Skip to content

Berkebun

22/04/2019

Berkebun itu tidak sekedar panennya. Tapi proses dan sabarnya. Alhamdulillah disekitar rumah tanahnya subur, tinggal dicangkul mudah saja. Bukan didaerah tandus padas dan susah air. Sayangnya, tanah-tanah subur yang potensial untuk pertanian banyak yang dialihfungsikan. Alhamdulillah, sekitar rumah juga banyak sumber air. Sumber air sangat penting tidak hanya untuk manusia, namun makhluk hidup lainnya. Sumber air bersih untuk kehidupan juga wajib dijaga. Bukan dirusak secara membabi buta demi kepentingan kantong segelintir orang. Tanah subur, cukup air, pemeliharaan (perhatian) yang bagus, memberi energi bagi tanaman untuk tumbuh & menghasilkan. Untuk sapa? yo nggo awake dewe eneh.

Ah nggak nanem juga bisa makan kok, impor saja gampang. Itu tipikal orang berpikir pendek minus visi. Tidak ada jaminan dari sebuah ketergantungan. Kemandirian, cermin keteguhan prinsip untuk dapat menyelesaikan persoalannya sendiri. Kelak, tidak akan mudah limbung, dan berpeluang lebih lama bertahan.

Ini agi soal makanan hlo Nduk. Nanti kita belajar persoalan yang lain…

*Edisi anak wedok seneng ngeliat cabenya uda pada nggantung & terongnya uda ngembang. Tinggal nunggu telo, tales & kacang panjangnya 🙂

Slide1

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: