Skip to content

Kalo uda rejeki, gak bakal lari

03/11/2010

Ini cerite Oyen waktu sok berasa jadi mahasiwa. Karena Oyen dari latar belakang keluarga melarat dan hampir sekarat menurut kepala adat, keluarga ekonomi lemah menurut embah, keluarga dibawah standar rate-rate menurut femerinte, dan keluarga di bawah lepel sejahtere nurut Bank Dunie, maka Oyen ngerasa layak dan berhak memburu beasiwak. Naaah…sejak jadi new comer Oyen dah rajin ntuh hunting beasiwak, mpe satu map setebel 5 m (leubay) isinya berkas lamaran beasiwa semua (dari surat gak mampu dugem, rekening listrik tetangge, surat utang gak lunas-lunas mpe surat ngkredit piring segala dibendel rame-rame). Dan suatu kali loloslah beasiwak nyang pertame. Thanks wat Rodiah bin Daim, kakak tingkat Oyen nyang dulu ngasih tips wagu tapi ampuh wat Oyen.

Dulu ceritanye waktu mo nglamar Oyen dicegat ma die gara-gara pake baju meling-meling nan kerlap-kerlip bunga-bunga pink semu merah dengan nuansa cerah dan aroma mewah (bayangin yak..), ehh disuruh pulang ganti baju ma die. Konon suruh ganti baju buthek motif kelunturan rada kusut ampir cekak ma ada tulisan di dadanya “baru minjem, itupun diancem, kalo pulang burem bakal di bacem!” (asyeeeeemmm…mbakyu.com). Lumayan akhirnya dapet, dan entu duit cukup wat motokopi catetan pak dosen nyang kek ceker marmut keseleo entu, maklum Oyen paling malezzz nyang namanya nyatet, pura-puranya aja mbuka buku, padahal nyang ditulis cuman puisi ala pujangga nguantuk dan kelaperan (jangan ditiru ye, sekarang! Nanti gak ape2).

Tapi pada suatu ketika, lamaran beasiwa berekutnya gagal total, gara-gara kagak tau ada panggilan wawancara. Maklum, mentang-mentang mahasiwa baru sok latihan demo di depan warteg, perottes kenape seribu cuman dapet ikan teri, padahal tiap kali makan Oyen mbawa piring, sendok, ma kobokan ndiri (hiks… gak liat apa badan segede lidi). Oyen mpe nghubungin entu panitia kalo-kalo masih ada harapan wat wawancara, dan bilang kalo Oyen butuuuuh banget entu duit wat makan sate, beli tinte, bayar spp dan ngasi kernet angkot pastinye. Tapi tetep panitia gak mo tauk (ra urus! kate genduk mah), aturan harus tetap dijalankan, hukum harus ditegakkan, keadilan harus diutamakan…tepi tetep buat Oyen ini kagak adeeeeellll pannnnnnnn….

Mpe lebih dari 99 hari 9 jam 9 menit dan 99,99 detik (ngarang neh? Ya iya lah) Oyen masih aja gak enak makan. Makan ikan rasa beling, makan telor rasa kerikil, mpe makan ayam gratisan tetep berasa batu kali (ketauan demen makan begituan, pantes jualan material Ngkong Mamat cepet ludes), trus gak nyenyak tidur walopun kasur di kost-an udah lebih empuk dari trotoar…pffffh. Akhirnya Oyen dapat terapi mental dari ncing-ncing di kostan, mpe akhirnya pelan-pelan otak Oyen padang jingglang gak buthek lagi. Oyen sadar kalo udah rejeki gak bakal lari (soalnyah kagak punye kakiiii), tapi kalo belon rejeki biar Oyen nungging di lembah anai-anai pasti juga gak bakal dapet. Kuncinya cuman atu…ikhlas..(Ceile…mangkin sadar ni Oyen, kalo sadar gitu senyumnya ngalahin Tamara mBlezekki)

Dan emang, rejeki tuh udah ada nyang ngatur, dan rejeki gak melulu dalam bentuk uang dan barang. Keluarga, kesehatan, kesempatan, ilmu dan pertemanan itu juga rejeki. Dan Oyen beruntung ngedapetin entu semua nyang gak ternilai harganya.


Jenab : berarti aye juga rejeki wat Lo dong Yen

Oyen : iye, pan kalo gak ade Lo, gak ada nyang bantuin babe ngangkut tabung gas 50gk ma mbenerin genteng nyang bocor… hag…hag…hag…

Jenab :



20 Comments leave one →
  1. 03/11/2010 22:25

    Sing pertamax mesti aku…😀

    mbayarrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr…. beuhhhh😦

    • 03/11/2010 22:26

      Wingi2 nek aku langsung komeng yo mesti pertamax terus…
      Tapi ben gak ngetarani nek aku penggemar, mulane aku nunggu ben ora pertamax😆

      saiki sing pertamax mbayar… ditransfer yooo😀

  2. 03/11/2010 23:05

    disyukuri apa yang udah didapet, kalo belum dapet ya usaha lagi
    betul tidak mba’ ^^

    entar tak tanya Jenab😀

  3. 03/11/2010 23:24

    simbok bilang, “ape yang yang Allah berikan, itulah yang terbaik buet kite le…”

    simbok mu bener *ngomong sama lele?🙄

    sampek ikut2an e semue….

    sampek engtay😀

    salam kenal, pingin banyak temen nih… (abiy)

  4. mandor tempe permalink
    04/11/2010 06:50

    Beasiwa ne sido oleh tah ora ki ?
    Rejeki sudah disediakan, bagaimana cara mengambilnya itu tergantung dari masing-masing orang,Monggo dilanjut

    manut pak mandor, ben gak di dor😀

  5. 04/11/2010 08:40

    ikhLas memang susah..
    tapi jangan pernah menyerah..
    *opppooooooooooo iki…

    luwih susah matematika Lek… jare ponakanku😛

    • 04/11/2010 12:59

      he..tumben hari komeng mung siji ora heeem sik😀

      agi waras *tumben😛

  6. Laki-laki Biasa permalink
    04/11/2010 09:11

    Bersiwak itu bagus bu guru.. dianjurkan oleh Rasul🙂

    uda pinter main plesetan neh😆

    Btw, itu udah bawa piring dan sendok, kenapa juga harus bawa kobokan lagi?😛😀

    kalo aus tinggal di minum…mau?😆

    • Laki-laki Biasa permalink
      05/11/2010 08:27

      Hmmmm.. dia iklan😀
      Mau ganti nomer hape ya bu guru?😛

  7. 04/11/2010 13:00

    iye yen,rejeki kagak kemane,tapi kita juga kudu ngejemput rejeki itu.

    tapi congrats yaa,ojen bisa meraih beasiswa sekaligus :-bd

    Hoh???… Ojen nyang mane neh? ncing sotoyyy😛

  8. 04/11/2010 16:31

    Betul kata Yu’ Neng, Rejeki walau sudah di atur tapi harus dijemput. Kan kagak mungkin rejeki nyamperin kite…

    entar Oyen jemput ma Pak re te… jangan cemburu yeee.. hag…hag…hag😀

  9. 04/11/2010 17:23

    Seperti biasa …
    Inti ada di bagian akhir …
    yes indeed …
    Keluarga, kesehatan, kesempatan, ilmu dan pertemanan itu juga rejeki …
    Rejeki yang tidak ternilai…

    trepod jugah😀

    Salam saya Yen

  10. 04/11/2010 19:45

    Dan seperti biasa, inti dari tulisannya Oyen justru ada di komentar saya😀

    hoekkssssssssssssss…. mulezzzz.com😛

  11. 05/11/2010 08:00

    Mudah2an tahun depan ada rejeki Oyen makan jagung bakar di tepian Mahakam…😀

  12. 05/11/2010 12:44

    setuju Mbak Oyen, rezeki sudah disediakan oleh Allah swt,
    tinggal kita menjemputnya dgn segala ikhtiar ..
    duh, adem banget baca tulisan ini, apa dah dikasih AC tho ?😀
    salam

  13. 06/11/2010 20:39

    alhamdulillah ya Yen…
    kalo saya mah.. nggak bakat dapet beasiswa..
    tapi tetep bersyukur.. ortu bisa bayarin kuliah…

  14. 15/11/2010 10:40

    Bersyukur kepada Allah

  15. 10/12/2010 08:57

    *tunjuk tangan…soale tiba2 kehilangan “obat ikhlas” *

    GImana cara mendapatkannya ikhlas nya, mbak oyen ?

    percaya bahwa apapun ketetapan Allah itu yg terbaik🙂

Trackbacks

  1. NINE FROM THE GIRLS #1 | The Ordinary Trainer writes …
  2. Lebih baek Naek Gaji, apalage Naek Haji (Aamiin) « Oyen punya cerita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: