya ngomongnya layaknya ustadz kampung, kalem dan agak ngebanyol, jadi gak berasa kalo sedang ‘negur’. Ini setipe dengan Ibu-ibu anak-anak didiknya, yang sering ‘agak bandel’ kalo diingetin orang lain. Maka seringnya, Pak Puji memanfaatkan momen pertemuan dengan orang tua wali murid untuk juga memberi tausiyah kepada para ibu-ibu nya. Maklum, TK nya Fira memang bukan sekelas TK IT kota, tapi cuma TK Islami kampung. Orang tuanya juga menggambarkan kehidupan khas kampung, yang masih butuh sentuhan tausiyah khas Ustad kampung.

Eh, emang tau darimana Pak Puji soal kebiasaan Ibu-ibunya? Soalnya Ibu-ibunya anak-anak sering pada ikut nungguin anak-anaknya sampe pulang sekolah, sampai kayak arisan berjamaah di sekitar kompleks TK, ruwamee…gkgkgk. Si Ummi sempet mencatat beberapa pesan Pak Puji waktu pertemuan wali murid

Pertama soal baju yang dipake, kata Pak Puji,

Mbok nyuwun tulung geh Buuk, nek kesini hambok yo pake pakaian yang disyariatkan agomo. Baju panjang, celana panjang ojo koyo pensil, kalo bisa pake kudung. Mosok kok pake rok pendek opo celono koyo pensil, trus klambine mepet, ngasi ketok kabeh njerone (pada ketawa semua Ibu-ibunya). Anak-anaknya saja rapi-rapi pake panjang kudungan semua, mosok Ibu-ibu nya begitu. Mangke ndak tiru-tiru, mboten sae, nggeh?” sontak dijawab sama Ibu-ibunya, “Nggeehhhh……”, sambil masih cekikikan di belakang.

Kedua, soal mbuang sampah sembarangan.

Anak-anak diajari buang sampah pada tempatnya nggeh Buukkk… ojo kulino war wer diuncalke sembarangan, angger tak delok ngasi kebak kebon ngiringan kae. Tempat sampah kan yo enten to Buk, ampun sembarangan geh sampahe?”, dijawab lagi, “Nggehhhh…Pakkk…”. Sambil saling tuduh di belakang, “hayo koe wingi yo sembarangan to…”, xixixixi…

Ketiga, soal omongan.

Ampun kulino ngunek-unekke lare nggeh Bu, percoyo to, nek sakniki njenengan kulino ngunek-unekke, ojo kaget nek mbenjang njenengan gentian sing di unek-unekke. Purun mboten di unek-unekke lare? Nek mboten purun geh monggo, mulai sakniki tenanan, rausah ngendikan elek kagem putrane, ooo… cah mbiying, bocah kok nakale ra karuan… ampun geh Buk?”…. Ibu-ibunya masih senyam-senyum…

Keempat, kalo soal ini si Ummi juga kena nih, xixixixi…

Kulo pesen, mboten usah badum-badum jajanan, nek mboten sedoyo keduman. Mesakke, ndak do iren. Nek ajeng ulangtahun mboten usah teng sekolahan, teng griyo mawon. Mesakke lare sing mboten keduman” iya, gara-gara memang ada yang mbawa jajajan karena anaknya ulang tahun, tapi cuma buat sekelasnya. Hla padahal ada 2 kelas TK besar, 2 kelas TK kecil dan 2 kelas PAUD, dan kelasnya dempetan. Jadi anak-anak kelas lain musti ngeliat kalo temennya dapet jajanan.

Nah, kalo kasusnya Ummi tuh bukan ulang tahun. Tapi Fira nya sendiri minta, nanti kalo tabungan dibagi, Fira mau berbagi. Jadilah Ummi beliin bungkusan isi susu sama jajanan sehat, buat dibagi temen-temennya. Dan emang cuma buat kelas TK kecil saja waktu itu. Mungkin itu yang membuat Pak Puji gak berkenan. Iya, Ummi lupa memperhitungkan kelas-kelas yang lain. Maaf ya Pak.

Xixixi…ternyata Pak Puji gak cuma jadi gurunya anak-anak, tapi juga gurunya Ibu-Ibu. Si Ummi salut sama kepedulian beliau terhadap para pengantar anak-anak ini di sekolah, yang sepertinya, memang perlu untuk sesekali dinasehati, karena bener, akan berimbas ke anak-anak pastinya.

Semoga Allah membalas seluruh kebaikan para guru, yang telah berniat lurus untuk menjadi pendidik dan penyebar ilmu…aamiin…

*coretan setiap Ummi hadir di pertemuan wali sekolah Fira

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: