Skip to content

Makan yang Ada

15/05/2019

Dirumah tidak selalu saya sediakan makanan yang ‘menggugah selera’ ala anak-anak. Pernah malah hanya sekedar tempe goreng, kerupuk atau satu telor dimakan bertiga. Bukan karena sekedar prihatin, tapi yo biar Fira bisa ngrasain, kadangkala apa yang kita inginkan tidak selalu sesuai ekspektasi. Kadang protes sih, “Kok cuma tempe to Mi”. Si Ummi cuma mbilang, “adanya tempe yo sama tempe, kalo Mbak Fira nggak mau ya nggak usah dimakan. Tapi tempenya jangan diejek, kasihan”. Biasanya trus ngambil nasi sambil cembetut. Kalo uda tenang, kadang Ummi puterin tuh video anak-anak yang gak punya rumah, orangtua apalagi makanan. Palah sampe ada yang kepaksa ngais sampah. “Kasian ya Mi”, kata Fira. Akhirnya kalo ada temennya yang nanya, “kok cuma sama tahu Fir”, katanya, “Adanya tahu yo makannya sama tahu” xixixixi… Alhamdulillah, tahu kan juga nikmat dari Allah yang wajib disyukuri.

Mulut manusia memang kadang pengennya selalu yang enak. Kalo tidak diuji dengan kesederhanaan, kadang mudah meremehkan, atau jatuh pada kesombongan. Tidak terbiasa legowo. Kekanak-kanakan. Ngambekan. Ini yang bikin dunia makin gak asyik. Bayangin aja ketemu sama orang yang ‘sok’ dan minim empati. Haqul yaqien, orang seperti ini biasanya nggak ngerasa kalo dirinya nyebelin, tapi tetep pede kalo dia itu baik-baik saja bin keren. Parahnya, kalo orang kayak gini kumpul jadi satu. Orang-orang yang hanya paham hidup kaya, hidup penuh kuasa, hidup mudah. Gak mau susah. Bisa jadi, menghalalkan segala cara jadi kesehariannya. Dan musibahlah, ketika orang-orang begini ngatur negara kita. Jangankan manusia, Tuhan saja mungkin tidak ditakutinya.

Semoga, kita juga tidak diam. Berupaya agar sebenar-benar manusia lahir dan menjalankan amanah karena hanya takut kepadaNya. Aamiin…

One Comment leave one →
  1. Monda permalink
    25/05/2019 23:12

    mbak Fira udah keren, bisa niru omongan umi ke temannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: