Skip to content

Fira SD (4) : SDN Nuansa Islami

08/04/2019

Hari ini untuk kesekian kalinya berkesempatan nungguin Fira, karena kata Buk Guru ada mujahadah, jadi anak-anak pulang gasik. Dan memang dibolehkan masuk ke area sekolah, toh cuma ada 3 ortu yang nungguin. Saya beralasan karena setelah pulang langsung ngajak Fira bablas ke kota, ngintilin Umminya ngaji. Sebenernya ada alasan lain sih, pengen tahu bagaimana proses KBM disini, xixixi.

Kelas dibuka dengan berdoa, baca asmaul husna, dzikir dan surat-surat pendek. Trus nasehat dari Buk Guru. Saya tanya, ternyata setiap hari rutin begitu. Habis itu anak-anak bersih-bersih kelas baru boleh pulang. Kata Fira, guru-gurunya juga biasa sholat dhuha. Trus saya bilang agar anak-anak yang mau ikut dhuha diijinkan. Alhamdulillah di kompleks sekolah ada musholla. Kalo seragam panjang muslim rata-rata sudah pada pake.

Alhamdulillah. Tinggal ngawal pemahaman interaksi dan materi pelajaran. Karena tetep ini SD umum, bukan SDIT. Hanya saya pikir, tidak menyekolahkan ke SDIT bukanlah akhir segalanya. Yang menjadi akhir adalah ketika kita, ortunya, menyerahkan pendidikan mereka total ke sekolah. Padahal sekolah ya sekolah. Bukan orangtua dimana amanah anak secara langsung dititipkan olehNya.

Berinteraksilah dengan guru-gurunya, dengan teman-temannya, dengan orangtua temannya, bahkan dengan penjaga kantin (kebetulan embah-embah perempuan, Mbah Ju namanya) atau tukang bersih-bersihnya. Dan kebetulan, saya kenal kepala sekolahnya, karena Beliau ini istrinya sejawat.. xixixi.

Dalam sistem sekarang memang tak bisa ideal, namun ihtiar yang sungguh-sungguh dan pertolonganNya semoga mengantarkan kita pada hasil yang diharapkan. Aamiin.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: