Skip to content

Ayam

19/12/2017

Ini cerita soal Fira tentang ayam. Setelah ciprut (kucing), caca cici cucu (ikan kristal), dan keci kecu (kelinci putih dan abu-abu). Ciprut telah mnjadi bagian kenangan indah di Jogja, bersama trio cicacu nya (kemarin pas ke Jogja pulang-pulang inget dia, nyesel gak nengok Ciprut yg sudah jadi hak milik tetangga kontrakan dulu. Kalo ikan-ikannya sudah pada tenang di alamnya gara-gara akuariumnya dulu sering diobok-obok. Kelincinya juga sama, karena sempat ditinggal pulkam sekian bulan waktu lahiran adiknya, keci kecu kurang terawat, ditambah cuaca hujan terus mungkin ikut menurunkan daya tahan tubuhnya. Akhirnya keci kecu pun sekarat dan mati muda (ihik…padahal lucuuuu..).

Naah, permintaan berikutnya adalah miara ayam. Ini kali ketiga sebenernya punya ayam. Dulu pertama pernah punyak, dua ayam hitam kesukaan Abi. Eh sekalinya dilepas keluar kandang tak pula balik lagi. Kedua dibelilah ayam petelur gemuk waktu di pasar hewan, konon biar Piya bisa tahu gimana ayam bisa bertelor. Hampir tiap hari itu ayam diliatnya kali aja uda bertelor. Alhamdulillah setelah lebih tiga bulan lamanya akhirnya betelor juga, pas gak ada duit buat beli lauk (gkgkgkgk). Hari berikutnya diliatlah itu ayam di kandang lagi sama Fira, nyari telor nya lagi. Telornya gak nongol lagi soalnya ayam nya sudah dijual (kefefet.mode.on). Fira muter-muter nyariin, konon “Bi … ayam Piya ilaangg…”, gak tauk klo yg ngilangin Abinya…. gkgkgk. Akhirnya si Abi janji entar beliin lagi.

Piya gak brenti-brenti nanyain katanya mau beli ayam lagi. Akhirnya si Abi menuhi janji, daripada keinget terus sampe kebawa mimpi, apalagi klo liat gambarnya Piya yang dibawah ini…gkgkgk. Diajaklah lagi Piya ke pasar hewan, dan disuruh milih ayam lagi. Tapi sampe sana gak cuma minta satu, mintanya empat. Biar dapat satu2-satu, Abi, Ummi, Piya, Isam. Konon kalo Abi mau jual ya ayamnya Abi aja, jangan ayam Piya…(gkgkgk…wes pinter itung-itungan). Gara-gara punya ayam yo demen nangkring di kandang dan ngasi makan, sampe tadi ijin gak mau brangkat sekolah…hadeh…

Entahlah, mungkin efek kehilangan ciprut, cacicu, dan kelinci-kelincinya…jadi over protected sama ayam-ayam nya…gkgkgk…
….

Another Piya’s story. Mungkin sama saja dengan anak-anak yg lain. Mereka akan selalu ingat sama janji, jadi jangan coba-coba janji kalo gak niat buat nepati. Selain dosa (karena Allah Maha Mendengar), anak-anak akan selalu nagih sampe dipenuhi. Karena itu adalah hak. Orang yang diberi janji berhak menuntut hak nya. Bahkan hingga ke liang lahat. Karena janji adalah hutang, yang tidak cuma dicatat oleh mereka yang mendengarnya, namun dicatat olehNya sebagai bukti hutangnya di akhirat. Saya hanya gak kebayang jika yang menuntutnya adalah rakyat yang jumlahnya jutaan. Saya juga gak kebayang, kok bisa orang itu gampang janji hanya demi posisi tinggi…mungkin menganggap janji itu hanya pemanis bibir (jarene Betharia Sonata), hal yang biasa, sepele.

Semoga Piya dan kita, juga bisa belajar dari sebuah kehilangan. Kehilangan sesuatu yang kita cintai, yang sesungguhnya tak pernah kita miliki. Menjaga amanah kepemilikan dengan sebaik-baik nya. Sungguh-sungguh belajar dari kesalahan, agar tidak semakin banyak kehilangan. Apalagi kehilangan kepercayaan. Iki agi soal ayam hlo, opomaneh soal jabatan!

Yam, semoga kamu ditangan orang yang tepat. Dijaga dengan baik. Biar sehat, gemuk, gak ilang, sampe nanti lebaran (hloh). Ummi sama Abi juga belajar jujur ke Piya, seandainya ayamnya suatu saat harus dilarikan lagi ke pasar hewan (gkgkgk).

Anak-anak…memang luar biasa… 

*catatan setelah ngasi alasan aneh ke buk guru perihal ijin sekolah, mau njagain ayam…hadehhh…

23517667_889636047857975_538008118039114110_n

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: