Skip to content

Setapak (2)

20/09/2019

Kali ini bareng anak wedok. Kadang ngeluh sih, “Kok jalan terus to Mi, Piya kan capek”. Maklum, pulang sekolah. Tur pulang sekolah yo jalan kaki, nek Abine pas gak bisa njemput. Biasane trus Ummine akhire ngecuprus, ngajak cerito. Opo ae. Ben gak kerasa, tauk-tauk nyampe. Nyari cerito sing bisa mbikin Piya senyam-senyum, nek gak yo ngakak bareng. Kadang ngomongin Abi, ngomongin sekolahnya, ngomongin Isam, dan lainnya. Misal waktu dulu Abi ngunci pintu rumah dari luar, padahal dirumah ada Ummi & Piya. Atau cerita Fafa temennya, yang baksonya nggelinding dari laci meja & ketahuan Bu Halim kalo abis jajan. Pernah juga ngomongin masa depan, berandai-andai. Kayak Fira pernah nanyak, “Mi, kalo Isam punyak adek, dikasi nama sapa?”. Kata Ummi, “Pokoke jangan Luhut sama Wiranto!”. “Kenapa?”. “Ummi GAK SUKA!” gkgkgk….

Trus, hari ini cerita apa? Cerita soal tes. Yup, minggu ini jadwal ujian di sekolahnya. Trus Ummi tanya, “Ada yang gak bisa?”. Katanya, “Piya gak bisa basa jawa. Ummi ki piye, orang jawa kok gak bisa ngajarin Piya basa jawa (materi pelajaran maksudnya)”. Xixixi… Hawong soal kelas 2 kok cerito pewayangan, punokawan, hayo ramudeng to simboke. Ndisik Mbah Kakunge langganan Panjebar Semangat ae paling sing diwoco opo tumon karo alaming lelembut gkgkgk…

Trus tadi ngeluh, panas banget. Si Ummi cerita, diluar sana palah ada yang gak keliatan jalannya. Soale jalannya penuh asep. Goro-goro kebakaran dimana-mana. “Kebakaran kayak di kebon RC dulu?”, tanyanya. Oh iya, kebunnya kantor baru-baru ini juga kebakaran. Gak tauk juga api darimana. Tauk-tauk uda besar & kemana-mana. Alhamdulillah damkar cepet datang jadinya gak kena area pembibitan.

Hla iya, kebakaran kebun kecil saja sudah bikin panik. Apalagi berhektar-hektar. Gak tauk pulak siapa aktornya. Cuma, kejadian berkali-kali kok bisa gak jadi pelajaran. Apa karena emang dibiarkan? Atau bencana asap tidak dianggap lebih penting dibanding kampus/dosen/mahasiswa/sekolah yang terpapar radikalisme? Hingga setiap yang dituduh ‘radikal’ pemerintah gercepnya luar biasa! Dibilang mengancam begini & begitu.

Gak ngaca, ancaman nyatanya sudah kemana-mana. Sudah ngrampog duit rakyat, sudah teken kuota impor, sudah naikin iuran macem-macem, & sudah nggelar karpet merah buat maling negara.

Yang ngritik & mengingatkan, lagi-lagi, dialah ‘radikal!’. Pantas dibungkam! Pantas disematkan musuh bersama!

*Baiklah Nak. Mungkin jalan ini panas n terjal. Tapi jika Allah mewajibkan kita melaluinya, apa ada pilihan?!

70729405_1355132504641658_3901894839712612352_n

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: