Skip to content

Frenship

03/09/2023

Pulang-pulang ngambek. Gara-gara marahan sama temen-temennya. Barangnya dimainin trus dikotorin, gak dibersihin. Padahal baru beli. Trus lapor ke Umminya,

“Pokoknya Aku mau pindah sekolah. Temenku nyebelin semua” sambil mecucu mulutnya

“Masak sih, baik-baik kok temen Mbak Fira”

“Hya kan kalo didepan Ummi. Ummi kan gak satu sekolah, jadi gak tahu. Ummi si enak temen-temennya baik semua, pada ngaji soalnya” masih sambil mecucu

Trus cerita semuanya. Si Ummi manggut-manggut aja sambil tanya-tanya. Gak nyalahin temennya, juga gak nyalahin Fira nya. Netral gkgkgk…. Hya kita paham lah sudut pandang anak-anak. Kita kan pernah ‘jotakan’ (marahan) sama temen waktu kecil. Uda bisa ketebak lah, berapa hari juga baikan lagi.

….

Abis magrib, si Ummi ngajak ndoain temennya. Biar Allah lembutkan hati dan dimudahkan masuk petunjukNya. Anaknya masih protes,

“Gak mau. Umi aja sendiri, kayak gitu kok didoain” gkgkgk

….

Berapa hari ngambeknya uda ilang. Ummi tanya tentang kegiatan di sekolah, uda mulai cerita yang baik soal temennya. Berarti uda gak problem. Uda gak minta pindah sekolah lagi xixixi….

….

Sekali waktu Ummi cerita soal temen-temen Fira, yang banyak gak seberuntung dirinya. Ya si Ummi tahu soalnya suka ngobrol sama ortu/mbah/wali nya. Ada yang ditinggal ayahnya ntah kemana, ada yang ortu se mbah nya sibuk semua, ada yang uda yatim, ada yang kurang perhatian. Jadi kalo Fira protes kenapa temen-temennya suka minjem barang seenaknya, kadang gak ngerjain PR, lupa bawa LKS, ngeledek, ya mungkin dirumah gak ada yang ngasih tau, atau gak diulang-ulang ngasi tauknya kayak Ummi. Ya kalo gitu lagi diingatkan aja. Kalo diingatkan sekali masih ngulangi, ya mesti diingatkan lagi. Jangan lupa, kasih tahu, Allah sayang sama orang yang dikasi tau yang baik trus mau ndengerin.

Ya emang masih sering debat si sama Umminya kalo uda ngobrolin sesuatu yang belum klop. Tapi gak masalah, justru itu si Ummi jadi tahu sejauh apa si anak mikirnya. Bagian mana yang masih belum clear. Dan gak mesti di clear in saat itu juga. Dikit-dikit ngasi tauknya. Pas lagi coolingdown. Jangan pas lagi ngambek. Kalo pas ngambek mah dengerin dulu aja sampe puasss curhatnya gkgkkgk….

…..

Suatu kali pernah ngisi kajian remaja dan ada yang curhat. Anak SMP. Gak biasa ngobrol sama ortu. Pulang sekolah ya sibuk di kamar. Main gadget. Ya kadang memang pola komunikasi dengan anak tidak semua ortu paham. Kalo dulu mungkin masih minim masalah, karena tidak banyak bentuk eskaping melenakan yang ditawarkan. Ya saya termasuk yang tidak biasa curhat sama ortu. Cuma dulu mungkin tantangan lingkungan gak se toksik sekarang. Dan akhirnya ketemu dengan sirkel pergaulan yang positif. Maka memang penting juga kelak kita memastikan anak-anak mendapat sirkel yang menguatkan ketakwaan. Karena ada masanya mereka lepas darai jangkauan orangtua. Ini yang sering saya sampaikan ke para remaja, karena kebetulan ikut membina mereka.

Karena tanpa pengingat ketakwaan, jangankan dengan teman, hawong atasan saja bisa mengorbankan bawahan dan menghabisi ajudan. Senior saja bisa kalap dan menghabisi junior, yang seharusnya dibimbingnya. Koalisi saja cuma demi kepentingan, padahal bisa jadi uda bangkotan usia pertemanannya.

Maka kalo mau awet pertemanannya, cari yang bisa mengingatkan pada takwa. Karena bisa jadi, kelak dari merekalah Allah menarik kita ke jannahNya…

Hasan Al- Bashri berkata,

استكثروا من الأصدقاء المؤمنين فإن لهم شفاعة يوم القيامة

”Perbanyaklah berteman dengan orang-orang yang beriman. Karena mereka memiliki syafaat pada hari klamat.” (Ma’alimut Tanzil 4/268)

No comments yet

Leave a comment