Skip to content

Nyapih

23/12/2013

Hoi FBO.. (masih ada gitu ???)…

Tauk gak, sekarang Ummi Oyen lagi getol berusaha sekuat tenaga pernuh perjuangan dan kekuatan juga ketabahan dan kesabaran buat nyapih dedek Fira, soale dedek Fira udah 2 tahun ya, udah lewat sebulan malah… terus pegimana hasilnya? mari kita ikuti reportasenya oleh Jengkol TV berikut inih…

Demi mau menyapih, Ummi cari-cari inpormasi lah, dari nyang udah pernah, nyang udah ngarti, sampai nyang nduga-nduga juga Ummi tanyak. Nyang pasti Ummi gak pernah nanyak sama Jenab, karena musti jawabnya ‘bisa jadi… bisa jadi !”, dasar korban acara gak mutu! beuhh…

Trus pegimana Mi hasilnya? yah macem-macem. Ada yang bilang manjur pake mantra olesan ramuan anti kenyot, dari brotowali, obat merah sampe minyak telon (berasa mau nyingkirin musuh.. hadehhh). Ada yang pake ajian pintu darurat, dari plester, lakban, sampe saos cabe rasa lombok ijo (kalo nyang ini berasa nangkal serangan preman… pfhhh). Ada juga nyang dibiarin pisah ranjang dan dipulangin ke mertua beberapa  lama (hadeh, untung abis itu gak diancem bakal di talak tiga… ngeri ih). etapi ada juga lho yang berusaha secara alami sampai si kecil ndiri yang entar akhirnya mutusin gak mau nenen lagi, tapi ya itu, penuh perjuangan (halah)… xixixi…

Trus Ummi nyuba cara yang mana? Ya cara baik-baik lah, bertahap dan pelan-pelang, slow but sure… *nggiaya! Iya, ceritanya si Ummi menerapkan jurus pengalihan perhatian setiap kali dedek Fira minta nenen, ni contohnya…

Fira : “Mi..nenen” (sambil pasang wajah menggoda dan mimik muka lagi butuh nenen buanget)

Ummi : “eh..eh.. main ke luar yuuukkk, kita liat bis yoaaa, capa tauk ada gajah nyang lagi naik”

berhasil? ya, pas awal-awal sih bisa dialihkan, tapi kadang Fira sadar jugak kalo lagi dialihkan, trus bakalan nangis dah minta nenen.

Ummi juga mulai ngasi tauk ke Fira, kalo dia tuh udah gede, dan gak usah nenen lagi, mimik putih, teh, susu, jus sama es krim ajaaa. trus apa kata Fira? katanyah…. “dak nenen adi ya Mi, becok aja ya” xixixix… dipikirnya nyapih ituh cuman semalem apa😛.

Ummi juga berusaha terus untuk ngurangin frekuensinya, jadi yang biasanya semalam bisa 5x kenyot, Ummi berusaha 2-3 kali aja, sambil sering bilang “nenen nya dikit aja yoaa, dak usah banyak-banyak”, trus Fira biasanya bakal manggut-manggut, dan kalo kelamaan, Ummi bilang, “udah ya, udah banyak tuh”, trus diputus dah, cuman biasanya abis itu minta nenen yang satunya, “nyang atu agi Mi”… welehhh… podo ae😦

Pernah juga Ummi kasih olesan kencur, niatnya buat ngobatin batuknya, kan bakal keisep waktu nenen, ya sapa tauk akhirnya gak mau nenen. Tapi gak bo’ong ya, pas Ummi ngoles Fira juga liat, sambil Ummi kasih tauk,”nenen Ummi dioles kencur ya, buat obat Piya. nanti kalo ngenyot jadi pait, Piya mau?” trus Fira nya geleng-geleng. eh, Ummi pikir berhasil nih keknya, ternyata abis ituh dia nanya dah,

“Mi, nenen atit ya, ada obat ya” sambil ngarep

“iya, Piya dak usah nenen ya, ada obatnya, pait ” kata Ummi, sambil ngeliat gelisahnya Fira. trus diem lagi… eh malem-malem pas bangun, minta nenen sambil nangis, gak peduli ada olesan kencur juga, dan ternyata nenen dengan lahapnya… besoknya, olesan kencur sudah gak manjur…🙂

Ya, sekalipun belum berhasil mutus nenen secara total, tapi Ummi punya komitmen untuk berusaha nyapih dengan seni (halah), seni menyadarkan Fira, seni ngalihkan perhatian, dan seni mengurangi frekuensi penyusuan, tanpa bo’ong, dan tanpa ramuan anti kenyot. doakan ya, semoga segera ada hasilnya🙂

*ada juga nyang nyaranin, mungkin option terakhir, “di adekin aja”..hag hag hag…😀

9 Comments leave one →
  1. firman permalink
    24/12/2013 13:15

    Kasih sufor wae pas minta nenen…

    • 26/12/2013 04:11

      sufor mau nek gak pas minta nenen, pas minta nenen yo maunya cuman nenen, mungkin karena ada sensasi ngenyotnya, lagi dicoba mimik susu sebelum bobok, biar agak kenyang, dan memang nglilir malemnya jadi kurang, karena kalo gak nglilir ya gak minta nenen. kalo siang sih uda berkurang, malam yang masih susah, soale angger nglilir yo mesti minta nenen, makanya pake cara biar gak keseringan nglilir🙂

  2. belalang cerewet permalink
    25/12/2013 14:58

    wah fira udah makin gede. ayo mak, kasih bubuk jengkol yang dihaluskan aja biar makin mabok wkwkwkw. Dulu butuh dua minggu buat nyapih anak untuk diganti susu UHT. Semoga lancaaarr carrr.🙂

    • 26/12/2013 04:13

      Umine seng gak tahan ambune, hla malah sing semaput umine engko… he eh, udah dikasi UHT, cuman maunya kalo lagi gak minta nenen🙂

  3. 26/12/2013 13:07

    Kalau ada gambarnya ini postingan pasti makin yahud, Buk:mrgreen: *digetok

  4. 30/12/2013 14:07

    dede fira lagi memasuki tahap weaning with love ya. semoga sukses ya menyapihnya

  5. 07/01/2014 00:22

    semgant trus dengan nyapinya he2x

  6. 20/07/2014 17:37

    saran yang terkhir OK loh, repotnya masih harus ngelas eh masuk kelas….
    Ini bacanya rapelan…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: