Skip to content

Fira SD (6) : Tes

10/10/2019

“Umi Piya besok tes”
….
“Tes tu apa?”
….

Itu waktu kelas 1, tes pertama. Ya Ummi bilang, suruh ngerjain soal kayak biasanya. Paling beda kertasnya doang. Abis itu dia nyante aja kalo mau ada tes.
“Besok tes nya apa?” tanya Ummi suatu kali
“Tema 3 Mi”
“Bisa ngerjain gak kira-kira?”
“Gak tau lah, kan baru besok”
“Uda belajar?”
“Uda. Kan tiap hari belajar sama Bu Guru di sekolah. Sekarang Piya mau nggambar dulu” gkgkgk…

Kemarin diliatin tes nya. Umi liat yang salah bagian mana aja.
“Umi tauk jawaban ini apa?” nunjukin pilihan ganda soal kesenian, tentang tempo, birama, dll.
“Nggak”
“Piya juga nggak” gkgkgk.
Ummi paling ngomentarin yang agama. Nyambung huruf hijaiyah nya masih ada beberapa yang salah. Oh sama ketelitian. Kadang kalo nulis kurang huruf, masih salah antara huruf besar & kecil. Selebihnya oke lah.

Kita kadang ngobrolin gimana dulu waktu Ummi sekolah. Pernah si Ummi tes banyak salahnya. Akhirnya Bu Guru ngasi tambahan setelah pulang sekolah. Ummi bilang, gak apa-apa banyak salahnya. Gak usah malu. Yang penting tau kenapa bisa salah & benernya gimana. Itu namanya belajar. Kalo dikasi tau ya didengerin, biar jadi bisa. Suatu kali pernah nanyak, “Entar kalo SMP mesti susah ya Mi? Piya gak mau SMP ah kalo susah”. Trus? Gak sekolah? “Iya. Piya mau jadi chef aja. Sekolahnya SD aja yang gampang” gkgkgk

Ummi juga cerita, dulu Ummi juga mikir sama. Kalo uda SMA gak mau kuliah ah, susah soalnya. Gak cuma susah pelajarannya, tapi juga susah duitnya (uhuk). Maklum golongan miss queen yang tidak dipelihara negara. Tapi, karena pertolongan Allah, semua jadi bisa.

Hiya. Piya bisa sekolah, bisa ngerjain tes, itu karen pertolongan Allah. Gak ada yang susah kalo Alah sudah nolong. Trus senyum-senyum.

Baru ngomongin SMP ya, belum ngelanjutin SMA/STM (lebih garang STM daripada  esemka gkgk), kuliah mpe kerja yang semakin sulit saja. Maka menanamkan semangat karena Allah, harus terus dilakukan. Semangat karena benar, semangat karena halal, semangat karena berkah. Agar tidak mudah dijatuhkan. Oleh kebatilan. Oleh kedzaliman.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: