Skip to content

Kampong Jengkol

Kampong Jengkol nambah atu penghuninya, si Oyen junior. Tapi nyang eneh kagak bauk jengkol kek penghuni laennyah. Kampong Jengkol ituh gemah ripah loh jinawi toto tentrem kerto raharjo (iki betawi opo Jowo toh jane), trus orang bilang tanah kita tanah surge, tongkat kayu dan batu jadi tanaman, bikin betah, itu mangkanye dulu Belanda, Jepang pada demen main di mari, main lompat tali, main petak umpet, main bola, main perang-perangan mpe perang beneran. Kampong Jengkol entu wangi, sewangi melati...

Fira SD (5) : Rapat Wali Murid

26/06/2019

Awal bulan ini menghadiri undangan rapat wali murid di SDN tempat Fira sekolah. Ada beberapa hal yang tercatat selama rapat. Antara lain:

Read more…

Makan yang Ada

15/05/2019

Dirumah tidak selalu saya sediakan makanan yang ‘menggugah selera’ ala anak-anak. Pernah malah hanya sekedar tempe goreng, kerupuk atau satu telor dimakan bertiga. Bukan karena sekedar prihatin, tapi yo biar Fira bisa ngrasain, kadangkala apa yang kita inginkan tidak selalu sesuai ekspektasi. Read more…

Celoteh Fira (9)

13/05/2019

Taraweh

Fira :”Taraweh kok lama men to Mii… capek Piya”
Ummi : “Hla kan cuma berdiri rukuk sujud… hawong lari-larian sama Isam aja gak capek kok, iya to?” Read more…

Martabak

13/05/2019
by

Saya demen banget sama martabak. Telor atau manis, sama-sama suka. Sampe tahu martabak enak yang murah di Kotagede. Martabak texas, deket lampu merah PLN. Halal, murah dan enak. Kalo disini martabak depan indomaret Pabelan gkgkgk…… Read more…

Ijin, Adab yang Terlupakan

13/05/2019

Satu hal yang paling tampak saat anak-anak tetangga main kerumah adalah, tidak diajarkan tentang ijin. Baik ijin menelusuri isi rumah, maupun ijin mengambil mainan. Istilah jawanya, mudah bludas bludus, bahkan masuk ke kamar seenaknya. Ini yang kadang bikin saya rodo garang, hingga harus ngingetin kalo mainan diluar saja, GAK boleh masuk ke kamar! Read more…

Berkebun

22/04/2019

Berkebun itu tidak sekedar panennya. Tapi proses dan sabarnya. Alhamdulillah disekitar rumah tanahnya subur, tinggal dicangkul mudah saja. Bukan didaerah tandus padas dan susah air. Sayangnya, tanah-tanah subur yang¬†potensial untuk pertanian banyak yang dialihfungsikan. Read more…

Es Krim

22/04/2019
by

Es krim dan indomi (jiah nyebut merk), 2 makanan favorit Fira. Tapi sekalipun favorit, yo tetep nggak sering-sering. Opomaneh sing ke-2, si Ummi paling cerewet soale. Kadang juga¬†jadi salah satu sumber perseteruan internal. Read more…