Skip to content

Celoteh Fira (8)

11/03/2019

Ini kumpulan celoteh Fira yang belum terdokumentasi disini, ben ora ilang…entar kalo uda gede biar bisa nengok, dan tahu kalo dulu dirinya begitu ‘nganu’ gkgkgkgk…..ini dia :

Tanya

Fira : “Besok renang dimana Mi?”
Ummi : “Coba tanya Abi”
Fira : “Udah.., kata Abi, ‘coba tanya ummi’… gitu”
…… gkgkgk… dipingpong… :p

Sholat

Fira : “Kata ummi Allah yg nyuruh sholat, hla Allah sholat ndak?”
Ummi : “Hla Allah mau sujud ke siapa, hawong Allah yg punyak semua-mua”
Fira : “Mosok nyuruh sholat kok Allah nggak sholat”
…..ihik…simboke njuk petunjuk sek *mlipir

Ati-ati Ngomong

Fira : “Udah di download in Mi?”
Ummi : “Belum… susah nih internetnya”
Fira : “Jangan ngomong susah, entar susah beneran!”
….ihik… *makasih Mbak Fira uda ngingetin ….

Tes

Fira : “Besok jumat Piya tes mi”
…..
Fira : “Tes tu apa Mi?”
Ummi : “?”

Truss…

Fira : “Mi tadi tu Mbak Fafa mau masuk malah beli bakso… trus…baksonya ditaro laci…trus…baksonya tumpah…trus…buk halim liat…trus buk halim tanyak, itu bakso sapa?…trus Mbak Fafa diem…trus temen-temen bilang itu bakso Mbak Fafa…trus…buk Halim nyuruh mbersihin bakso yang tumpah…trus…dibersihin…
Ummi : “Mbak Fira mbantuin mbersihin?”
Fira : “mmm… enggak”
hadeh…..

Tas Mahal

Fira : “Mi…kata ibuke mbak ida, suruh beli tas yang mahal, biar nggak njahitin terus”
…hadeh… hla gawanmu kakean kok ndukk… 

Nanti Ajah

Fira :”Mi, buku Piya udah mau abis, pensilnya jugak, nanti beli ya Mi…
nanti aja kok Mi, Piya kan tauk Umi ndak punyak uang”
….ihik…. maksih nduk atas pengertiannya (xixixi)…

Ke Warung (lagih)

Umi : “Mbak Fira minta tolong beliin telor seperempat ya”
Fira :”Ya Mi…”
Umi :”ndak usah jajan”
Fira :”yok Sam, beli telor, ndak usah jajan ya, Ummi ndak punyak uang”
…xixixi…

Wes SD, wes tambah akih ceritane, wes tambah mudeng dijak rembugan, wes tambah ngerti kahanan…gkgkgkgk

Bisnis

Fira : “Mi Piya mau bikin roti bisnis”
Ummi : “heh…bisnis roti kali”
Fira : “itu yang warnanya hitam-hitam…yang ummi suka”
Ummi : “(mikir…)… ooohhh… roti kismis”
Fira :”iya…roti bisnis”
hadehh… kismis mbak Piyaa… ka..ka..kambing…bukan bebek…. L

Ngliling

Adiknya nangis…
Fira : “Huss diemm… nanti dibeliin eskrim”
Ummi : “Hayoo…gak boleh bo’ong…”
Fira : “gak bo’ong kok… kan nantiii…gak sekarang…”
…gkgkgk…

Sedang berlangsung pertandingan nama-nama antara Abi dan anak wedok

Nama bunga : bunga desa 🙂
E. Nama hewan : burung emprit
J. Nama bunga : bunga jeumpa (lah, bungong jeumpa kalii, itu laguu bii)
K. Nama bunga : bunga kol (wkekek…kembang kol dadi bunga kol)
N. Nama bunga : bunga nasional (mekso)
S. Nama bunga : semar (kantonge ilang jare…gkgkgk)
W. Nama hewan : wawung (gkgkgk jowone metu)
Z. Nama orang : zina (hadeh piyaaa…itu nama maksiattt…jangan buat nama orangggg….)
……… hadeh ngarai ngekek bengi-bengi….

Mainan

Sambil baca buku, tentang anak sholeh yang mberesin mainannya sendiri….

Ummi :”kenapa mbak Fira kalo abis mainan suka gak diberesin, kan Allah sayang hlo kalo mainan nya rapi”

Fira :”Piya kan capek kalo abis mainan”

Ummi :”nanti nek mainan nya pada ilang piye?”

Fira :”ya Piya mainan yang gak ilang ae, yang ilang biarin aja”

Hadehhh…. Sabar ya Miii….

Kalimat Ajakan

Fira : “Kalimat ajakan tu apa Mi?”
Ummi : “Ya ada omongan yang ngajakin gitu, kayak udah adzan tuh, ayuk sholat dulu… gituu”
Fira : “oooo…..”
Ummi : “Coba apa Mbak Fira bikinnya?”
Fira : “Yuk, ke kantin yuk”
…. wedew….

Sayang

Fira cerita tentang Ibuk temennya yang suatu kali tanyak,
Ibuk temennya : “Fir, rapotmu bagus dapat hadiah apa dari Ummi?”
Fira : “hadiah sayang”
Ibuk temennya : “Piye kui?”
Fira : “ya dicium pipinya”
Ibuk temennya : “Ooooo…. ”
Hadiah sayang is priceless bukkk… hahaha…

Batal

Ummi : “Mbak Fira ayo sholat, sudah adzan”
Fira : “Lagi batal Mi”
Ummi : “Heh, batal tuh kalo udah gede, kalo masih kecil belum ada batal”
Fira : “Kok Ummi batal terus”
Ummi : “Hiyaa… seminggu biasanya”
Fira : “Lama men, trus Piya kapan batalnya”
Ummi : “Ya nanti kalo udah gede”
Fira : “Bentar lagi Mi?, kan Piya tingginya mau sama kayak Ummi”
…. hadeh…nyiapin jawaban eneh nek entar uda sama tingginya *uhuk

Cita-cita

Fira : “Mi Abi cita-cita nya kan tukang servis, trus Umi peneliti, entar Piya chef (tukang masak) ya Mi”
Ummi : “hiyaa…”
Fira : “Isam apa Mi?”
Ummi : “ya entar tanyak sama Isam kalo sudah gede”
Fira : “Isam tu seneng tayo Mi, mau jadi sopir bis kali”
…..weleh….

Makan di angkring…

Ummi : “mbak piya mimik apa?”
Fira : ” jeruk anget kasih es dikit”

Halehhh….

Mamak vs Fira

Fira ngambil plastik di etalase jualannya mamak
Fira : “Mak, minta plastik ya”
Mamak : “beli…itu jualannya mamak, dijual yo dibeli to yo”
Fira : “Alaah…mamak gitu” manyun

Mamak mau ke pengajian
Fira : “ikut Maakk…”
Mamak : “yo ayo”
Fira siap2 tp mamak uda jalan, trus ketinggalan…mewek

Fira liat mainannya disapu mamak
Fira : (mewek) “Mii…mainanku disapu mamak”
Ummi :” hla mbak Fira kalo mainan tu diberesin, kalo berantakan di teras kan mamak mbersihin, dikiranya gak dipake lagi”
Fira : “Mamak tu gituu…gak nanya dulu..huhu”

Fira make sandale mamak
Mamak : “eh iku sandale mamak, sini”
Fira : “pinjem Maakkk”
Mamak : “pake sandal ibukmu aja, itu sandale Mamak”
Fira : “hla Mii…mamak sih gak mau pinjemi sandalnya” manyun lagi…

Fira liat ind***e di dapur
Fira : (bisik-bisik) “Maak…sst…bikinin mi Mak”
Mamak : “Tak bikinin mi ya” kenceng
Ummi : ” siapa tu yg minta mi, kab uda dimasakin sayur too”
Fira : “mamak sih kenceng2” simboke sing manyun

Ngapain

Temennya : “Fir, kamu tahun baru ngapain?”
Fira : “Aku tahun baru sekolah”
Temennya : “Kok sekolah?”
Fira : “Kan udah gak libur, jadi tahun baru sekolah”
(si ummi ngikik…xixixi)

Musim

Fira : “kok hujan terus ya Mi”
Ummi : “kan musim hujan. Ada musim hujan ada musim panas. Kalo musim hujan ya banyak hujannya. Kalo musim panas ya banyak panasnya”
Fira : “Kok cuma dua, kata ummi ada musim rambutan sama durian”
Ummi : “itu beda, itu musim buah…kalo musim buah ya macem-macem, ada mangga, rambutan, durian dan banyak lagi”
Fira : “kalo Piya pengen musim mainan… jadi banyak mainannya ya Mi”
….hiyyaaa…gak musim ae tiap hari berantakan, apalagi musim…xixixi…

Zina

Fira : “Zina tu apa Mi?”
Ummi : “mmm… cowok sama cewek berdua-duaan gituuu…” (ditahan njelasinnya)
…liat abi n umminya lagi berdua…
Fira : “Abi sama Umi zina yaa”
Ummi : ” (shocked) astaghfirullah… bukan mbak Fira, kan Abi sama Umi sudah jadi manten… zina tuh kalo belum jadi mantennn” (efek penjelasan gak lengkap…huhuhu…)
Fira : “Kok Piya gak liat jadi mantennya”
…. hadehh…..

Kenapa

Fira : “Mi, kenapa ….. gak pernah sholat? Nek dilaknat Allah piye, kan kasian…”

Efek lagu ‘sholatku ada lima’ (balonku), diakhir bagian kan gini syairnya
…siapa belum sholat…kan rugi di akhirat…nanti Allah melaknat… 🙂

Trus Piye 1

Fira : “Mi, entar nek dik Isam punya adik kan motornya Abi gak cukup, trus piye?”
Ummi : “ya Piya gak usah ikut naik, kan sudah besar”
Fira : “Alaah Miii….beli mobil lah Mi”
Ummi : “Ya, Mbak Fira bantuin nabung ya buat beli mobil”
Fira : “Tapi Ummi sih pinjem tabung Piya terus, kan jadinya gak penuh-penuh”

Sambil ngliatin celengan kucing, konon buat ke Mekkah, yg kalo akhir bulan seringnya bocor sama Umminya…gkgkgk…mangap ya Mbak Piya :p

Trus Piye 2

Fira : “Mi, kalo dik Isam uda besar kan kasurnya gak cukup buat betiga, trus piye?”
Ummi : “Ya kan kalo Mbak Fira uda SD bobok sendiri, gak sama Umi lagi”
Fira : “kasurnya?”
Ummi : “Ya nanti dibelikan yg baru”
Fira : “horee…Piya punya kasur baru”
Ummi : “Tapi entar boboknya gak sama Ummi lg hlo”
Fira : “Yawes, sama Abi we”

haiyahhh, turu dewe ndukkkk….
…..

bersambung ke Trus Piye 3 dst.. Setelah punya adik, wes mulai mikir masa depannya…gkgkgk…

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: