Skip to content

Kampong Jengkol

Kampong Jengkol nambah atu penghuninya, si Oyen junior. Tapi nyang eneh kagak bauk jengkol kek penghuni laennyah. Kampong Jengkol ituh gemah ripah loh jinawi toto tentrem kerto raharjo (iki betawi opo Jowo toh jane), trus orang bilang tanah kita tanah surge, tongkat kayu dan batu jadi tanaman, bikin betah, itu mangkanye dulu Belanda, Jepang pada demen main di mari, main lompat tali, main petak umpet, main bola, main perang-perangan mpe perang beneran. Kampong Jengkol entu wangi, sewangi melati...

Yang Kececer

25/11/2016
by

Hadeh bingung ngasi judul apa, …yowes ‘Yang Kececer’ aja, yo biar gak kececer dan keinget lagi aja (apa seeh). Jadi sodara sebangsa setanah air yang makin mahal aja harganya (lak iya toh, mana ada tanah dan air yang makin murah), ini tuh tentang catetan si Ummi Oyen seputar hamil, nyusui dan KJ junior, ituh Mbak Fira dan adiknya, Isam….berdasarkan apa yang dialami, sapa tauk ada mangfaatnya (dibaca ya Nduk, sape tauk sebentar lagi punyak keturunan sama Bang Togar *jadi tak?), ya kalo gak ada mangfaatnya, siapa tauk berguna. Kalo mangfaat dan guna pun tak ada, ya sapa tauk lagi suntuk dan butuh pelampiasan, jadi abis baca ini tambah suntuk trus ngantuk dan bubuk…abis itu bangun seger lagee…yee… Hadeh, lama amat prolognya, yuk ah mari mulai mbaca….cekidot Mak (sambil nenenin kak Ibram)… Read more…

Tukang Bubur

04/10/2016

Suatu kali sepulang beli bubur…

Fira : “Mi, entar Piya kalo sudah besar mau jual bubur kayak embah”

Ummi : “kenapa Mbak Fira mau jualan bubur?”

Fira : “ya biar Piya gak laper to, biar Abi sama Umi juga gak laper…nanti temen-temen Piya yang laper dikasi bubur Piya…ya Mi?”

Ummi : “mmm..kayak temen-temen Piya yang di Suriah itu ya, kasian, gak punya rumah, gak ada maem”

Fira : “rumahnya dihancurin sama orang nakal Mi?”

Ummi : “Iya…nakal dunia akhirat”

Read more…

Mainan

26/07/2016

Tentang jajan udah, nahh…sekarang tentang mainan. Jujur, Fira hampir gak punya mainan, palingan sekarang cuman punya bola, sama beberapa mainan plastik yang sudah tidak berbentuk lagi. Lah, emang si Ummi gak pernah ngebeliin apa? Ya pernah, kayak Read more…

Toleran ala Mang Diman

15/06/2016

Sudah jadi kebiasaan, kalo saban Ramadhan, warung bakso Mang Diman kagak jualan. Ngkenapa? Apa gara-gara takut dirazia sama SPIDOL (SatPol PP Kampong Jengkol lah)? Atau biar Jenab kagak tergoda puasanya? Maklum, biar udah lewat masa kanak-kanak, tuh anak suka gampang tergoda sama aroma kuah yang bercampur bumbu dan rempah (jiah), atau karena daging sapi nyang nyampe sekian ratus rebong per kg? sampe-sampe ada nyang nyaranin ganti bakso semut aje, biar berasa pedes, jadi gak usah beli daging sapi sama cabe sekalian (haish, entar para aktipis lingkungan satwa pada perottes gara-gara semut-semut imut cemungut jadi korban pembunuhan massal, apa gak bakal dituntut tuh ke komnashaw, hadeh, mbelibet dah).
Read more…

Fira dan Maskam

08/06/2016
by

Dulu, Oyen demen masjid yang bagus, bersih (termasuk tempat wudlu dan kamar mandinya) dan semarak kegiatannya. Sekarang, nambah satu, ramah anak… soale wes duwe anak… membiasakan anak cinta masjid. Jadi harusnya nyaman untuk anak, disamping simboke yo bisa tetap nyaman beribadah atau ikut kajian, bukan malah tereak dikit dibentak, ramai dikit diusir atau usil dikit diancem, pegimana gak trauma tuh anak-anak, bisa-bisa abis ituh ogah ke mesjid, dan pastinya emaknya juga ikutan kagak ke mesjid, karena si anak kagak mau ikut…berantai kan efeknya…xixixi (ini ngikik ya, harusnya gak diitung kata).

Read more…

Jajan

02/06/2016

Apa sih yang kadang dikhawatirin eMak-eMak tentang anaknya? Salah satunya adalah semangat nya yang membara untuk jajan. Soalnya, kadang kita gak bisa njamin, jajannya itu jajan yang halal dan toyib. Apalagi seringnya kandungan jajan jaman sekarang itu isinya kadar gula yang tinggi, zat pewarna dan pengawet, atau MSG. apalagi ada isu-isu yang ada kandungan zat berbahaya lain atau bahkan drugs! OMG! Dan yang jadi problem lagi, kalo si anak jadi ketagihan jajan dan rewel gak karuan kalo gak dibeliin…weh, nambah tantangan lagi tuh.
Read more…

Lagi Bejo

24/05/2016

Ini edisi kesekian, blog e Oyen sing hora mutu sak ndonya cerita tentang kebejoan. Emang udah berapa kali bejo? Xixixi…eLo itung ndiri aja, intipin noh postingan2 jaman lalu, biar blog e Oyen sing hora mutu sak ndonya ini banyak yang ngeklik….xiaxaxaxa… *haishhh.
.

Read more…