Skip to content

Martabak

13/05/2019
by

Saya demen banget sama martabak. Telor atau manis, sama-sama suka. Sampe tahu martabak enak yang murah di Kotagede. Martabak texas, deket lampu merah PLN. Halal, murah dan enak. Kalo disini martabak depan indomaret Pabelan gkgkgk…… Kalo lagi berantem sama Abine Fira, kadang pengen disogok karo martabak. Sayang gak pernah, tipenya bukan perayu maut gkgkgk….. Saya ngasih tahu netizen, siapa tau pengen silaturahim, trus bingung mo ngasih apa. Nah, ngasi martabak aja (huahaha ngarep).¬†Jadi inget jaman kuliah beli martabak telor yang enem rebuan, trus buat lauk berdua sama temen sekamar. Kalo martabak manis suka yang kacang pisang. Yang 10 rasa belum pernah nyoba. Jadi kalo ada yang mo ngasi, mau lah. Asal jangan rasa batu bara aja.

Etapi, yang penuh kenangan tuh martabak manis ala SD. Namanya terangbulan. Biasanya dijual sama tukang keliling. Kalo beli tinggal dipotong. Ya Allah, enaak banget walopun olesan isinya gak tebel. Dulu 100 perak dapat setengah potong. Makannya pelan-pelan… ben gak cepet habis. Sekarang uda jarang yang jual. Ngemeng-ngemeng, Abi juga pernah jualan martabak. Dibungkus bijian, seribuan. Bikinnya sejak jam 2 malam, jam 6 pagi dianter ke warung. Tenaganya cuma mampu bikin maksimal 100 pc. Untungnya gak nyampe 50 rebong. Jadi ngebayangin penjual martabak minimalis kayak Abi. Dan ngehargain mereka yang mengais rejeki dengan jualan makanan kecil. Karena tenaganya luar biasa, sejak bangun buat masak hingga menjajakkan ke warung atau dijual sendiri dengan keliling. Untungpun tak seberapa, itupun kalo laku semua. Kalo basi yasudah.

Mereka penjual kecil yang kadang untungnya cuma cukup untuk makan sehari. Itupun kadang modal kesedot disana-sini. Maka jangan melulu kulinering di resto fantastis. Cobalah sekedar beli arem-aremnya Mbah Ju, bakso pentolnya Pak Jumanto, klenyemnya Mbah Kem atau gorengannya Lek Di. Mungkin cuma 2 rebu atau 5 rebu, tapi bagi mereka itu luar biasa. Karena usaha mereka ya cuma itu, dan gak punya saham dimana-mana.

Ah!

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: