Skip to content

Kampong Jengkol

Kampong Jengkol nambah atu penghuninya, si Oyen junior. Tapi nyang eneh kagak bauk jengkol kek penghuni laennyah. Kampong Jengkol ituh gemah ripah loh jinawi toto tentrem kerto raharjo (iki betawi opo Jowo toh jane), trus orang bilang tanah kita tanah surge, tongkat kayu dan batu jadi tanaman, bikin betah, itu mangkanye dulu Belanda, Jepang pada demen main di mari, main lompat tali, main petak umpet, main bola, main perang-perangan mpe perang beneran. Kampong Jengkol entu wangi, sewangi melati...

Abrisam Firdaus

29/12/2016

Konon ada yang perotes, hambok gantian yang mejeng adiknya Fira, jangan Fira mulu…gkgkgk. Haiyo toh, hla adike pan baru nongol sekian bulan lalu, wajarlah belum sempet dipajang, piye to…

Read more…

Do Man

21/12/2016

Eits.. sok iye pake basa englis…gkgkgk… Jiah, pada ketipu. Do Man ituh mangsudnya Doyan Makan, biar kekinian, ikutan mbikin singkatan…gkgkgk (pasti Genduk mbacanya Del Man, iya to? Nek Pak’e opo Pakdhe musti Do Main, kebanyakan ngutak-ngatik belog…gkgkgk). Emang mo nulis apaan sih, kok ngebahas Doyan Makan segala. Iya. Ini masih edisi pengalamannya Mbak Fira, yang emang doyan makan. Lah, bukannya semua orang doyan makan yak? Palingan si Oyin doang yang gak doyan makan gara-gara ditinggal merit pujaan…gkgkgk. Eits, jangan salah, ternyata banyak anak-anak yang gak doyan makan…

Read more…

Yang Kececer

25/11/2016
by

Hadeh bingung ngasi judul apa, …yowes ‘Yang Kececer’ aja, yo biar gak kececer dan keinget lagi aja (apa seeh). Jadi sodara sebangsa setanah air yang makin mahal aja harganya (lak iya toh, mana ada tanah dan air yang makin murah), ini tuh tentang catetan si Ummi Oyen seputar hamil, nyusui dan KJ junior, ituh Mbak Fira dan adiknya, Isam….berdasarkan apa yang dialami, sapa tauk ada mangfaatnya (dibaca ya Nduk, sape tauk sebentar lagi punyak keturunan sama Bang Togar *jadi tak?), ya kalo gak ada mangfaatnya, siapa tauk berguna. Kalo mangfaat dan guna pun tak ada, ya sapa tauk lagi suntuk dan butuh pelampiasan, jadi abis baca ini tambah suntuk trus ngantuk dan bubuk…abis itu bangun seger lagee…yee… Hadeh, lama amat prolognya, yuk ah mari mulai mbaca….cekidot Mak (sambil nenenin kak Ibram)… Read more…

Tukang Bubur

04/10/2016

Suatu kali sepulang beli bubur…

Fira : “Mi, entar Piya kalo sudah besar mau jual bubur kayak embah”

Ummi : “kenapa Mbak Fira mau jualan bubur?”

Fira : “ya biar Piya gak laper to, biar Abi sama Umi juga gak laper…nanti temen-temen Piya yang laper dikasi bubur Piya…ya Mi?”

Ummi : “mmm..kayak temen-temen Piya yang di Suriah itu ya, kasian, gak punya rumah, gak ada maem”

Fira : “rumahnya dihancurin sama orang nakal Mi?”

Ummi : “Iya…nakal dunia akhirat”

Read more…

Mainan

26/07/2016

Tentang jajan udah, nahh…sekarang tentang mainan. Jujur, Fira hampir gak punya mainan, palingan sekarang cuman punya bola, sama beberapa mainan plastik yang sudah tidak berbentuk lagi. Lah, emang si Ummi gak pernah ngebeliin apa? Ya pernah, kayak Read more…

Toleran ala Mang Diman

15/06/2016

Sudah jadi kebiasaan, kalo saban Ramadhan, warung bakso Mang Diman kagak jualan. Ngkenapa? Apa gara-gara takut dirazia sama SPIDOL (SatPol PP Kampong Jengkol lah)? Atau biar Jenab kagak tergoda puasanya? Maklum, biar udah lewat masa kanak-kanak, tuh anak suka gampang tergoda sama aroma kuah yang bercampur bumbu dan rempah (jiah), atau karena daging sapi nyang nyampe sekian ratus rebong per kg? sampe-sampe ada nyang nyaranin ganti bakso semut aje, biar berasa pedes, jadi gak usah beli daging sapi sama cabe sekalian (haish, entar para aktipis lingkungan satwa pada perottes gara-gara semut-semut imut cemungut jadi korban pembunuhan massal, apa gak bakal dituntut tuh ke komnashaw, hadeh, mbelibet dah).
Read more…

Fira dan Maskam

08/06/2016
by

Dulu, Oyen demen masjid yang bagus, bersih (termasuk tempat wudlu dan kamar mandinya) dan semarak kegiatannya. Sekarang, nambah satu, ramah anak… soale wes duwe anak… membiasakan anak cinta masjid. Jadi harusnya nyaman untuk anak, disamping simboke yo bisa tetap nyaman beribadah atau ikut kajian, bukan malah tereak dikit dibentak, ramai dikit diusir atau usil dikit diancem, pegimana gak trauma tuh anak-anak, bisa-bisa abis ituh ogah ke mesjid, dan pastinya emaknya juga ikutan kagak ke mesjid, karena si anak kagak mau ikut…berantai kan efeknya…xixixi (ini ngikik ya, harusnya gak diitung kata).

Read more…