Skip to content

Pengen Punyak Mobil

27/09/2017

Ini rupanya jadi resolusi Fira berikutnya, setelah sebelumnya pengen punyak adek (wes kabul ceritane, sekalipun rung iso ngalah sama adiknya). Keinginan ini terpendam udah lama, sejak masih di daycare (sekitar 2.5 th nan waktu itu). Gara-gara temen2nya semua dijemput pake mobil. Dan demen banget jalan kaki nglewatin FK UGM, karena bisa menikmati show room mobil beragam warna. Fira jadi bisa belajar warna, dan berimajinasi, “nanti Piya sama Abi depan, Ummi belakang…ya Mi”…si Ummi manggut-manggut ajah.

Kalo abis dijemput di daycare, dan kita jalan kaki, kadang protesnya nongol, “kok Abi gak beli mobil aja Mi, jadi Piya gak teujanan, kan ada atapnya”…si Ummi cuma nimpali, “ya doakan nanti Abi bisa beli mobil ya”

Nah, kesini-sini, semakin keliatan excited kalo liat mobil tetangga, ato temen nya yg bawa mobil. Termasuk di kantor Ummi yg rata2 pada punyak mobil. Fira bakalan ngamatin itu mobil sejak dinyalain sampai berlalu ditelan waktu..tsah. Kalo ngaji demen banget nebeng mobil salah satu kawan Ummi yg punyak dan bisa nyetir mobil. Kalo pertemuan Ibu-ibu kantor juga demen ikut, cuma gara2 kalo pulang diantar mobil kantor. Untung om nya sopir, jadi keseringan mbawa mobil pulang, sekalipun cuma diparkir didepan rumah…gkgkgk.

Si Ummi jadi sering mbesarin hati Fira klo pas jalan bersama kemana-mana, maklum Ummine aktipis jalan kaki, ra iso nyetir motor, gak wani, goro2 sering salah antara kanan kiri, dan antara ngerem dan nge gas (parah). Konon, kata Ummi jalan kaki itu bikin sehat, mbak Fira jd cepet tinggi, iya to. Walopun kadang njawabnya nylekit, “Ummi jalan terus kenapa gak tinggi-tinggi?”…hadehh…nek takon sing wangun to ndukkk….

Fira juga pernah protes waktu main kerumah kawan, “Mi, kok rumah Piya gak bagus kayak gini. Nanti rumah Piya dibikin bagus ya Mi”. Etapi dia juga pernah seneng hlo, soalnya rumahnya bnyak. Ada di pabelan, di jogja, di klaseman, di bringin, di klontong…efek keseringan pindah kontrakan…gkgkgk…

Akhirnya, sekarang kalo doa nambah lagi, minta mobil sama Allah. Dulu waktu pengen punyak adik juga berdoa saban hari, trus ternyata kabul, naah sekarang diulangin lagi, diganti mobil.

…..

Ojo o anak-anak, orang gede aja sering kesemsem ya sama dunia. Seolah2 klo uda digenggam bahagianya gak terkira. Menjadi orang2 terkaya seperti prestasi yg menggiurkan. Mengusai properti. Menguasai lahan. Menguasai negara (eh). Entah caranya bener entah enggak. Entah akodnya batil entah enggak. Yg jelas, jaman kini, wong swuugih kui dihormati, gampang ngapa2in, gampang sekolah, gampang berobat dan gampang milih jenis dan tempat makan. Rumah juga gampang milih, mau wiken di bandung, apa di jogja, apa di meikarta, karena punyak dimana-mana. Sekalipun lebih sering kosongnya drpd rame nya.

Ini nggak nyindir sapa-sapa. Karena yg kaya taat syariah juga ada. Buanyak. Yg punya rumah gak pake akod bermasalah juga bnyak. Yg punya mobil gak akod leasing juga bnyak. Sekalipun yg makan aja susah juga gak keitung jumlahnya.

Ini hanya tulisan buat Fira, setelah liat video kisah seorang Ibu yg masak batu, demi nglipur anaknya yg kelaparan. Kisah masa Khalifah Umar bin Khaththab. Saking gak punya apa-apa, sampe batu pun dimasak buat nglipur anak2nya. Dan qadarullah, Khalifah tau, hingga Beliau sendiri yg memanggul gandum, mengantarnya dan memasaknya utk anak-anak yg lapar tadi.

Bersyukur. Saat lapang dan kurang. Bersabar. Saat duka dan bahagia.

Dengan terus berjuang untuk umat, tidak sekedar berjuang utk mengentaskan kemiskinan diri sendiri, kemudahan bersekolah dan berobat utk diri sendiri, namun utk mereka semua diluar sana, dg sistem yg diridloiNya. Hingga kelak hadirlah para Khalifah di tengah2 kita. Yg menjadi sebenar-benar pemimpin yg bertakwa, pemimpin utk seluruh umat. Bukan untuk yg kaya saja.
….

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: