Skip to content

Sekian Tahun Merit

03/01/2018

Abis mbaca setatus orang yang ngasi warning ke para jomblow, jangan gampang baperan. Goro-goro ngeliat piku-piku insta atawa setatus yang isinya kemesraan ala penganten baru, nyang ngebikin alam bawah sadar semakin menggebu (halah). Saya pribadi sih jarang melototin poto-poto, opomanen sintagram, raduwe akune. Duwe akun efbe tok, males gawe akun akeh-akeh, mbingungi…gkgkgk.

Saya waktu jomblow termasuk yang jarang baper. Buktinya cuek aja tuh waktu dilangkahi adek-adek angkatan yang silih berganti (xixixi). Paling kalo dapat undangan cuman komen ‘ih bagus ya undangannya’, ato kepo ‘ih sama sapa sama sapa’…gkgkgk.. Waktu ada yang nawarin juga melengos ajah, hadeh. Apa mungkin dulu belum ada medsos yah, jadi gak diuji sama piku-piku ala temanten baru? Ato karena dulu lebih demen nonton bal-balan dibanding drama-drama nan?….hambuh

Saya juga semoga bukan orang yang demen membikin baper para jomblow. Hla iya, bojoku wajahe gak seimut Solksjaer (sopo kui), Orangnya juga anti dipoto opomaneh dipajang potonya. Jangankan poto berdua, hawong beli sarimbit aja gak mau dipake barengan, ogah kembaran (trus opo gunane istrimu ini beli sarimbitt pakneee… mending 1/2 rimbit ae suk eneh). Poto bedua cuma sekali tok, pas dadi manten…gkgkgk. Itu aja file e ilang goro-goro lapie nya di pecah layare sama anak wedok. Trus yang versi cetak embuh gak eruh, albume uda digunting-gunting gawe duit-duitan, lagi-lagi sama anak wedok yang ajaib ituh.

Nikah sekian taun, gak pernah ada kisah-kisah ala sineteron opo felem india. Ngomong cinta lah, rindu lah, sayang lah…haish, iso diguyu tokek entar nek denger (gak tekek..tekek..tapi dadi ekekek…ekekek…) gkgkgk. Apalagi rayu-rayuan dan gombal-gombalan. Dan mencoba menerima kenyataan dan ridlo dengan ketetapanNya adalah seni tersendiri. Yakin dah, Allah milih saya buat si Abi ya saya ini orang paling tepat yang bisa ngadepin beliaunya (cieee….).

Saya peneliti, Abinya Fira wiraswasta, lebih tepatnya montir dan tukang servis. Sebelumnya, huowww banyak profesinya. Dari peternak lele, bebek, sales macem-macem, penjual martabak, sampe akhirnya mbengkel dan buka jasa servis alat rumah tangga. Abinya Fira suka kalo saya ndengerin ceritanya tentang mekanisme mesin dan tetek bengeknya. Kalo saya ndengerin si Abi bakal cerita dengan penuh semangat, dan saya bakal (purak-purak) antusias dan manggut-manggut, sesekali nanya. Sekalipun dalam ati ‘abi ki cerito opo si, aku gak mudeng blas’…gkgkgk..

Karena latar belakang yang beda, Abinya Fira gak begitu suka hadir di pertemuan-pertemuan keluarga peneliti (temen-temen sejawat). Hla iya, dia merasa bukan komunitasnya. Jadi yo saya maklum aja, dan gak menyunyun kalo kadang acara kantor beliaunya gak mau ikutan. Termasuk sendiko dawuh waktu beliau menolak tawaran rumah dinas karena berada di lingkungan kantor. Abinya Fira lebuh nyaman tinggal di perkampungan dan mbaur dengan banyak orang, termasuk ngombyongi pos ronda dan takmir masjid. Sekalipun sesekali saya ‘rodo ngrayu’ siapa tahu kelak Abi berubah pikiran.

Saya termasuk yang sering uring-uringan kalo uda ada semartphone tapi tetep aja hempon nya gak semart blas. Sering miskom. Gara-gara miskom saya pernah nungguin di terminal sekian jam sampe malam, sambil nggendong batita dan mbawa tas besar (padahal bojone BBne mung 37 kg, hedeh). Begitu sampe rumah, si Abi ternyata pulesss sodara-sodara (rghhhh….iki nek felem kartun uda keluar tanduk berasap). Ato pulang-pulang ternyata rumah masih terkunci dengan manisnyah, gara-gara pesennya gak bisa mbedain mana kalimat berita dan mana kalimat tanya (rghhh lagih), dan masih banyak lagi…gkgkgk. Tapi si Abi mah kalem ajah, bojone nesu yo gak pernah dirayu-rayu, opomaneh disogok karo martabak telor, untung ae gak pernah dibales nesu…hadehh…

Tambah anak, yo tambah lika likune. Gak onok cerito tangane bojone digandeng, yang ada tangan kiri megang genduk, tangan kanan mbawain tas. Opomaneh motoran berdua sambil pelukan di sepanjang pematang sawah, berlatar pegunungan dan lagunya Letto (kemrengess), yang ada uda berempat dan kejauhan ngekep pinggangnya. Xixaxixa…

Wes to, nikah ki karono ilmu yo mblo, ojo mung waton baper. Karena poto dan status mesra itu belum bicara seluruhnya. Belum bicara anak-anak, belum bicara mertua dan keluarga besar, belum bicara tetangga, belum bicara pekerjaan, belum bicara utang (eh) dan lain-lainnya.

InsyaAllah, Allah Maha Tahu kapan paling tepat Dia kirim jodohnya. You cukup nyiapin diri aja, dengan ilmu dan amal. Biar pernikahan gak sekedar meraih kebaikan dunia, namun juga meraih jannahNya. Aamiin…

*Catatan bar duwe anak loro…gkgkgk

3 Comments leave one →
  1. 03/01/2018 11:12

    Abinya fira imut, sama kayak umi..

  2. 25/07/2018 13:17

    NakOyen mah sudah lama merit tetep merit (e cecek, alias mungil langsing).
    Salam hangat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: