Skip to content

Fira SD (3) : Fira n Fren

14/03/2019

Fira : “Mi, di kelasku yang paling kecil Mbak Hanun”
katanya lagi,
“Tapi pas disuntik Mbak Hanun tuh nggak nangis, palah Mbak Rena yang lebih gede yang nangis”
Truss…
“Mbak Hanun tuh suka mancik-mancik meja, mungkin karena kecil ya Mi”
“Tas nya Mbak Hanun gede ya Mi”
“Ummi dulu waktu SD kecilnya kayak Mbak Hanun yak’e”
…..
Hahaha…. emang mungil temen Fira yg satu inih. Suka senyum-senyum kalo ketemu orang. Karena Fira, Hanun dan Rena ini hampir selalu datang ke sekolah paling pagi, jadi si Ummi sering ketemu. Sering nggodain. Dan nyemangatin. Ndak papa kecil, yang penting sholeha hohoho.
………

Fira memang sering banget cerita tentang kawan-kawannya. Bukan ghibah ya, cuma sekedar curhatan ala anak-anak. Kalo Fira curhat ‘jelek’ nya dikelas ya si Ummi ngingetin. Mbak Fira mesti ngingetin dan gak ikut-ikut jeleknya.

Pernah suatu kali agak ‘ngeledek’ soal nilai temennya. Dia dapat segini masak temennya cuma dapat segitu. Ummi tanya, “Kira-kira kenapa ya Mas A gak bisa ngerjain?”. Fira akhirnya nganalisa sendiri, “Mungkin nggak ada yang ngajarin ya Mi?” “Apa main terus jadinya nggak belajar?”. Ya, tanpa arahan, anak-anak kadang berpotensi membully tanpa sadar. Atau pamer tanpa sadar. Atau sombong tanpa sadar.

Ketika dapat nilai sempurna, harus selalu diingatkan bahwa itu nikmat dari Allah. Wajib bersyukur. Ketika merasa ‘lebih’ dari temannya, harus diingatkan temannya juga dikasih lebih yang lain dari Allah. Ketika uang sakunya merasa kurang, perlu didekatkan dengan mereka yang jangankan uang saku, sekolah saja bisa jadi susah.

Semoga, kelak mereka menjadi generasi yang peka lingkungan, peka sekitar, peka keadaan. Hati-hati bicara. Tidak mudah menyakiti, tidak mudah ‘baper’, tidak mudah ‘rumongso’/mentang-mentang.

Terlebih, ngerti kalo semua-mua itu Gusti Allah yang ngasih. Bahkan mulutmu yang buat kampanye itu juga Gusti Allah yang kasih. Eling, yang dengerin kamu kampanye gak cuma banyak orang, tapi juga Gusti Allah dan malaikatNya. Mugo-mugo gak dapet rapot merah dariNya. Ngunu!

51977536_1197817600373150_7058392242574065664_n

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: